Fungsi Tulang Pengumpil

Posted on

Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil adalah tulang yang membentuk lengan bawah bersama dengan tulang hasta dan posisinya saling berdekatan. Tulang pengumpil ini sendiri dikenal sebagai salah satu tulang yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia terutama pada bagian tangan. Karena fungsi dari tulang ini adalah untuk membentuk lengan bawah.

Bentuk dari tulang ini lebih tebal dan juga lebih pendek jika dibandingkan dengan tulang hasta. Dibantu dengan tulang hasta, tulang pengumpil ini bertugas untuk menggerakkan lengan yang ada pada bagian bawah manusia.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai fungsi tulang pengumpil. Namun sebelum mengetahui fungsi utama dari tulang pengumpil ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa itu tulang pengumpil.

Pengertian Tulang Pengumpil

Berada di antara sikut dan juga pergelangan tangan, dan berada di sebelah tulang hasta, tulang pengumpil ini sendiri disambungkan bersama dengan interosseous ligament atau sebuah jaringan yang memiliki serat yang sangat tebal.

Tulang ini sendiri adalah salah satu jenis tulang yang memiliki panjang. Ciri ciri utamanya adalah kuat dan juga memiliki tekstur yang padat. Pada bagian depan tulang ini yang biasa disebut dengan diafisis, terdapat rongga yang digunakan untuk menjadi tempat sumsum tulang tinggal.

Sedangkan pada ujung yang satunya yaitu epifisis, terbentuk pula sebuah jaringan tulang spos yang teksturnya akan mengeras seiring waktu dan bertambahnya usia manusia. Jika dilihat secara umum maka tulang pengumpil ini akan mempunyai panjang sekitar 20,32 hingga 26,67 cm.

Namun perlu kamu tahu bahwa sayangnya tidak semua tulang pengumpil yang pada manusia ini memiliki bentuk yang sempurna. Karenanya terdapat beberapa orang yang mempunyai bentuk tulang pengumpil yang cenderung lebih pendek. Atau bentuknya tidak seperti tulang pengumpil pada umumnya.

Baca Juga :  Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan – Faktor Yang Mempengaruhi

Biasanya kondisi tersebut dikarenakan bawaan sejak lahir atau terjadi sebuah kondisi yang mengakibatkan tulang mengalami cedera.

Fungsi Tulang Pengumpil

Fungsi tulang pengumpil sendiri adalah untuk memberikan struktur di lengan yang ada pada bagian bawah. Tulang ini berperan untuk membantu melakuka  pergerakan pada lengan, pergelangan tangan dan juga pada tangan.

Untuk melakukan tugasnya ini tulang pengumpil berkerja sama dengan tulang hasta. Kedua tulang ini saling bekerja sama pada saat tubuh kita menggunakan lengan untuk melakukan berbaga macam kegiatan yang berat. Misalnya mengangkat barang dan membentuk persendian dari siku pada lengan tangan kita.

Peran yang paling penting dari tulang pengumpil adalah bertugas sebagai penyokong lengan pada saat kita melakukan gerakan seperti merangkat, mengangkat beban mau pun digunakan untuk melekatkan otot lengan yang ada pada bagian bawah.

Berikut ini adalah fungsi utama yang dimiliki oleh tulang pengumpil.

  1. Tulang pengumpil memiliki fungsi utama sebagai penyusun kerangka lengan bawah dan digunakan sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas pada manusia atau disebut dengan istilah ekstremitas.
  2. Tulang pengumpil berperan sebagai tempat untuk melekatkan otot otot yang ada pada lengan.
  3. Tulang pengumpil dapat digunakan untuk membuat sebuah gerakan rotasi atau memutar yang dilakukan karena terdapat sendi putar.
  4. Tulang pengumpil memungkinkan adanya gerakan untuk membengkokkan lengan. Gerakan ini terjadi karena terdapat sendi engsel pada lengan manusia.
  5. Tulang pengumpil dianggap dapat memiliki tugas untuk melakukan gerakan pergelangan tangan atau sendi dan otot yang ada pada pergelangan tangan.
  6. Tulang pengumpil memiliki peran dalam memproduksi sel darah merah. Hal ini akan membuat sumsum tulang yang banyak atau tulang pipa.
  7. Tulang pengumpil bekerja sama dengan tulang pergelangan tangan dan juga tulang hasta untuk membentuk sendi peluru yang terdapat pada pergelangan tangan.
  8. Tulang pengumpil digunakan untuk melekatkan otot bisep yang bentuknya memanjang dari ujung hingga ke lengan bagian atas.
  9. Tulang pengumpil dapat memungkinkan terjadinya sebuah gerakan fleksi dan juga ekstensi. Gerakan ini adalah gerakan yang dilakukan untuk meluruskan serta membengkokkan lengan karena keberasaan otot bisep.
  10. Tulang pengumpil membantu tangan untuk mengangkat benda berat ke atas. tulang ini akan dibantu oleh otot bisep.
  11. Tulang pengumpil bertugas untuk melakukan gerakan abdukdi atau menggerakkan alat gerak pada bagian atas manusia yang ada di lengan.
  12. Bersama dengan tulang hasta tulang pengumpil akan bekerja sama untuk menyambung tulang lengan pada bagian atas lewat sendi engsel yang ada pada bagian siku.
Baca Juga :  Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Jadi dari sini dapat diketahui jika tulang pengumpil memiliki fungsi yang sangat penting untuk manusia dalam membantu manusia melakukan aktifitas sehari hari. Misalnya saja seperti bergerak atau mengangkat beban yang berat.

Namun perlu diketahui jika tulang pengunpil juga sama dengan tulang lain yang dapat mengalami cedera atau luka dikarenakan tidak hati hati di dalam menggunakan tulang ini. Untuk itu ada baiknya jika kamu berhati hati saat menggunakan tulang pengumpil.

Karena jika mengalami cedera maka kita akan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan untuk penyembuhannya pun, tulang pengumpil ini dibutuhkan waktu yang cukup lama loh. Jadi jaga tulang ini agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai tulang pengumpil dan lainnya yang semoga bermanfaat bagi kalian semua, sampai jumpa.

Artikel Lainnya :

·  Sistem Pernapasan pada Hewan

·  Sistem Pernapasan pada Manusia

·  Proses Pencernaan Pada Manusia