Fungsi Tulang Jari Tangan

Posted on

Fungsi Tulang Jari Tangan

Tulang jari tangan atau disebut dengan pisiform merupakan salah satu tulang yang ada pada tubuh manusia dan memiliki tugas yang sangat penting. Tulang ini berfungsi untuk memberikan artikulasi pada tulang jari. Dan juga membantu kita melakukan segala aktifitas sehari-hari.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasannya lengkap. Pembahasan ini mengenai fungsi tulang jari yang ada pada manusia. Tapi sebelum itu, mari kita cari tahu yuk, apa sih tulang jari tangan ini.

Pengertian Tulang Jari Tangan

Tulang ini adalah salah satu jenis tulang yang memiliki bentuk sangat fleksibel. Karena tulang ini memiliki berbagai macam jenis dan fungsi yang banyak untuk membantu menyelesaikan setiap aktifitas yang kita lakukan.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga tulang ini agar terus berfungsi dengan baik. Karena meski begitu tulang ini juga rawan dengan cidera yang membuat fungsinya menjadi terganggu.

Fungsi Tulang Jari Tangan

Dianggap sebagai tulang yang harus selalu dijaga fungsinya, berikut adalah fungsi yang dimiliki oleh tulang jari tangan.

1.) Anggota Tulang Gerak Atas

Di dalam tubuh kita ini pergerakan tulang dianggap sesuatu yang sangat penting dan berharga. Hal ini dikarenakan kita membutuhkan pergerakan tulang untuk membantu aktifitas baik aktifitas berat mau pun aktifitas yang ringan. Maka jika fungsi tulang terganggu maka tubuh kita tidaka akan bisa bergerak sesuai dengan semestinya.

Hal ini juga berlaku dengan tangan yang jika tulang pada tangan terganggu fungsinya maka kita pun tidak akan bisa menggunakan tangan hanya untuk mengambil barang, sementara tangan sendiri adalah bagian tubuh yang sering digunakan oleh kita. Mulai dari mengambil barang, melakukan kegiatan seperti mencuci, menyapu, mengepel. Semuanya membutuhkan tangan.

Baca Juga :  Sitoplasma - Definisi, Sifat, Struktur, Fungsi, dan Komponen

Manusia akan merasa kesulitan jika tidak ada tangan dan fungsi pada tulang tangan terganggu yang mengakibatkan manusia tidak sanggup melakukan kegiatan seperti yang seharusnya.

Maka dari itu tulang yang terdapat di dalam jari tangan ini menjadi salah satu anggota tulang gerak atas yang paling penting sebagai penolong untuk membuat tubuh manusia mampu bergerak terutama yang bagian atas. Maka dari itu tulang jari akan dianggap sebagai bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya sebaik mungkin.

2.) Membentuk Rangka Tangan Manusia

Kita sebagai manusia bisa dibilang memiliki tulang rangka yang sangat sempurna jika dibandingkan dengan makhluk hidup yang lainnya. Mulai dari bagian yang atas. Hingga pada bagian bawah. Rangka yang ada pada manusia ini sendiri sangat berguna untuk membentuk kesempurnaan pada organ yang dimiliki oleh manusia.

Tentu saja rangka ini juga dihasilkan oleh susunan otot dan juga tulang. Keduanya ini pun saling membantu pertumbuhannya masing-masing. Selain itu rangka manusia ini tentu tida hanya berasal dari bagian atas saja dikarenakan terdapat pada bagian bawah juga dan terbilang sangat penting.

Rangka yang ada di bagian tangan ini perannya juga amat sangat penting bagi manusia untuk membentuk tubuh manusia. Hal ini dikarenakan pada rangka tangan ini juga terdiri dari jari jari tangan.

Maka dengan begitu, keberadaan rangka jari tangan ini menjadikan tubuh manusia lebih sempurna. Meski tulang jari ukurannya terbilang kecil akan tetapi tulang ini sangat penting untuk kita.

3.) Membentuk Persendian Tulang Tangan

Sendi adalah salah satu hal yang paling penting yang ada pada organ tubuh. Dengan bantuan sendi sendiri maka tubuh akan dapat bergerak dengan sangat mudah. Keberadaan sendi juga membuat gerakan tubuh kita menjadi lebih mudah karena dapat dibengkokkan.

Baca Juga :  Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Coba saja pikirkan apa yang terjadi apabila sendi tidak dapat digerakkan dari tubuh kita atau kita tidak memiliki sendi. Maka yang terjadi adalah kita akan menjadi sangat kesulitan untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

Selain itu keberadaan sendi yang ada pada tulang sendiri memiliki fungsi untuk melenturkan aktivitas tubuh kita. Sehingga bisa dibilang tulang jari sangatlah berharga karena berkat adanya tulang ini, manusia bisa melakukan apa saja dengan mudah.

Selain itu wajib kita tahu bahwa persendiran sendiri saling menghubungkan tulang satu dengan tulang yang lainnya. Dan juga sendi membuat tulang dapat dibengkokkan. Hal ini berlaku juga pada tulang jari dan juga pada tulang tangan yang saling dihubungkan dengan sendi. Dengan kata lain kedua tulang ini saling memiliki keterhubungan satu sama lain.

Cedera yang Mungkin Terjadi pada Tulang Jari Tangan

Sebagai salah satu tulang yang sering digunakan, tulang jari tangan ini memiliki risiko yang sangat tinggi untuk mengalami cedera. Biasanya tulang ini akan mengalami keretakan yang terjadi pada jari tangan. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sehingga karena cedera ini kita tidak bisa menggunakan jari tangan dengan benar.

Jari tangan bisa terluka pada saat digunakan terlalu keras, terkena benturan atau terkena kecelakaan kecil yang mengakibatkan keretakan pada tulang.

Jika kita mengalami cedera pada tulang ini, bukan hanya tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya kita juga akan mengalami nyeri yang luar biasa dan tentu hal ini akan menyiksa.

Nah, itu dia fungsi tulang jari tangan yang wajib untuk kamu ketahui, terutama karena jari ini sangat penting keberadaannya bagi kita.

Baca Juga :  Ruang Lingkup Biologi Beserta Dengan Penjelasannya

Artikel Lainnya :

·  Sistem Pernapasan pada Manusia

·  Proses Pencernaan Pada Manusia

·  Fungsi Tulang Pengumpil