Fungsi Sentriol – Pengertian Dan Strukurnya

Posted on

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi sentriol, setelah sebelumnya membahas mengenai fungsi lisosom. Kenapa Guru akan memberikan pembahasan mengenai sentriol dan juga fungsinya.

Karena bisa dibilang artikel ini sendiri memiliki kaitan dengan fungsi lisosom yang sudah Guru bahas sebelumnya ya.

Jadi apa itu Sentriol dan apa pentingnya fungsi dari sentriol? Sahabat biologi bisa simak ulasan dari Guru di bawah ini. Dimulai dari pengertian sentriol lalu kita akan membahas mengenai apa saja fungsinya.

Dan apa hubungannya sentriol dengan lisosom, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Apa Itu Sentriol?

 

Sentriol mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga banyak orang, karena istilah biologi ini masih sedikit awam bagi banyak orang, akan tetapi bagi anda yang pernah mendengar istilah sentriol namun tak mengetahui apa itu sentriol. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan secara detail fungsi dan pengertian sentrio. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian Sentriol

Sentriol merupakan salah satu bagian dari organel sel yang terdiri atas dua perangkat mikrotubula, sedangkan pada setiap komponen sentriol sendiri terdiri dari sembilan mikrotubula.

Di dalam bentuk yang sama ada sekitar 3 tabung yang terbentuk atas tubulin dan sebagian besar dari sel sentriol ini sendiri ditemukan di dalam sel eukariotik. Pada kedua perangkat sentriol di atas ini tersusun berhadapan dengan membentuk sudut yang memiliki bentuk tegak lurus.

Sel sentriol adalah perkembangan dari sentrisim yakni merupakan pusal sel yang berasal dari daerah sitoplasma yang terletak secara berdampingan pada inti sel. Pada tumbuhan sentriol ini terletak di gamet jantan charophytes, bryophytes, dan juga tumbuhan yang memiliki pembuluh tapi tanpa biji, sikas dan juga ginko.

Sentriol sendiri tidak bisa ditemukan di dalam tumbuhan yang berpembuluh dan memiliki biji, berbunga dan jamur.

Baca Juga :  Kondensasi – Pengertian, Proses, Contoh, Faktor, dan Gambar

 

Struktur Pada Sentriol

Sudah tahu kan, apa itu Sentriol melalui penjelasan dari Guru di atas. Nah, perlu sahabat biologi ketahui jika sentriol terdiri dari struktur yang cukup unik. Jadi setelah mengetahui apa itu sentriol.

Penting juga bagi sahabat untuk mengetahui struktur dari sentriol lewat penjelasan Guru yang ada di bawah ini.

Sentriol terdiri dari berbagai macam struktur, yang di antaranya adalah :

 

1.) Sentriol memiliki 1 sel yang ada di alamnya dan memiliki sepasang juga sentriol dan letaknya berada tegak lurus. Atau saling berdampingan antara satu sama lain.

2.) Oraganel sel sentriol ini memiliki bentuk seperti tabung dan mempunyai suatu rangka mikrotubula yang tersusun secara radial.

3.) Terdapat mikrotubula yang di dalamnya bisa ditemukan tiga rangka. Di setiap sentirol terdapat 9 rangka dengan julah triplet.

4.) Sementara itu pada setiap rangka 9 triplet ini ditutupi dengan matriks kental. Rangka beserta dengan matriks ini sendiri letaknya di salah satu ujung sentriol. Dan bentuknya mirip seperti dengan gerobak.

5.) Diamter dari sentriol sendiri adalah 0,15 µm. Lalu sentriol juga memiliki panjang sekitar 0,3-0,5µm. Sementara lebarnya adalah sekitar 0,2 μm.

6.) Mikrotubula dikelompokkan menjadi 3 mikrotubula yang tersusun secara parallel.

7.) Di dalam 9 kelompok macam ini akan membentuk sebuah dinding sentriol dan di setiap kelompok tidaklah tegak lurus dengan inti tabung akan tetapi tegak miring.

8.) Pada masing masing 9 kelompok triplet yang ada pada sentriol ini terdiri dari 3 buah sub unit mikrotubula yang kemudian diberikan nama sub unit A, B, dan C.

9.) Lalu pada urutan penamaannya akan dimulai dari sub unit yang urutannya berada paling dalam. Atau disebut dengan tubula. Tubula ini sendiri merupakan bagian yang berada paling dalam dan merupakan sub unit A. Subula berdiameter sekutar 200 hingga 260.

