Fungsi Vakuola – Penjelasan Beserta Gambarnya

Posted on

Fungsi Vakuola – Penjelasan Beserta Gambarnya

Ekosistem.co.id – Makhluk hidup memiliki beberapa organel yang saling bekerja sama dan memiliki manfaat yang berbeda beda, salah satunya adalah vakuola yang merupakan salah satu komponen organel yang bisa ditemukan di dalam sel hewan dan juga sel tumbuhan.

Komponen organel ini sendiri mempunyai banyak sekali manfaat dan fungsi sehingga menjadi salah satu hal yang paling utama di dalam pembentukan bangain did alam organel tersebut, di dalam sel tumbuhan pastinya bisa ditemukan organel vakuola ini akan tetapi pada sel hewan hanya bisa ditemukan pada hewan tertentu saja yang memiliki vakuola.

Seluruh tumbuhan memang memiliki vakuola sehingga komponen ini bisa ditemukan di hampir semua tumbuhan yang ada. Akan tetapi berbeda dengan hewan, karena sel hewan tak semua jenisnya memiliki vakuola, hanya hewan yang tergolong jenis uniseluler rendah saja yang memiliki vakuola, contohnya seperti protozoa.

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini, mengenai apa saja fungsi vakuola. Tapi sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu apa itu vakuola.

Apa Itu Vakuola

Untuk yang belum mengetahui apa itu vakuola, vakuola merupakan salah satu bagian dari organel sitoplasmik yang bentuknya berupa zat cair dan dibungkus oleh selaput tipis atau tonoplas. Vakuola ini sendiri bisa terbentuk dari kumpulan zat cair yang menyatu seperti mineral, enzim, asam, alkaloid dan yang lainnya.

Pada setiap zat tersebut memiliki kegunaan yang berbeda beda akan tetapi saling membentuk satu kesatuan di dalam tubuh sel hewan atau pun sel tumbuhan, zat zat ini sendiri juga saling bekerja sama agar dapat menghasilkan kinerja yang lebih sempurna.

Baca Juga :  Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Sehingga bisa dikatakan jika vakuola memiliki fungsi yang cukup penting di dalam organel yang berada pada tumbuhan mau pun hewan. Apa saja fungsinya?

Fungsi Vakuola

Jika sudah tahu apa itu vakuola maka sudah saatnya kamu mengetahui apa saja fungsi dari vakuola, seperti yang sudah di bahas sebelumnya jika vakuola memiliki fungsi yang cukup penting bagi hewan dan tumbuhan akan tetapi fungsi keduanya sudah pasti berbeda. Nah berikut ini adalah fungsi vakuola.

Fungsi Vakuola Pada Hewan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika vakuola tak dapat ditemukan pada semua jenis sel hewan karena hanya hewan tertentu saja yang mempunyai organel ini. jenis hewan yang memiliki vakuola merupakan golongan uniseluler rendah contohnya seperti hewan protozoa.

Organel vakuola yang terdapat pada hewan sendiri bisa dibagi menjadi dua bagian yang meliputi vakuola untuk gerakan atau denyutan dan juga vakuola untuk makanan, jenis vakuola gerakan atau denyut mempunyai tugas sebagai pengumpul dan juga bisa mengeluarkan zat sisa metabolisme di dalam bentuk cairan.

Cairan tersebut sendiri bisa mengendalikan kadar garam atau pun kadar air yang ada di dalam tubuh, sementara fungsi vakuola makanan adalah sebagai tempat cadangan makanan atau pun untuk mengolah makanan lalu disebarkan ke seluruh bagian sel.

Tadi sudah dijelaskan jika hewan protozoa merupakan contoh hewan yang memiliki vakuola namun ada jenis hewan jamur yang memiliki vakuola sebagai fungsi homeostatis yang merupakan proses yang bisa mengontrol osmoregulasi, PH, sel dan juga tempat penyimpanan asam amino dan juga lain sebagainya.

Pada hewan jamur jumlah vakuolanya bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan hewan yang lainnya.

Fungsi Vakuola Pada Tumbuhan

Berbeda dengan hewan, di semua tumbuhan bisa ditemukan organel vakuola yang memiliki fungsi untuk menunjang kehidupan tumbuhan tersebut. Untuk ukuran vakuolanya sendiri bisa diketahui dari umur tumbuhan karena semakin tua tumbuhan tersbeut maka akan semakin besar pula ukuran vakuola yang ada di dalamnya dan begitu juga sebaliknya jika tumbuhan tersebut masih muda maka ukuran vakuolanya pun terbilang masih kecil.

Baca Juga :  Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya

Fungsi vakuola pada tumbuhan sendiri adalah sebagai wadah penumpukan sisa metabolisme di dalam tubuh contohnya seperti getah, yang dijadikan sebagai wadah untuk menyimpan makanan yang merupakan garam mineral atau pun sukrosa, menghubungkan sitoplasma dengan dinding sel untuk membantu proses masuk keluarnya zat yang ada pada tumbuhan agar bisa berlajan dengan lancar dan juga berfungsi sebagai tempat penguatan sel sel yang masih muda.

 

Sudah tahu dong, apa saja fungsi vakuola pada hewan mau pun pada tumbuhan. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

  1. Siklus Hidrologi – Pengertian, Macam-macam Siklus, Proses, komponen, Disertai Gambar
  2. Respirasi Aerob – Anaerob Dan Perbedaan Beserta Contohnya
  3. Anabolisme – Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme
  4. Pengertian Sel – jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya