Fungsi Vakuola

Posted on

Fungsi Vakuola

Fungsi Vakuola sendiri sangatlah penting bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi, khususnya bagi hewan dan juga tumbuha. Lalu kira – kira apa saja ya, fungsi yang dimiliki oleh vakuola baik pada hewan mau pun pada tumbuhan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai fungsi penting yang dimiliki oleh vakuola. Tapi sebelum itu mari kita simak definisi atau pengertian lengkap dari vakuola.

Yuk, simak di bawah ini!

Pengertian Vakuola

Vakuola sendiri merupakan salah satu bagian yang berasal dari organel sitoplasmik. Vakuola sendiri berbentuk seperti cair yang terbungkus oleh sebuah selaput tipis yang bernama tonoplas.

Vakuola ini terbentuk dari sebuah kumpulan zat cair yang semuanya bersatu. Seperti asam, mineral, alkaloid, enzim dan masih banyak yang lainnya.

Setiap zar sendiri mempunyai fungsi dan manfaat sendiri akan tetapi setiap zat ini saling membentuk sebuah kesatuan yang ada di dalam tubuh sel tumbuhan atau pun yang ada di dalam sel hewan.

Setiap zat yang ada di dalam vakuola ini juga saling bekerja sama agar dapat memberikan hasil kinerja yang lebih baik dan lebih sempurna.

Nah, dari sini bisa dikatakan jika vakuola mempunyai fungsi yang sangat penting. Terutama di dalam organel yang ada di sel tumbuhan mau pun yang ada pada sel hewan.

Fungsi Vakuola

Sekarang sudah tahu kan, apa definisi dari vakuola dan pengertian lengkapnya? Seperti yang sudah dibahas tadi jika kita akan memberikan ulasan mengenai apa saja fungsi yang dimiliki oleh vakuola. Jadi ini lah fungsi dari vakuola.

Baca Juga :  Sistem Reproduksi Pria – Penjelasan Lengkap dan Detail

Vakuola ini dapat kita temukan pada sel tumbuhan dan juga pada sel hewan. Dan tidak hanya memiliki fungsi yang sangat penting bagi keduanya, vakuola ini juga memiliki fungsi yang berbeda pada sel tumbuhan dan juga fungsi yang berbeda pada sel hewan.

Lalu, apa saja sih fungsi yang dimiliki oleh vakuola baik pada sel tumbuhan mau pun sel hewan? Mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Pada tumbuhan kita akan dapat dengan mudah menemukan vakuola, karena vakuola memiliki fungsi yang sangat penting yakni bertugas sebagai penunjang kehidupan dari pada tumbuhan itu sendiri.

Apabila dilihat dari vakuola yang ada di dalam tumbuhan, vakuola di sini bisa dilihat dan ditemukan dengan mudah sesuai dengan usia dari tumbuhan itu sendiri. Hal ini dapat diartikan apabila semakin tua usia dari tumbuhan maka akan semakin besar juga ukuran dari vakuola yang ada di dalam tumbuhan tersebut.

Dan sebaliknya jika usia tumbuhan masih terbilang muda maka ukuran vakuola pun juga masih terbilang kecil.

Fungsi penting yang dimiliki oleh vakuola pada sel tumbuhan adalah sebagai wadah atau tempat yang digunakan untuk menyimpan atau menumpuk sisa metabolisme yang terdapat di dalam tubuh. Contoh dari vakuola ini sendiri bisa kita lihat dari pohon getah. Pohon getah ini bisa dijadikan sebagai wadah yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan. Makanan yang disimpan sendiri berupa sukrosa dan garam mineral.

Vakuola yang ada di tumbuhan ini tidak hanya memiliki fungsi yang itu saja ya. Apalagi karena vakuola mempunyai fungsi yang digunakan untuk menghubungkan sitoplasma dengan dinding sel. Tujuannya adalah untuk membantu sebuah proses masuk nya zat pada tumbuhan. Dan juga mengatur keluarnya zat dari tumbuhan agar dapat berjalan lancar.

Baca Juga :  Kingdom Fungi – Klasifikasi, Ciri-ciri, Struktur, Contoh

Fungsi dari vakuola yang lainnya juga digunakan untuk menjadi tempat penguatan sel-sel yang masih muda.

 

Fungsi Vakuola Pada Sel Hewan

Jika vakuola bisa ditemukan pada semua tumbuhan maka perbedaan vakuola pada tumbuhan dan hewan adalah vakuola pada hewan hanya ditemukan pada beberapa jenis hewan tertentu saja. Jadi dari sini diketahui jika tidak semua vakuola bisa ditemukan pada sel hewan.

Hewan yang mempunyai vakuola pada selnya antara lain adalah hewan protozoa dan hewan yang masuk dalam golongan uniseluler rendah.

Sementara itu organel vakuola yang dapat kita temukan pada hewan sendiri dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama adalah vakuola untuk gerakan yang kedua adalah vakuola untuk makanan.

Jenis vakuola yang pertama adalah untuk vakuola gerakan atau denyut yang mempunyai tugas untuk mengumpulkan serta sekaligus mengeluarkan zat zat yang merupakan sisa dari proses metabolisme ke dalam bentuk cairan.

Cairan yang berasal dari proses metabolisme ini memiliki fungsi yang sangat penting. Yakni digunakan untuk mengendalikan kadar garam atau pun kadar air yang ada di dalam tubuh. Sementara fungsi vakuola makanan yaitu menjadi tempat untuk menyimpan cadangan makanan.

Atau bisa juga digunakan untuk menjadi tempat mengolah makanan yang nantinya akan disebarkan ke seluruh bagian sel.

Hewan protozoa juga adalah hewan yang mempunyai organel sel akan tetapi selain hewan ini sendiri. Ada juga beberapa hewan yang masuk ke dalam jenis jamur. Yang mempunyai vakuola dan menjadi fungsi homeostatis yang adalah proses yang bisa mengontrol osmoregulasi, sel dan PH untuk dijadikan sebagai tempat menyimpan asam amino dan lainnya.

Akan tetapi pada hewan jamur sendiri. Vakuola memiliki jumlah yang lebih besar. Apabila dibandingkan dengan hewan lain yang mempunyai vakuola di dalamnya.

Baca Juga :  Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

 

Nah, sudah tahu kan, apa saja fungsi vakuola baik pada sel tumbuhan atau pun sel hewan.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Tulang Atas
  2. Fungsi Tulang Telapak Tangan
  3. Fungsi Tulang Hasta
  4. Fungsi Kloroplas
  5. Fungsi Tulang Pergelangan Tangan