Gen Adalah? Penjelasan Terlengkapnya, Perbedaan RNA dan DNA

Posted on

Gen Adalah? Penjelasan Terlengkapnya, Perbedaan RNA dan DNA

Gen Adalah bagian dari kromosom atau pun salah satu dari kesatuan kimia atau DNA yang ada di dalam kromosom yakni di dalam lokus yang mengendalikan ciri ciri genetis dari suatu makhluk hidup. Gen sendiri pastinya sering kamu dengar kan? Lalu apa ya, hubungan antara gen dan DNA? Dan apa perbedaan DNA dengan RNA? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya mengenai gen, DNA dan RNA.

Gen ini sendiri biasanya diturunkan atau pun diwariskan oleh salah satu individu pada keturunannya yakni melalui suatu proses reproduksi maka dari itu informasi yang menjaga keutuhan bentuk dan juga fungsi dari kehidupan suatu organisme ini bisa terpelihara mau pun terjaga dengan baik.

Gen bisa kamu temukan berpasangan di dalam satu lokus yang ada pada kromoson homolog dan dari masing – masing gen di dalam pasangan itu disebut dengan alel. Kedua alel ini bisa membawa ciri sifat yang sama mau pun sifat yang berbeda, contohnya seperti sifat tangkai panjang dan tangkai pendek.

Fungsi Gen

Gen gen sendiri adalah substansi hereditas yang memiliki fungsi yang juga sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, dan berikut ini adalah fungsi gen dan penjelasannya :

  1. Fungsi pertama dari gen adalah untuk menyampaikan informasi mengenai genetika dari generasi ke generasi.
  2. Fungsi keduanya adalah bertugas sebagai pengontrol dan pengatur pada metabolisme dan juga perkembangan tubuh.
  3. Bertugas untuk menentukan sifat siat pada keturunannya contohnya seperti yang terdapat ada fakta mengenai sifat sifat yang bisa berupa bentuk rambut, bentuk badan, warna kulit dan lain sebagainya.
  4. Gen memiliki tugas untuk melakukan proses kimia yang ada di dalam tubuh agar bisa terjadi secara berurutan, karena pada setiap tahap reaksinya dibutuhkan enzim dan pembentukan serta pengontrolan kerja pada enzim ini dilakukan oleh gen sehingga pada proses perkembangan yang membutuhkan hormon juga diatur oleh gen.
Baca Juga :  Proses Metamorfosis Kecoa

Sifat Sifat Gen

Gen yang menampakkan senyawa kimia ini adalah substansi hereditas yang mempunyai sifat dan ciri ciri di bawah ini :

  1. Ciri ciri yang pertama memiliki kandungan informasi genetic.
  2. Setiap gen memiliki tugas dan fungsi yang berbeda beda.
  3. Pada saat pembelahan mitosis dan juga meiosis bisa mengadakan duplikasi.
  4. Sifat berikutnya adalah sebagai zarah yang terletak di dalam kromosom.
  5. Sifat gen yang terakhir terdapat pada cara kerjanya yang ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogennya.

Perbedaan DNA dan RNA

Adapun berpedaan DNA dan RNA adalah sebagai berikut ini :

  1. Perbedaan Fungsi

Perbedaan antara RNA dan DNA yang pertama terletak pada fungsi keduanya yang mana fungsi DNA ini lebih kompleks jika dibanding dengan RNA yakni sebagai pengendali aktivitas genetis atau faktor keturunan dan kegiatan sintesis protein sementara RNA hanya memiliki fungsi sebagai pengendali sintesis protein saja.

  1. Perbedaan Komponen Gula

Perbedaan yang kedua terletak pada gugus gula yang menyusun DNA adalah gugus gula deoksiribosa sedangkan pada RNA gugus gula yang menyusunnya adalah Ribosa.

  1. Perbedaan Bentuk dan Ukuran

DNA adalah gugus asam amino rantai ganda sementara RNA adalah gugus asam amino rantai pendek sehingga jika dilihat dari ukuran dan bentuknya DNA memiliki ukuran yang lebih panjang dengan bentuk membulat sementara ukuran RNA lebih pendek dengan bentuk yang lebih tipis.

  1. Perbedaan Kadar

Perbedaan yang berikutnya dapat dilihat dari kadar RNA yang dapat berubah karena adanya aktivitas sintesis protein sementara kadar pada DNA memiliki sifat statis dikarenakan tidak dipengaruhi aktivitas sintesis protein atau pun aktivitas genetis.

  1. Perbedaan Jenis Basa Nitrogen

Perbedaan DNA dan RNA yang berikutnya juga terletak pada jenis basa nitrogen yang dikandungnya, DNA sendiri memiliki kandungan 3 basa nitrogen antara lain purin yang terdiri dari adenine dan guanin serta pirimidin yang terdiri dari sitosin dan timin dan yang terakhir adalah gugus fosfat. Sedangkan pada RNA memiliki kandungan 2 basa nitrogen yakni purin yang terdiri dari adenin dan guanin serta pirimidin yang terdiri dari sitosin dan urasil.

  1. Perbedaan Letak
Baca Juga :  Jaringan Parenkim - Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi Dan Gambarnya

Perbedaan yang terakhir terdapat pada letak antara DNA dan RNA yang berbeda, karena DNA sendiri pada umumnya dapat ditemukan hanya pada inti sel sedangkan RNA bisa ditemukan pada beberapa organel sel.

 

Jadi sudah tahu kan, jika gen adalah bagian dari kromosom atau pun salah satu dari kesatuan kimia atau DNA yang ada di dalam kromosom. Semoga penjelasan di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kamu semua.

Artikel Lainnya :

  1. Simbiosis Mutualisme – Disertai Dengan Gambar dan Penjelasan
  2. Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur Disertai Tabel paling lengkap
  3. RNA Adalah? Pengertian, Fungsi dan Struktur
  4. Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis
  5. Penyerbukan Sendiri – Penjelasan, Contoh, Dilengkapi Gambar