Gambar Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Posted on

Gambar Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Ekosistem.co.id – Hai sahabat biologi semua, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan pembahasan lengkap mengenai sel tumbuhan beserta dengan fungsinya dan juga akan disertai dengan gambarnya ya.

Nah, tunggu apalagi, yuk simak di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Sel Tumbuhan?

Seperti yang sudah kita tahu ya, sahabat biologi, jika sel tumbuhan adalah sekelompok sel eukariotik yakni kelompok sel yang memiliki materi genetik atau DNA yang dibungkus dengan membran.

Selain itu, sel ini sendiri memiliki struktur yang sangat khas jika dibandingkan dengan sel eukariotik lainnya loh.

Sel tumbuhan ini juga memiliki ciri yang khas yakni terdiri dari organel dan sitoplasma yang semua organelnya terkecuali yang terdapat pada inti sel atau nukleus dan struktur subselular yang berada di dalam sitoplasma akan ditutupi oleh membran sel atau dinding sel yang berperan sebagai lapisan pelindung.

 

Sel Tumbuhan Beserta Fungsi dan Gambar

1.Sel Parenkim

 

Sel ini merupakan dasar bagi semua struktur dan fungsi tumbuhan yang memiliki peran sebagai tempat untuk penyimpanan, memberikan dukungan pada fotosintesis hingga tempat berikatnya floem. Sel ini memiliki dinding prime tipis dansitoplasma yang memiliki banyak fungsi dan ketika sel ini telah dewasa maka akan berfungsi dan bertanggung jawap pada biokimia.

Sel ini diketahui dapat tumbuh menjadi sebuah duri yang berfungsi untuk melindungi tumbuhan dengan cara mencegah hewan herbivore yang hendak memakan sel ini

Fungsi utama dari sel ini adalah sebagai penyokong berdirinya pada tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga :  Burung Pipit - Jenis, Beserta Pengertian Burung Pipit Yang Tinggal di Sawah

2.Sel Kolenkim

Sel yang kedua adalah kolenkim yang merupakan jaringan hidup yang memiliki hubungan erat dengan parenkim karena secara khusus memiliki peran untuk menyokong organ yang masih muda.

Sel sel ini memiliki ciri dengan dinding primer yang lebih besar apabila dibandingkan dengan sel yang terdapat pada parenkim. Pada saat telah dewasa sel ini akan memiliki sebuah dinding primer yang tidak akan menebal secara merata yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Tersusun atas berkas atau silinder yang letaknya berdekatan dengan permukaan korteks yang terdapat pada batang dan tangkai. Sel ini juga berada di sepanjang tulang besar daun dan helai daun.

Kolenkim tidak memiliki dinding sekunder dan dinding lignin dan jarang sekali ditemukan di akar karena sel ini secara umum memiliki bentuk panjang yang melintang dan memiliki tujuan untuk memberikan fleksibilitas.

3.Sel Sklerenkim

Yang berikutnya adalah sklerenkim yang memiliki tekstur keras dan kuat yang berfungsi untuk memberikan kekuatan pada tumbuhan. Sel ini berkembang di dalam tubuh tumbuhan primer atau pun sekunder dan memiliki dinding yang tebal.

Pada saat telah dewasa protoplasma pada sel ini dapat hilang sehingga jaringan sklerenkim merupakan tipe jaringan yang permanen dan juga sederhana dengan dua jenis sel yakni serabut dan sklereida.

Keduanya memiliki kandungan selulosa dan juga lignin yang kemudian disekresikan oleh protoplas yang terdapat pada sel tersebut dan juga sel yang memiliki dinding sangat tebal.

Selain itu sel ini tidak bisa bertahan lebih lama dikarenakan sudah tidak sanggup melakukan pertukaran zat guna melakukan metabolisme dan akan mati pada saat tertentu sehingga akan membuat sitoplasma di dalamnya menghilang yang akan meninggalkan rongga kosong.

Baca Juga :  Jaringan Penyokong Pada Hewan – Penjelasan, Fungsi dan Gambar

4.Sel Xilem

Berikutnya adalah Sel xilem yang merupakan sebuah sel yang sudah mengalami lignifikasi dinding sel.

Sel Xilem secara umum memiliki fungsi untuk dapat mengangkut air dan juga unsur hasa yang diambilnya dari dalam tanah untuk kemduian dibawa menuju ke daun. Hal ini dilakukan untuk memulai proses fotosintesis.

5.Sel Floem

Selanjutnya jika ada Xilem pastilah ada sel floem yang merupakan sel penyusun jaringan khusus yang memiliki tugas untuk mengangkut tubuh tumbuhan. Ada yang unik pada sel ini, karena sel floem tak akan bisa sahabat biologi temukan pada lumut.

Terdiri dari dua jenis yaitu sel pendanping dan saringan, jika pada sel pendamping terhubung ke tabung saringan lewat plasmodesmata sedangkan pada tabung saringan tidak akan bisa ditemukan inti sel dan ribosom yang metabolismenya diatur oleh sel pendamping.

6.Sel Epidermis

Dan yang terakhir merupakan sel epidermis yang bisa ditemukan pada seluruh bagian tumbuhan mulai dari permukaan daun, batang hingga pada akar tumbuhan.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai gambar sel tumbuhan beserta dengan penjelasan lengkapnya khusus untuk refrensi belajar bagi sahabat biologi semua ya. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Jaringan Penyokong Pada Hewan – Penjelasan, Fungsi dan Gambar
  2. Klasifikasi Mahluk Hidup – Tujuan, Macam – Macam, dan Contoh
  3. Sifat Virus – Penjelasan, Bentuk dan Ciri-Ciri
  4. Komponen Darah – Jenis dan Fungsi