Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – Penjelasan Terlengkap

Posted on

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – Penjelasan Terlengkap

Ekosistem.co.id – Tahu kah, sahabat belajar apa saja fungsi tulang pergelangan? Manusia sendiri memiliki pergelangan yang digunakan untuk membantu segala aktivitas penting sehari – hari. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai apa saja fungsi dari tulang pergelangan tangan beserta dengan pejelasan lengkapnya.

Tapi sebelum mengetahui apa saja fungsi tulang pergelangan, ada baiknya jika kita cari tahu pengertian tulang pergelangan tangan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Tulang Pergelangan Tangan

Pada saat sahabat belajar menyinggung tentang tulang telapak tangan maka artinya adalah tulang yang menyusun pada telapak tangan yang sahabat belajar miliki. Dari sini harus kita pahami jika terdapat perbedaan di antara tulang telapak tangan dan juga tulang pergelangan tangan.

Dari sini harus sahabat belajar ketahui jika terdapat perbedaan di anatar tulang telapak tangan dan tulang pergelangan tangan. Tulang pergelangan tangan sendiri merupakan bagian pertemuan di antara tulang telapak tangan dengan tulang lengang bawah contohnya seperti pengumpil dan juga hasta.

Sementara definisi dari tulang telapak tangan ini sendiri merupakan tulang yang menyusun telapak tangan yang letaknya di antara ujung distal tulang hasta dan tulang pengumpil dan juga tulang jari jari atau yang biasa disebut dengan ossa metacarpus.

 

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Seperti yang sudah di bahas di awal artikel jika tulang pergelangan tangan memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia untuk membantu manusia dalam melakukan segala aktivitas dan kegiatan sehari – harinya.

Baca Juga :  Sistem Ekskresi Pada Manusia Dan Jenis-Jenis Gangguan Pada Alat Eksresi

Dan sesuai dengan janji kami di awal, jika pada artikel kali ini kami akan memberikan mengenai apa saja fungsi tulang pergelangan tangan yang biasa disebut dengan tulang karpal. Nah, berikut ini adalah lima fungsi tulang pergelangan tangan yang wajib untuk sahabat biologi ketahui :

  1. Sebagai Alat Gerak Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan yang pertama adalah sebagai alat gerak pada bagian tangan dengan menggunakan bantuan otot – otot, tulang yang menyusun pergelangan tangan ini sendiri terdapat sendi kaku yang menyebabkan pergerakannya cukup terbatas.

Sementara terdapat sendiri pelana yang menjadi penghubung di antara pergelangan tangan dengan telapak tangan. Pergerakan pergelangan tangan yang membentuk gerak kea rah vertikal yakni fleksibel dan juga ekstensi. Sedangkan fleksi merupakan gerakan pergelangan tangan ke bawah atau ekstensi yang merupakan gerakan ke belakang pergelangan tangan.

  1. Tempat Menempelnya Otot Tangan

Otot juga menjadi bagian yang sangat penting yang digunakan untuk membantu gerak tangan. Otot yang menempel di tangan akan menjadi sensor sensor gerak sehingga dapat memudahkan sahabat belajar untuk menggerakkan tangan. Ada dua jenis otot yang terletak pada pergelangan tangan yakni otot ekstensor dan juga otot fleksor. Dua jenis otot ini sendiri menjadi penyebab dari terjadinya berbagai gerak yang dibantu oleh sendi kaku dan juga sendi pelana yang tersapat di bagian tulang pergelangan tangan.

  1. Sebagai Penghubung Tulang Jari Dengan Tulang Pangkal Lengan

Fungsi yang ketiga dari pergelangan tangan adalah dapat digunakan sebagai peghubung jari yang ada pada ujung bawah dengan tulang pangkal lengan, susunan pergelangan tangan yang terdiri dari tulang pendek dan juga memiliki bentuk bulat yang membentuk carpan ini sehingga bisa menghubungkan tulang jari dengan tulang pangkal lengan.

  1. Membentuk Sebuah Alat Gerak
Baca Juga :  Kalin – Penjelasan, Letak Dan Fungsi Hormonnya

Fungsi yang berikutnya dari tulang telapak tangan adalah untuk membentu suatu alat gerak dan bersamaan dengan tulang anggota gerka atas yang lainnya, ini merupakan fungsi yang utama dari tulang pergelangan tangan. Selain itu tulang ini juga berfungsi untuk memberikan dukungan di dalam membentuk alat gerak pada manusia.

  1. Memberikan Bentuk Telapak Tangan

Dan fungsi tulang pergelangan tangan  yang terakhir adalah untuk memberikan bentuk pada bagian telapak tangan yang dikelilingi oleh otot otot agar bisa membentuk telapak tangan sahabat biologi lainnya. Sama seperti dengan jenis tulang yang lain tulang telapak tangan juga membentuk sebuah alat gerak manusia loh.

 

Nah, sekarang sahabat belajar semua sudah tahu kan, apa saja fungsi tulang pergelangan tangan yang wajib untuk sahabat belajar ketahui. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan yang berikutnya, selamat belajar.

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Kultur Jaringan – Lengkap Dengan Penjelasannya
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Daur Air, Pengertian, Proses dan Gambar
  3. Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh