Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Posted on

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Kerangka tubuh manusia tersusun dari berbagai jenis tulang dengan total 206 tulang secarakeseluruhan baik tulang yang mampu digerakan maupun tulang yang tak mampu digerakan. Menarik bukan? Untuk lebih jelasnya, kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai apa saja fungsi tulang pergelangan tangan.

Tulang Pergelangan Tangan

Sebelum membahas mengenai fungsi tulang pergelangan tangan, ada baik nya kita mengenal pengertian dan susunan tulang nya terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa pergelangan tangan kita tersusun dari 8 tulang pendek yang termasuk jenis tulang keras dimana tulang pergelangan tangan terbentuk dari sel tulang dengan saluran havers yang berisi pembuluh darah.

Tulang pergelangan tangan ialah tulang gerak berukuran pendek (carpal) yang berada pada area pergelangan tangan dan siku dengan otot-otot yang berperan untuk menggerakan tangan. Zat senyawa yang terkandung pada tulang pergelangan tangan adalah zat kapur dan kalsium fosfat.

Susunan Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan tersusun dari 8 tulang yang terhubung dengan tulang hasta (Ulna) dan tulang pengumpil (Radial), berikut akan dipaparkan penjelasan mengenai tulang-tulang penyusun dari tulang pergelangan tangan.

  1. Skafoid, bisa juga disebut sebagai schapoideum yakni tulang pada perbatasan radial dan sisi lateral ibu jari.
  2. Capitate atau capitatum, posisinya terletak pada daerah pusat tulang pergelangan tangan.
  3. Trapezium, pembentuk batas radial dari garis lintang distal yang terletak diatas skafoid.
  4. Lunatum, posisinya terletak pada bagian tengah baris karpal proksimal.
  5. Trikuetrum atau triguetrum, yakni tulang primadial yang posisinya terletak di tengah baris proksimal.
  6. Pisiformis atau pisiforme, yakni penanda batas ulna yang terletak di akhir barisan proksimal.
Baca Juga :  Anatomi Jantung

 

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tentu telah kita diketahui tahu bahwa secara garis besar fungsi utama dari tulang pergelangan tangan sebenarnya adalah untuk menyokong pergerakan tangan. Namun meski demikian, tulang pergelangan tangan juga memiliki fungsi-fungsi lainnya yang lebih spesifik. Berikut akan kita bahas mengenai fungsi-fungsi tulang tersebut.

  1. Tempat melekat nya otot tangan

Otot merupakan salah satu komponen penting dalam pergerakan tangan, dimana otot-otot tersebut menjadi sensor gerak sehingga hal tersebut memungkinkan tangan kita untuk dapat digerakan.

  1. Penyokong pergerakan tangan

Ini merupakan fungsi utama dari tulang pergelangan tangan, karna semua pergerakan tangan berawal dari tulang pergelangan tangan terlebih dahulu. Selain otot terdapat pula sendi kaku dan sendi pelana diantara tulang-tulang penyusun pergelangan tangan dan penghubungnya, yang memberikan kemampuan gerak pada tangan.

  1. Membantu pergerakan jari-jari pada tangan

Tulang pergelangan tangan jugta menyokong pergerakan jari jempol dan jari-jari lainnya untuk dapat berkerak kedepan, belakan kiri maupun kanan.

  1. Penghubung tulang jari dengan tulang pangkal lengan

Fungsi lainnya dari tulang pergelangan tangan yakni sebagai penghubung tulang jari dan tulang pangkal lengan yang terdiri dari tulang hasta dan tulang pengumpil.

  1. Tempat melekatnya jaringan-jaringan tubuh pada tangan

Tulang pergelangan tangan juga berfungsi sebagai tempat melekatnya jaringan-jaringan halus seperti ligamen, saraf, pembuluh darah dan tendon dimana jaringan-jaringan tersebut akan membantu penyaluran nutrisi, pergerakan dan sensasi pada tangan kita.

 

Gangguan Pada Tulang Pergelangan Tangan

Setelah kita membahas mengenai fungsi-fungsi tulang pergelangan tangan rasanya masih kurang lengkap jika kita tidak ikut membahas mengenai gangguan nya, berikut akan dibahas beberapa gangguan yang terjadi pada tulang pergelangan tangan.

  1. Tulang skafoid patah

Gangguan semacam ini menimbulkan gejala klinis seperti pembengkakan pada area anatomicalsnuffbox dan rasa sakit. Gangguan ini terjadi disebabkan oleh cedera yang dialami ketika kecelakaan dimana hal tersebut menyebabkan skafoid pada pergelangan tangan patah atau retak.

  1. Sindrom carpal tunnel

Gangguan ini disebabkan oleh terjepitnya saraf pada pergelangan tangan, sehingga menimbulkan rasa sakit diarea tangan dan lengan.

  1. Atritis tulang pergelangan tangan

Gangguan tersebut disebabkan oleh peradangan pada sendi yang menyebabkan rasa sakit dan kakunya persendian.

Baca Juga :  Fungsi Alveolus

 

Jadi ada beberapa hal yang wajib untuk dihindari agar dapat terbebas dari berbagai macam masalah pada pergelangan tangan, karena pastinya permasalahan pada pergelangan tangan akan dapat membuat kita merasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai macam aktifitas.

 

Nah, itu dia pembahasan kali ini mengenai apa saja fungsi tulang pergelangan tangan. Mudah- mudahan pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar
  2. Kingdom Protista – Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Lengkap dengan Contoh
  3. Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar
  4. Klasifikasi Tumbuhan – Penjelasan Terlengkap
  5. Klasifikasi Mahluk Hidup – Penjelasan Terlengkapnya