Gangguan Sistem Pencernaan

Posted on

Gangguan Sistem Pencernaan

Gangguan sistem pencernaam merupakan salah satu masalah serius yang terjadi pada salah satu organ yang ada pada sistem pencernaan manusia. Atau bisa juga terjadi pada lebih dari satu organ pencernaan yang ada pada manusia.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai gangguan pencernaan mulai dari pengertian, penyebab, hingga jenis jenis gangguan pencernaan yang bisa saja terjadi pada manusia.

Pengertian

Gangguan pencernaan sendiri merupakan sebuah masalah atau gangguan yang biasa terjadi pada salah satu organ pencernaan. Gangguan ini juga atau bisa juga terjadi pada lebih dari satu organ pencernaan. Dan biasanya dapat terjadi gangguan pada beberapa organ pencernaan secara bersamaan sehingga mengakibatkan gangguan pencernaan yang cukup serius

Sedangkan di dalam tubuh manusia sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ. Organ ini terlatak dari mulut, kerongkongan, lambung, usus besar, usus halus hingga ke anus. Selain organ yang terma

suk dalam pencernaan, organ lain juga memiliki tugas dalam mengatur pencernaan di dalam tubuh seperti organ hati, kantung empedu dan pankreas yang bertugas untuk mencerna makanan.

Akan tetapi meski begitu makanan tidak akan melewati organ tubuh ini, karena makanan akan berjalan dan diproses di luar organ tersebut.

Sistem pencernaan sendiri bertugas untuk menerima dan juga mencerna makanan untuk diubah menjadi nutrisi. Pencernaan juga memiliki fungsi untuk memisahkan makanan dengan membuang bagian makanan yang sudah tidak dibutuhkan atau tidak dapat dicerna lagi di dalam tubuh.

Gejala Gangguan Pencernaan

Gangguan pada pencernaan sendiri bisa menimbulkan berbagai macam gejala penyakit seperti : sulit menelan, terasa terbakar di dada atau heartburn, mual dan muntah, perut kembung, sakit maag, diare, sakit perut, BAB mengeluarkan darah hingga muntah darah.

Baca Juga :  Cabang Cabang Biologi – Penjelasan, Pengertiannya

Gejala gangguan pencernaan juga bisa dilihat dari berat badan yang turun atau bahkan naik dengan signifikan.

Penyebab Gangguan Pencernaan

Gangguan pada pencernaan bisa terjadi karena berbagai macam penyebab dan yang pasti gangguan ini juga disebabkan oleh sebuah penyakit yang diderita oleh tubuh kita. Untuk dapat mengetahui lebih mendasar lagi mengenai gangguan pencernaan dan penyebabnya, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1.) Penyakit Refluks Asam Lambung

Yang pertama adalah disebabkan oleh penyakit refluk asam lambung, atau yang biasa dikenal dengan gastroesophageal reflux disease, disingkat dengan GERD. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi di lambung yang mana asam lambung naik ke efofagus atau kerongkongan.

Hal ini akan membuat cincin otot kerongkongan melemah, padahal cincin otot kerongkongan ini bertugas untuk mencegah makanan untuk kembali ke kerongkongan setelah makanan masuk ke dalam lambung.

2.) Esofagitis

Penyakit kedua adalah peradangan yang terjadi pada lapisan kerongkongan yang akan memberikan rasa nyeri dan sakit. Kondisi ini disebut dengan esofagus, penderita akan mengalami kesakitan yang cukup luar biasa dan rasa nyeri di dada pada saat menelan makanan.

Kondisi cukup serius karenanya jika tidak ditangani dengan baik maka esofagitis ini bisa menyebabkan penyempitan yang terjadi pada kerongkongan.

3.) Akalasia

Berikutnya adalah sebuah kondisi yang terjadi pada saat saraf yang berada di area esofagus atau kerongkongan telah rusak. Kondisi ini disebut dengan akalasia yang mampu menyebabkan otot katup yang ada pada kerongkongan dan juga lambung kehilangan kelenturan sehingga membuat makanan menjadi sulit untuk didorong masuk ke lambung.

4.) Gastritis

Penyakit berikutnya disebut dengan gastritis yang merupakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Penyakit ini bisa cukup berbahaya karena dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama dan merupakan penyakit akut yang sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga :  Rangkuman Virus - Struktur, Peranan, dan Ciri-Cirinya

Penderita penyakit ini akan mengalami tukak pada lambungnya yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan dan sistem pencernaan.

5.) Tukak Lambung

Disebut juga dengan peptic ulcer, kondisi ini merupakan luka yang terbuka dan biasanya terbentuk pada lapisan lambung. Tukak lambung juga bisa terjadi pada usus 12 jari atau ulkus duodenum.

Kondisi ini sendiri biasanya disebabkan oleh infeksi yang terjadi dikarenakan adanya bakteri dan juga penggunaan aspirin mau pun obat antiinflamasi nonsteroid yang dikonsumsi dalam jangka panjang

6.) Penyakit Celiac

Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh adanya reaksi yang terjadi pada sistem imun terhadap konsumsi gluten. Penderita akan mengalami reaksi sistem imun pada usus halus dan jika dibiarkan terlalu lama maka kondisi ini akan membuat lapisan usus halus rusak.

Jika sudah begini maka nutrisi tidak akan dapat terserap dalam tubuh.

7.) Hepatitis

Penyakit berikutnya adalah hepatitis yang merupakan peradangan yang terjadi pada hati. Biasanya penyakit ini terjadi karena adanya infeksi yang dikarenakan oleh virus, penggunaan obat dan mengkonsumsi alkohol, racun kimia hingga penyakit autoimun.

8.) Sirosis

Penyakit ini terjadi pada jaringan parut yang ada di hati dan biasanya dapat membuat fungsi hari menjadi menurut atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Penyakit ini terjadi karena gejala hepatitis yang berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

9.) Pankreatitis

Yang terakhir adalah peradangan yang terjadi pada pankreas, kondisi ini disebut dengan pancreatitis. Pankreas sendiri adalah organ yang bertugas untuk menghasilkan enzim yang digunakan untuk mencerna makanan dan juga hormone yang digunakan untuk mengatur kadar gula darah.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh batu empedu atau dikarenakan pengkonsumsian alkohol.

Baca Juga :  Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan – Faktor Yang Mempengaruhi

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, apa saja gangguan pencernaan mulai dari penjelasan lengkapnya hingga penyebabnya secara lengkap untuk kalian semua.

Artikel Lainnya :