10.) Bisa dibilang jika semua struktur dari sub tubula baik A, B hingga sub tubula C memiliki sub struktur yang nyaris sama semuanya.

Baca Juga :  Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

11.) Maka dari itu sub struktur dari A yang berada di triplet, juga memiliki kesamaan dengan sub struktur A yang juga berada pada triplet lainnya. Hal ini juga berlaku bagi sub unit B dan sub unit C.

 

Sudah tahu kan, pengertian dari sentriol dan apa saja struktur yang terdapat di dalamnya. Sekarang saatnya sahabat biologi mengetahui apa fungsi sentriol yang menjadi fokus utama bagi ulasan kali ini.

Langsung saja simak ulasannya di bawah ini :

Sentriol pada Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan yang tidak memiliki sentriol maka dari strukturnya berbeda dengan sel sel sel yang memiliki sentriol, karena kutub sel sel tanaman yang lebih luas jika dibandingkan dengan sel sel hewan sehingga hal ini memungkinkan adanya organel seluler yang didefinisikan untuk dapat bertindak sebagai titik fokus yang terdapat pada beberapa poros tanaman spindle yang terdelokalisasi dalam sedemikian rupa sehingga poros tersebut nyaris sempit dari seluruh poros. Kutub sel tumbuhan yang luas dan lebih menyebar ini memiliki banyak mikrotubulus.

Sentriol pada Hewan Sel

Sentrosom yang berasal dari sel hewan ini mengandung dua struktur yang memiliki bentuk barel yang disebut dengan sentriol yang membantu di dalam organisasi gelendong mitosis dan di dalam penyelesaian sitokinesis.

Sentriol dibutuhkan dalam pembentukan gelendong mitosis dan merupakan bagian yang paling penting dari sentrosom dan mereka terlibat di dalam proses pengorganisiran mikrotubulus di dalam sitoplasma. Posisi dari sentriol ini sendiri menentukan posisi inti dan juga memainkan peran yang cukup penting di dalam pengaturan tata ruang sel.

Fungsi Sentriol

Berikut ini adalah fungsi sentriol :

  1. Sentriol memiliki fungsi untuk membentuk tiang mitosis pada sel sel hewan tinggi.
  2. Memiliki fungsi sebagai pusat pengorganisasian mikrotubula yang menjadi persitiwa penting di dalam proses seluler utama yakni pembelahan sel dan juga pembentukan flagella.
  3. Duplikat pasangan sentriol di dalam sel dan dua pasang yang bermigrasi ke ujung ujung sel ini berguna untuk mengatur gelondong mitosis yang terjadi selama transisi G1 atau S dari tahap interface akan membuat sentriol yang ada melepaskan diri satu sama lain.
  4. Setiap sentriol akan memunculkan sentriol baru yang bentuknya akan tetap erat dan melekat pada setiap sentriol lama dan bentuknya akan memanjang selama fase S dan G2.
  5. Saat tahap profase pasangan sentriol akan mulai bergerak menuju arah yang berlawanan dari sel dan akan membentuk spindle secara bersamaan.
  6. Migrasi dan perubahan posisi sentriol juga akan menentukan orientasi poros yang akan mempengaruhi lampiran serat spindle kromosom.
  7. Serat spindle ini sendiri akan bertanggung jawab atas segregasi kromosom di dalam sel anak.
  8. Pada akhir setiap siklus sel memiliki dua sentriol yang satu sentriol adalah ibu sementara yang lain adalah sentriol baru yang berbentuk.
  9. Setelah proses pemisahan dilakukan oleh para sentriol maka kemudian akan mementukan posisi inti serta mempengaruhi organisasi seluler yang terletak di del anak yang baru terbentuk.
  10. Sentriol juga berfungis menghasilkan flagela atau silia.
  11. Serat dari ekor sperma juga bisa timbul dari sentriol tersebut.
  12. Disfungsi dari sentrosom juga memiliki tanggung jawab untuk pengembangan kanker tertentu.

Demikian pembahasan mengenai fungsi sentriol yang ada pada sel hewan dan pada sel tumbuhan. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Atas

 

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya
  2. Sistem Ekskresi Pada Manusia – Organ, Fungsi Dan Gambarnya
  3. Sel Hewan – Struktur Dan Fungsinya Disertai Gambar