Fungsi Sentriol – Pengertian Dan Strukurnya

Posted on

Fungsi Sentriol – Pengertian Dan Strukurnya

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas menegnai fungsi sentriol, setelah sebelumnya membahas mengenai fungsi lisosom. Karena artikel ini sendiri memiliki kaitan dengan fungsi lisosom.

Apa Itu Sentriol?

Sentriol mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga banyak orang, karena istilah biologi ini masih sedikit awam bagi banyak orang, akan tetapi bagi anda yang pernah mendengar istilah sentriol namun tak mengetahui apa itu sentriol. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan secara detail fungsi dan pengertian sentrio. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Sentriol

Sentriol merupakan salah satu bagian dari organel sel yang terdiri atas dua perangkat mikrotubula, sedangkan pada setiap komponen sentriol sendiri terdiri dari sembilan mikrotubula.

Di dalam bentuk yang sama ada sekitar 3 tabung yang terbentuk atas tubulin dan sebagian besar dari sel sentriol ini sendiri ditemukan di dalam sel eukariotik. Pada kedua perangkat sentriol di atas ini tersusun berhadapan dengan membentuk sudut yang memiliki bentuk tegak lurus.

Sel sentriol adalah perkembangan dari sentrisim yakni merupakan pusal sel yang berasal dari daerah sitoplasma yang terletak secara berdampingan pada inti sel. Pada tumbuhan sentriol ini terletak di gamet jantan charophytes, bryophytes, dan juga tumbuhan yang memiliki pembuluh tapi tanpa biji, sikas dan juga ginko.

Sentriol sendiri tidak bisa ditemukan di dalam tumbuhan yang berpembuluh dan memiliki biji, berbunga dan jamur.

Struktur Sentriol

Pada organel sel sentrio memiliki komponen serta struktur – struktur yang ada di bawah ini :

  1. Di dalam organel terdapat 1 sel yang mempunyai 1 pasang sentriol yang terletak tegak lurus secara berdampinga.
  2. Oraganel sel sentriol ini memiliki bentuk seperti tabung dan mempunyai suatu rangka mikrotubula yang tersusun secara radial.
  3. Mikrotubula terndiri dari 3 rangka yang jumlah triplet di setiap sentriol memiliki 9 rangka.
  4. Di dalam rangka 9 triplet ini tertutupi oleh matriks kental, rangka dan juga matrik yang terletak pada salah satu ujung sentriol yang memiliki bentuk seperti gerobak.
  5. Sentriol ini memiliki diameter sekitar 0,15 µm, panjang 0,3-0,5µm, dan juga sekitar lebar 0,2 μm.
  6. Mikrotubula dikelompokkan menjadi 3 mikrotubula yangtersusun secara parallel.
  7. Di dalam 9 kelompok macam ini akan membentuk sebuah dinding sentriol dan di setiap kelompok tidaklah tegak lurus dengan inti tabung akan tetapi tegak miring.
  8. Pada masing masing 9 kelompok triplet yang ada pada sentriol ini terdiri dari 3 buah sub unit mikrotubula yang kemudian diberikan nama sub unit A, B, dan C.
  9. Untuk urutan penamaan ini dimulai dari sub uni yang paling dalam atau tubula yang paling dalam sebagai sub uni A yang memiliki diameter sekitar 200-260 sub unit Å pada setiap tubulanya.
  10. Sub struktur dari tubula A, B, dan C yang sama dengan semua sub struktur yang lainnya.
  11. Sehingga sub struktur A yang ada pada tripket akan sama dengan sub struktur A yang ada pada triplet yang lainnya juga begitu juga dengan sub unit B dan C.
Baca Juga :  Tumbuhan Berpembuluh - Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Fungsi Sentriol

  1. Memiliki fungsi sebagai pembentukan berbagai bengunan selular yang terdiri dari mikrotubula dan juga sel gelondong mitosis pada pembelahan sel sillium, flagelum, dan juga pada beberapa juluran sel khusus. Contohnya seperti filamen aksial spermatozoa.
  2. Berfungsi sebagai badan basal yang menjadi tempat pembentukan sillia. Badan basal ini sendiri terletak pada lempeng basal yang berada di ujung dan menghadap ke arah permukaan sel dank arena itu strukturnya pun menjadi sedikit berbeda dengan sentriol.
  3. Sentrio memiliki fungsi sebagai badan basal atau kinetosom pada organel sel di dalam pergerakkan.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, apa itu sentriol dan apa fungsi dari sentriol itu sendiri. Mudah – mudahan dengan pembahasan artikel ini bisa memberikan ilmu pengetahuan baru bagi anda terutama di bidang biologi. Sampai bertemu di materi pembahasan yang lainnya ya.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya
  2. Sistem Ekskresi Pada Manusia – Organ, Fungsi Dan Gambarnya
  3. Sel Hewan – Struktur Dan Fungsinya Disertai Gambar