Fungsi Rongga Mulut – Disertai Organ Aksesori Di Dalamnya

Posted on

Fungsi Rongga Mulut – Disertai Organ Aksesori Di Dalamnya

Fungsi Rongga Mulut – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi rongga mulut dan juga beberapa organ aksesori yang ada di dalam rongga mulut. Rongga mulut sendiri merupakan salah satu organ yang cukup penting yang dimiliki oleh manusia. Karena organ ini juga mempunyai banyak fungsi untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Untuk itu, dalam artikel ini akan membahas mengenai apa saja fungsi dari rongga mulut. Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

Fungsi Rongga Mulut

Rongga mulut memiliki fungsi sebagai bagian pertama dari saluran pencernaan, sumber sekunder respirasi, area manipulasi suara untuk berbicara dan menjadi lokasi atau tempat untuk organ sensorik untuk menentukan rasa. Rongga mulut terletak tepat di belakang bibir yang bentuknya memanjang dari bawah hingga ke atas tenggorokan.

Karena rongga mulut merupakan bagian dari saluran pencernaaan maka rongga mulut terletak di mana makanan aka di kunyah dan air liur juga diproduksi oleh tempat ini untuk membantu mendorong makanan agar bisa sampai di lambung. Bagian atas dari rongga mulut adalah daerah di mana selera lunak dan selera keras berada dengan lidah yang memiliki fungsi sebagai organ utama yang ada di lokasi tersebut.

Organ Aksesori Rongga Mulut

Berikut ini adalah struktur utama yang ada di dalam rongga mulut.

  1. Bibir merupakan dua struktur seluler dan juga otot yang memiliki bentuk pintu masuk ke dalam, bibir ini sendiri yang menandai tranmisi dari kulit membrane mukosa yang lembab.
  2. Ruang depan adalah ruang antara jaringan lunak atau bibir dan pipi serta gigi dan gusi, ruang depan sendiri bisa tetap lembab oleh sekresi yang beradal dari kelenjar ludah parotis yang letaknya di depan telingan dan di belakang sudut rahang.
  3. Rongga mulut dibatasi oleh beberapa struktur seperti lengkungan alveolar atau struktur tulang yang memiliki kandungan gigi serta mengelilingi rongga mulut yang ada di depan dan di sisi overhead selera lembut dan keras, sementara yang berada di bawahnya adalah lidah. Rongga mulut bisa tetap basah dikarenakan adanya proses sekresi yang berasal dari kelenjar ludah submaksilaris dan sublingual yang terletak di dasar mulu atau di bawah lidah.
  4. Gusi terdiri dari jaringan yang disebut dengan jaringan fibrosa yang berbentuk padat dan melapisi lengkungan alveolar dan pelukan gigi.
  5. Ada dua set gigi yang dimiliki oleh manusia seumur hidupnya, anak kecil rata – rata memiliki sekitar 20 set gigi susu yang dimiliki sejak masih bayi dan akan mulai rontok atau tanggal seiring pertumbuhan, gigi yang tanggal ini akan digantikan oleh gigi permanen. Ada sekitar 32 gigi permanen yang 16 gigi berada di rahang atas sementara 16 sisanya berada di rahang bawah.
  6. Langit yang terdiri atas selera lunak dan keras, untuk langit – langit yang keras merupakan atap mulut sementara langit – langit lunak merupakan lipatan membrane yang menggantung di antara rongga mulut dan juga bagian belakang tenggrokan. Kemudian ada uvula yang memiliki ukuran kecil dan menggantung dan bisa dilihat ketika anda membuka mulut.
  7. Lidah adalah organ yang hampir semunya terdiri dari serat otot yang dibagi menjadi beberapa bagian yakni bagian oral atau tip, blade, depan, tengah serta belakang dan juga faring atau tenggorokan. Lidah memilki fungsi untuk membantu anda berbicara, mengenal rasa dan menelan.
  8. Kelenjar ludah minor memiliki tugas untuk membuat cairan bening atau air liur yang membuat mulut menjadi lembab dan memiliki kandungan enzim yang berguna untuk memecah makanan. Kelenjar ini ditemukan di berbagai lokasi yang ada di daerah mulut termasuk juga pada pipi yang ada di bagian dalam.
Baca Juga :  Sel Darah Putih - Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Sel darah putih

Demikian pembahasan kita kali yang membahas secara lengkap mengenai fungsi rongga mulut beserta dengan beberapa organ yang juga ada di dalam rongga mulut dan merupakan organ yang memiliki fungsi sangat penting di dalam pencernaan manusia. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda dan jangan lupa untuk menanti artikel kali dalam pembahasan materi yang lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda.

Artikel Lainnya: