Fungsi Tulang Atas

Posted on

Fungsi Tulang Atas

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai apa saja fungsi tulang atas dan pembahasan lengkap lainnya yang pasti akan sangat menarik untuk diulas secara lengkap.

Berikut ini penjelasan lengkapnya, simak ya!

Pengertian Tulang Atas

Jika dilihat secara umum, pengertian dari tulang atas sendiri merupakan sebuah susunan tulang yang letaknya berada pada bagian lengan atas. Fungsi utama yang dimiliki oleh tulang atas ini sendiri adalah untuk melekatkan otot utama yang terdapat di lengan dan juga pergerakan siku.

Tulang atas sendiri ukurannya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan tulang pengumpil serta tulang hasta.

Jika pada tulang hasta ada banyak sekali otot yang melekat. Sama halnya dengan yang ada pada tulang atas yang pada tulang ini juga ada banyak sekali otot utama yang berfungsi menjadi pergerakan semua otot lengan. Sedangkan semua otot utama yang terdapat di lengan akan melekat. Selain itu otot ini bisa dikendalikan oleh tulang atas.

Humerus merupakan nama lain dari tulang atas. Sedangkan pektorais primer dan juga deltoid sendiri merupakan nama sebutan bagi otot yang melekat di tulang atas. Otot ini pun amat sangat penting kehadirannya bagi tulang atas dan juga lengan serta gerakan bahu.

 

Fungsi Tulang Atas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika tulang atas memiliki banyak sekali fungsi khususnya bagi pergerakan kita sehari – hari. Nah, berikut ini merupakan beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh tulang atas.

  1. Berfungsi sebagai tempat yang digunakan untuk menempelkan otot utama.
  2. Fungsi dari tulang atas adalah untuk melakuka rotasi dan juga abduksi yang ada pada bahu, fungsi ini dibantu oleh adanya otot khusus rotator cuff yang letaknya melekat di bagian atas otot atas atau humerus.
  3. Berfungsi sebagai pemberi kekuatan bagi lengan.
  4. Berfungsi sebagai penghubung sendi putar.
  5. Berfungsi untuk membantu menulis dengan menggunakan jari yang bisa dikendalikan oleh tulang atas.
  6. Berfungsi untuk memberikan kontrol untuk menekuk tangan.
  7. Mempunyai tugas untuk menjauhkan lengan dari tubuh.
Baca Juga :  Endoplasma - Jenis, Fungsi Beserta Gambar

 

Bagian – Bagian Tulang Atas

Tulang humerus sendiri dibagi ke dalam tiga bagian. Berikut ini adalah bagian – bagiannya serta penjelasannya :

1. Epicondylus Lateralis

Otot ini terdiri dari beberapa bagian yakni otot yakni :

– Extensor Carpi Ulnaris

– Extensor Digitorum

– Supinator

– Extensor Carpi Radialis Brevis

– Extensor Digiti Minimi

 

2. Epicondylus Medialis

– Flexor Digitorum Superficialis

– Flexor Carpi Radialis

– Flexor Carpi Ulnaris

– Otot Palmaris Longus

– Otot Pronator Teres

 

3. Sulcus Intertubercularis

– Pectoralis Major

– Latissimus Dorsi

– Teres Major

 

4. Tuberculum Mayus dan Tuberculum Minus

– Supraspinatus

– Teres Minor

– Infraspinatus

– Subscapularis

 

Pada tulang atas terdapat banyak sekali otot yang melekat. Hal ini membuat tulang atas yang terluka atau retak maka akan membuat tubuh menjadi sangat terganggu karena tidak dapat melakukan pergerakan dengan bebas. Terutama jika terjadi luka dan cidera pada tulang hasta dan juga tulang pengumpil. Sedangkan tuang atas sendiri ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan tulang yang lainnya yang ada pada lengan.

Kekuatan yangan adalah salah satu fungsi utama dan fungsi paling penting yang dimiliki oleh tulang hasta. Sedangkan tulang atas sangat mempengaruhi kekuatan tangan yang ada pada manusia. Sehingga jika kalian melihat otot tulang atas yang sangat keras dan besar artinya orang tersebut sering mengangkat atau menahan beban berat untuk membentuk otot atasnya.

Untuk membentuk dan juga melatih tulang atas agar kuat sendiri biasanya harus melakukan latihan dan olahraga contohnya seperti angkat beban dan juga push up. Agar mendapatkan hasil yang ideal, maka harus melakukan latihan secara rutin. Namun jangan lupa untuk melakukan latihan sesuai dengan kemampuan, karena jika tidak diperhatikan hanya akan memberikan cidera dan luka pada otot tulang atas yang pastinya akan membuat kalian menjadi kesusahan dalam bergerak dan melakukan kegiatan sehari – hari.

Baca Juga :  Lapisan Bumi – Penjelasan Disertakan Gambarnya

 

Nah, itulah kira – kira pembahasan mengenai fungsi tulang atas dan bagian – bagiannya yang secara khusus kami rangkum untuk memberikan rekomendasi pembelajaran asik dan menarik bagi kalian.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Tulang Hasta
  2. Fungsi Tulang Pergelangan Tangan
  3. Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar
  4. Kingdom Protista – Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Lengkap dengan Contoh
  5. Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar