Fungsi Sentriol – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Posted on

Fungsi Sentriol – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Fungsi Sentriol – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sentriol dan fungsinya pada sel hewan dan sel tumbuhan. Tidak usah berlama – lama lagi, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Sentriol?

Sentriol sendiri merupakab salah satu bagian yang terdapat pada organel dan terdiri dari 2 perangkat mikrotubula, di setiap komponen sentriol ini terdiri dari 9 mikrotubula.

Di dalam bentuk yang sama ada sekitar 3 tabung atau silinder yang terbentuk dari tubulin dan sebabian besar sel sentriol ini ditemykan di dalam sel eukariotik. Pada kedua perangkat sentriol di atas tersusun saling berhadapan dan membentuk sudut tegal lurus.

Sel sentriol ini sendiri memiliki fungsi di dalam pembelahan yang terjadi pada sebuah sel dan juga di dalam pembentukan silliym dan flagella. Sel sentriol ini adalah perkembangan dari sentrosom yakni sebagai pusat sel dari daerah sitoplasma yang terletak secara berdampingan dengan inti sel.

Sentriol terdapat pada garmet jantan charophytes, bryophytes, tumbuhan berpembuluh tanpa biji, sikas dan juga ginko, akan tetapi sentriol tidak bisa kamu temukan pada tumbuhan berpembuluh yang memiliki biji, berbunga dan juga jamur.

Sentriol pada Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan yang tidak memiliki sentriol maka dari strukturnya berbeda dengan sel sel sel yang memiliki sentriol, karena kutub sel sel tanaman yang lebih luas jika dibandingkan dengan sel sel hewan sehingga hal ini memungkinkan adanya organel seluler yang didefinisikan untuk dapat bertindak sebagai titik fokus yang terdapat pada beberapa poros tanaman spindle yang terdelokalisasi dalam sedemikian rupa sehingga poros tersebut nyaris sempit dari seluruh poros. Kutub sel tumbuhan yang luas dan lebih menyebar ini memiliki banyak mikrotubulus.

Baca Juga :  Komponen Pembekuan Darah – Macam-Macam dan Fungsinya

Sentriol pada Hewan Sel

Sentrosom yang berasal dari sel hewan ini mengandung dua struktur yang memiliki bentuk barel yang disebut dengan sentriol yang membantu di dalam organisasi gelendong mitosis dan di dalam penyelesaian sitokinesis.

Sentriol dibutuhkan dalam pembentukan gelendong mitosis dan merupakan bagian yang paling penting dari sentrosom dan mereka terlibat di dalam proses pengorganisiran mikrotubulus di dalam sitoplasma. Posisi dari sentriol ini sendiri menentukan posisi inti dan juga memainkan peran yang cukup penting di dalam pengaturan tata ruang sel.

Fungsi Sentriol

Berikut ini adalah fungsi sentriol :

  1. Sentriol memiliki fungsi untuk membentuk tiang mitosis pada sel sel hewan tinggi.
  2. Memiliki fungsi sebagai pusat pengorganisasian mikrotubula yang menjadi persitiwa penting di dalam proses seluler utama yakni pembelahan sel dan juga pembentukan flagella.
  3. Duplikat pasangan sentriol di dalam sel dan dua pasang yang bermigrasi ke ujung ujung sel ini berguna untuk mengatur gelondong mitosis yang terjadi selama transisi G1 atau S dari tahap interface akan membuat sentriol yang ada melepaskan diri satu sama lain.
  4. Setiap sentriol akan memunculkan sentriol baru yang bentuknya akan tetap erat dan melekat pada setiap sentriol lama dan bentuknya akan memanjang selama fase S dan G2.
  5. Saat tahap profase pasangan sentriol akan mulai bergerak menuju arah yang berlawanan dari sel dan akan membentuk spindle secara bersamaan.
  6. Migrasi dan perubahan posisi sentriol juga akan menentukan orientasi poros yang akan mempengaruhi lampiran serat spindle kromosom.
  7. Serat spindle ini sendiri akan bertanggung jawab atas segregasi kromosom di dalam sel anak.
  8. Pada akhir setiap siklus sel memiliki dua sentriol yang satu sentriol adalah ibu sementara yang lain adalah sentriol baru yang berbentuk.
  9. Setelah proses pemisahan dilakukan oleh para sentriol maka kemudian akan mementukan posisi inti serta mempengaruhi organisasi seluler yang terletak di del anak yang baru terbentuk.
  10. Sentriol juga berfungis menghasilkan flagela atau silia.
  11. Serat dari ekor sperma juga bisa timbul dari sentriol tersebut.
  12. Disfungsi dari sentrosom juga memiliki tanggung jawab untuk pengembangan kanker tertentu.
Baca Juga :  Spermatophyta – Pengertian, Macam – Macam dan Manfaatnya

Demikian pembahasan mengenai fungsi sentriol yang ada pada sel hewan dan pada sel tumbuhan. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Kloroplasma – Dilengkapi Struktur dan Gambar
  2. Anabolisme – Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme
  3. Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi
  4. Organel Sel Hewan – Bagian, Model, Beserta Gambar