Gambar Sel Hewan – Lengkap Dengan Fungsi dan Struktur

Posted on

Gambar Sel Hewan – Lengkap Dengan Fungsi dan Struktur

Gambar Sel Hewan – Sel hewan sendiri adalah bentuk dari sel eukariotik yang menyusun jaringan pada hewan, sel hewan ini memiliki perbedaan dengan sel eukariotik lainnya yakni suatu bagian organel paling kecil yang mempunyai selaput tipis yang di dalamnya terdapat larutan koloid yang memikiki kandungan senyawa kimia, sel ini sendiri memiliki keunggulan yaitu di dalam membuat duplikat sendiri dengan cara melakukan pembelahan sel.

Sel hewan sendiri terdiri atas beberapa struktur dan berikut ini adalah struktur yang terdapat pada sel hewan beserta dengan fungsinya.

2. Sel Hewan

Struktur Sel Hewan dan Fungsinya

  1. Membran Sel

Yang pertama adalah membrane sel yang merupakan pembungkus sel yang terdapat di bagian luar dan tersusun oleh protein dan kolesterol. Bagian ini sendiri memiliki tugas penting yaitu untuk mengatur mineral dan nutrisi yang ada di dalam tubuh atau pun di luar sel.

  1. Sitoplasma

Bagian berikutnya adalah sitoplasma yang merupakan bagian sel yang berupa cairan yang mempunyai bentuk seperti gel dan mempunyai dua proses fase yakni fase gel dan fase sol atau padat. Cairan yang terletak di dalam nukleus ini disebut dengan nukleoplasma dan memiliki sifat koloid yakni tidak cair atau tidak padat dan dapat berubah ubah tergantung dengan kandungan air yang ada di dalamnya. Fungsi utamanya adalah sebagai sumber bahan kimia sel dan menjadi tempat berlangsungnya metabolisme sel.

  1. Retikulum Indoplasma

Selanjutnya adalah retikulum endoplasma yang merupakan sebuah organel yang berbentuk benang benang dan terletak di inti sel, organel ini terbagi dari dua yakni retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus yang memiliki fungsi penting sebagai sintesis protein dan menjadi tempat untuk mengangkut sintesis, lemak dan steroid.

  1. Mitokondria
Baca Juga :  Leokosit – Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Organel sel yang satu ini bisa dibilang merupakan organel sel yang paling besar dan memiliki fungsi sebagai mesin di dalam sel, mitokondria ini sendiri mempunai dua bagian lapis membran yang memiliki bentuk lekuk lekuk yang biasa disebut dengan istilah kritas. Glukosa dan oksigen yang ada di dalam organel sel ini akan saling bekerja sama di dalam proses pembentukan energi yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai proses metabolisme dan juga aktivitas seluler sehingga di dalam bagian tersebut dapat dijuluki sebagai the power of house karena organel ini dapat menghasilkan sebuah energi.

Mitokondria ini sendiri memiliki bentuk tunggal dan disebut dengan istilah mitokondrion yang merupakan organel yang bisa mengubah kimia menjadi energi lainya. Fungsi lain dari organel sel ini sendiri selain sebagai penghasil energi di dalam bentuk ATP juga adalah sebagai respirasi seluler

  1. Mikrofilamen

Organel sel yang berikutnya adalah mikrofilamen yang merupakan organel sel yang terbentuk dari protein aktin dan myosin dan mempunyai kemiripan dengan organel sel lainnya yang disebut dengan mikrotubulus akan tetapi pada mikrofilamen ini memiliki tekstur yang lebih lembut dengan ukuran diameter yang lebih kecil, itu lah perbedaan mikrofilamen dengan mikrotubulus jadi jangan sampai salah kira ya.

Fungsi utama dari organel sel ini sendiri adalah bertugas sebagai penggerak sel endositosis dan juga eksotisotis.

  1. Lisosom

Lisosom merupakan organel sel di dalam hewan yang memiliki bentuk seperti kantong yang terikat di membran dan berisi kandungan enzim hidrolitik yang digunakan untuk mengontrol pencernaan intraseluler di dalam keadaan apa saja. lisosom ini sendiri dapat ditemukan di dalam sel eukariotik. Fungsi utamanya adalah untuk mengontrol pencernaan intraseluler, sebagai pencerna materi dengan menggunakan fagositosis dan juga sebagai penghancur organel sel yang sudah rusak.

  1. Peroksisom (Badan Mikro)
Baca Juga :  Oogenesis – Pengertian, Tahapan dan Gambarnya

Peroksisom merupakan salah satu organel sel yang ada di dalam hewan dan mempunyai kantong kecil yang berisikan enzim katalase yang memiliki fungsi untuk menguraikan peroksida atau metabolisme yang memiliki sifat toksik yang sanggun mengubah air dan oksigen yang berbahaya pada sel, organel sel ini sendiri dapat ditemukan di dalam sel hati dan juga ginjal.

Tugas utama dari organel sel ini adalah mengubah lemak menjadi karbohidrat dan menguraikan perokida (H2O2) dari sisa-sisa metabolisme toksik.

 

Dari gambal sel hewan yang dilengkapi dengan penjelasan struktur dan fungsinya di atas mudah mudahan bisa membantu kamu semua agar lebih memahami mengenai organel sel hewan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kembali pada pembahasan materi biologi yang lainnya.

Artikel Lainnya :

  1. Biologi – Pengertian, Cabang, Manfaat dan Ruang Lingkup
  2. Organiseme – Pengertian Lengkap dan Contoh
  3. Siklus Menstruasi : Fase, Pengertian Dan Penghitungannya Beserta Gambar
  4. Pengertian Enzim – Macam – Macam dan Fungsinya
  5. Biosfer – Pengertian, Komponen dan Faktor Penyebabnya