Gaya Gravitasi – Pengertian, Fakta Menarik dan Manfaat

Posted on

Gaya Gravitasi – Pengertian, Fakta Menarik dan Manfaat

Tinggal di bumi ini tak sepenuhnya sesimple itu, loh. Kehidupan di bumi yang di huni oleh manusia, tumbuhan, hewan dan berbagai jenis makhluk di bumi ini tak lepas dari pengaruh sebuah gaya yang menjaga kita untuk tetap berada di daratan.

Bagaimana seandaianya tak ada gaya gravitasi ini? Yap. Semua yang ada di bumi ini akan melayang-layang. Sama seperti di luar angkasa dimana gaya gravitasinya tak ada. Wah, kita sangat beruntung sekali bukan bisa hidup di bumi yang ada gaya gravitasinya?

Tapi, sebelum itu, kalian tahu gak sih, apa sih keistimewaan gaya gravitasi yang selalu menjaga keseimbangan perpijakkan kita di bumi ini? Yuk, kita simak sama-sama.

Pengertian Gaya Gravitasi

Gravitasi ini punya pengertian sebagai suatu gaya magnet yang tarik menarik dimana asalnya ada di dalam inti bumi. Gaya gravitasi ada di massa suatu objek dan selalu menarik objek yang di rasa punya massa.

Gravitasi di matahari membuat seluruh benda-benda di lagit berada di orbit masing-masing untuk mengitari matahari. Menurut NASA, gravitasi itu kekuatan untuk plante dan benda lain, karena gaya gravitasi ini semuanya membuat matahari sebagai orbitnya.

Akibat dari gravitasi, semua benda punya berat dan jatuh ke tanah.

Fakta Menarik Tentang Gaya Gravitasi

Berdasarkan penelusuran, ternyata banyak fakta menarik tentang gaya gravitasi yang beberapa faktanya di kemukakan Einstein loh. Apa saja itu?

  1. Gravitasi sebenernya itu bukan gaya

Lah? Terus apa ya? Menurut Albert Einstein, gravitasi ini adalah konsekuensi dari sesuatu lain daripada kekuatan di dalam bumi. Teori yang di kemukakan tentang ruang waktu sebenernya di bengkokkan oleh benda-benda besar seperti planet dan matahari. Wah, mirip-mirip dengan dunia pararel ya.

Baca Juga :  Ekosistem Sawah - Penjelasan Berserta Rantai makannya

Fenomena mendistrorsi jalur objek lewat ruang dan waktu menciptakan efek yang di lihat dan dirasakan sebagai gravitasi.

  1. Benda-benda besar bisa membuat gelombang gravitasi

Dalam teori Einstein menggambarkan bagaimana benda-benda besar ini dapat mengubah ruang dan waktu. Ketika mereka ini bergerak, harus menciptakan riak-riak di jalinan ruang angkasa. Walau murni sebuah teoritis, tapi selama beberapa dekade ini, kita dapat mendeteksi gelombang dalam beberapa tahun terakhir.

  1. Nilai Gravitasi di setiap belahan bumi sangat bervariasi

Hal ini karena permukaan bumi tidaklah sempurna, jadi tak semuanya tempat di bumi ini nilai gravitasinya 9,8m/s^v2.

Komposisinya pun berbeda di setiap tempat di bumi ini.

  1. Gravitasi bisa membelokkan cahaya

Einstein juga menjelaskan kalau gravitasi merupakan hasil dari benda-benda besar yang mendistrorsi struktur ruang dan waktu.

  1. Beberapa bakteri tumbuh lebih baik di gravitasi mikro

Di pesawat ulang-alik NASA ada bakteri yang bertingkah sangatlah berbeda di banding bakteri yang hidup di bumi ini. bakteri ini saling menempel dalam bentuk yang tak pernah di lihat sekalipun. Dengan memahami perilaku bakteri ini, bisa membantu astronot dari biofilm bakteri berbahaya saat penerbangan ruang angkasa dalam jangka yang panjang.

 

Manfaat Gaya Gravitasi

Semua yang ada di dunia ini pasti punya manfaatnya bagi kehidupan, bukan? Sama halnya dengan Gravitasi yang selama ini menyelimuti bumi, loh. Apa saja ya?

1. Menjaga kestabilan segala kehidupan di Bumi

Dengan adanya gravitasi, semuanya akan jadi lebih stabil dan semua kehidupan akan berjalan dengan semestinya. Bayangkan kalau kehidupan di bumi tanpa gravitasi, wah, mungkin akan terjadi kekacauan dan kehidupan di bumi ini akan hilang.

2. Membuat segala sesuatu benda yang ada di bumi ini tetap pada tempatnya

Bayangkan kalau kehidupan di bumi tanpa gravitasi, wah, mungkin semua barang-barang sudah terbang melayang-layang di angkasa ya. Pastinya akan jadi sangat merepotkan.

Baca Juga :  Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

3. Membuat segala benda jadi punya berat

Enggak, kok. Kita gak akan bahas soal berat badan. Hehehe. Sama seperti poin di atas, dengan adanya gravitasi membuat segala benda jadi punya berat dan tidak melayang-layang.

4. Prinsip dasar di ilmu penerbangan

Ilmu penerbangan dan semua antek-antek yang berkaitan dengan penerbangan selalu dibuat dengan cara menghitung gaya gravitasi dengan daya dimana agar pesawat dapat melayang.

5. Sumber energi

Secara tak sadar, si gravitasi ini di jadikan sumber energi loh. Bagaimana tidak? Bayangkan jika aliran dari sungai atau waduk di jadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air yang pada dasarnya butuh gaya gravitasi bumi di dalam menggerakkan kincir airnya, air yang mengalir juga karena gravitasi bumi.

 

Ya! Itu tadi pembahasan kita tentang gaya gravitasi yang punya banyak manfaat dan fakta menarik di dalamnya. Wah, ternyata betapa pentingnya gaya gravitasi ini dalam menjaga keseimbangan kehidupan di bumi ya. Bagaimana menurut kalian?

Artikel Lainnya :