Fungsi Tulang Telapak Tangan

Posted on

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Apa yang dimagsud dengan tulang telapak tangan? Apa saja fungsi dari tulang telapak tangan? Pada materi kali ini kita akan membahas menganai fungsi dari tulang telapak tangan. Tulang telapak sendiri tangan adalah tulang yang berada di lengan manusia yang menjadi titik pertemuan antara tulang ibu jari, jari-jari, dan tulang pangkal telapak tangan.

Tangan sangat penting bagi manusia, selain berfungsi untuk kegiatan sehari-hari, tangan juga digunakan untuk mencari penghasilan.

Tulang telapak tangan manusia berfungsi membuat cekungan pada tangan/jari yang terdiri atas 5 (lima) Metakarpal atau tulang panjang di tangan yang terhubung ke tulang jari, yaitu:

1.) Tulang Metakarpal Ibu jari atau Metakarpal I, tulang pada metakarpal ibu jari berfungsi untuk menggerakan ibu jari secara bebas. Tulang ibu jari adalah telapak tangan yang paling pendek dan paling kuat.

2.) Tulang Metakarpal II yaitu telak tangan yang tetap dan memunginkan pergerakan yang cukup besar, disebut juga dengan jari telunjuk.

3.) Tulang Metakarpal II , pada bagian inipergerakan tulang mulai agak terbatas. Disebut juga dengan jari tengah.

4.) Tulang Metakarpal IV, pergerakanya mulai sedikit dibandingkan dengan tulang tengah, disebut juga dengan jari manis.

5.) Tulang kelima, tulang Mertakapal yang ukuranya paling tipis dan bebas atau idependen, yang disebut dengan jari kelingking.

 

Fungsi Tulang Telapak Tangan

  1. Sebagai alat gerak pasif kepada ekstremitas atas manusia..
  2. Menyusun bentuk telapak tangan manusia sehingga bisa terbentuk seperti sekarang.
  3. Berfungsi membuat cekungan pada jari-jari tangan manusia.
  4. Sebagai tempat menempelnya otot-otot tangan bawah atau otot-otot pada jari.
  5. Sebagai penahan lengan bagian atas pada jari-jari manusia.
  6. Berfungsi untuk membuat lengkungan melintang anatara ujung jari dan ibu
  7. Berfungsi sebagai tempat menyatukan antara tulang kecil dan tulang besar bagian tengah lengan manusia.
  8. Berfungsi menjaga agar jari-jari pada tangan tidak terlepas karena adanya jarigan ikan atau saraf.
  9. Memberikan stabilitas pada tangan saat bergerak, dan
  10. Sebagai tempat melekatnya otot tulang telapak tangan manusia.
Baca Juga :  Proses Terjadinya Menstruasi

 

Bagian – Bagian dari Tulang Telapak Tangan

Tulang Lunak

Tulang lunak pada telapak tangan manusiamemiliki fungsi yang berbeda-beda dan terdiri dari otot, beberapa bagian saraf-saraf (saraf nervus medianus dan saraf nervus ulnaris), jaringan lemak, jaringan sendi dan darah.

1.) Otot – Otot Telapak Tangan

Otot telapak tanga manusia digolongkan menjadi beberapa kelompok, yakni :

– Otot Thener.

– Otot hypothenar.

– Otot tangan pendek

2.) Saraf Telapak Tangan

Saraf telapak tangan menyatu dengan pergelangan tangan, semua saraf berjalaan berdampingan dengan pembulu darah. Saraf berfungsi juga membawa sinyal dari otak keotot dan meberikan sinyal ke otak agar dapat merasakan sentuhan, suhu dan rasa sakit.

3.) Jaringan Lemak

Jaringan sendi dan darah pada telapak tangan berfungsi agar tangan dapat bergerak bebas serta jaringan lemak berfungsi melindungi saraf. Otot, pembulu darah pada telapak tangan.

 

Tulang Keras

Pada tulang keras telapak tangan terdiri dari beberapa macam bagian yang memiliki fungsi berbeda- beda, terdiri atas tulang Metacarpal, carpal, dan phalangs.

1.) Tulang Metacarpal

Tulang Metacarpal atau tulang panjang di tangan yang terhubung ke tulang jari yaitu salah satu tulang yang ada pada pergelangan tangan manusia, yang terdiri dari 5 (lima) tulang yaitu, ibu jari (1), jari telunjuk (2), jari tengah (3), jari manis (4) dan jari kelingking (5).

2.) Tulang Carpal

Tulang carpal adalah tulang terdiri dari 8 (delapan) tulang pendek yangberbentuk mirip seperti bula dan berukuran pendek, tulang carpal terhubung dengan ujung tulang distal dan radius. Tulang carpal terdiri dari lunatum, scaphoid, triqurtum,capitatum,piriformis, trapezium, hamatum, dan trapezoid.

3.) Tulang Phalangs

Tulang phalangsa adalah tulang-tulang jari yang didalamnya terdapat sendi di setiap ibu jari yaitu phalangs proksimal dan distal. Tulang phalang dikenal dengan sendi engsel yang berfungsi untuk menggerakan tangan dan jari-jari tangan.

Baca Juga :  Klasifikasi Tumbuhan – Penjelasan Terlengkap

 

Demikian pembahasan materi pada kesempatan kali ini. Semoga materi mengenai fungsi tulang telapak tangan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sekalian.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Tulang Hasta
  2. Fungsi Tulang Pergelangan Tangan
  3. Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar
  4. Kingdom Protista – Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Lengkap dengan Contoh
  5. Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar