Fungsi Protein – Untuk Kebutuhan Hidup Manusia

Posted on

Fungsi Protein

Ekosistem.co.id – Fungsi Protein bagi perbaikan dan perawatan jaringan sel yang ada pada tubuh manusia sangatlah penting. Karena protein merupakan zat yang cukup penting bagi tubuh, seperti air, proterin.

Protein juga merupakan zat yang memiliki kandungan cukup melimpah karena berada di dalam setiap sel yang ada tubuh kita. Tubuh kita bisa memproduksi protein dalam bentuk yang beraneka ragam. Dengan memanfaatkan beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan protein apabila dikonsumsi.

Fungsi dari protein ini berhubungan dengan semua aktifitas yang dilakukan sehari-hari. Karena protein menjadi bagian dari struktur tubuh dan memiliki peran yang sangat penting.

Karena dengan bantuan protein dapat membuat tubuh dapat bergerak dengan lebih leluasa. Protein juga membantu untuk mendistribusikan oksigen untuk seluruh tubuh dan dapat membekukan darah pada saat terluka.

Protein itu juga bertugas untuk melawan infeksi, mengangkut zat masuk dan juga keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia. Hingga dapat melawan serta membawa pesan dari satu bagian tubuh  ke bagian tubuh yang lain.

Molekul di dalam protein terbuat dari rantai asam amino yang prosesnya seperti ini. Tubuh akan menerima protein yang didapat dari makanan untuk kemudian diubah menjadi asam amino dan diserap ke dalam aliran darah tubuh.

Sel tersebut kemudian akan menggunakan asam amino ini untuk menghasilkan protein spesifik yang dibutuhkan dan sesuai dengan fungsi masing-masing.

Baca Juga :  Ribosom - Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Sumber protein yang terkandung di dalam makanan antara lain seperti seperti daging, unggas, ikan, susu, telur dan kacang-kacangan.

 

Struktur Protein

Ikatan-ikatan peptida yang ada di dalam protein sehingga protein terdiri dari struktur di bawah ini :

1.) Struktur primer adalah ikatan peptida yang berasal dari beberapa asam amino yang mementuk protein.

2.) Struktur sekunder dibentuk dari ikatan hidrogen yang terjadi di antara gugus amina dengan atom hidrogen yang ada di rantai samping asam amino.

3.) Struktur tersier merupakan interakhis yang ada di struktur sekunder satu dengan struktur sekunder lain. Dan hubungan ini terjalin lewat ikatan ion.

4.) Struktur kuartener adalah struktur yang melibatkan beberapa peptida untuk membentuk protein.

 

Sifat-sifat Protein

Protein memiliki sifat-sifat seperti di bawah ini :

1.) Protein sulit larut di dalam air dikarenakan memiliki ukuran molekul yang besar.

2.) Bisa mengalami koagulasi oleh pemanasan dan juga penambahan asam basa.

3.) Bisa mengalami kerusakan dikarenakan pemanasan karena ketika mengalami denaturasi protein akan rusak mulai dari struktur sekunder hingga primer.

4.) Ketika di titik isoelektriknya protein akan mengalami koagulasi sehingga bisa dipisahkan dari pelarutnya.

 

Fungsi Protein

Assortment of healthy protein source and body building food. Meat pork, red fish eggs dairy products cottage cheese yogurt beans nuts lentils bean tuna banana . Top view

Protein memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, berikut ini adalah fungsi dari protein :

1.) Fungsi Protein Bagi Tubuh

Untuk Perbaikan Dan Perawatan protein disebut dengan pondasi tubuh manusia. Karena fungsi protein yang cukup penting dan sangat vital bagi pemelirataan jaringan tubuh. Termasuk juga dalam pengembangan serta perbaikan, mulai dari perbaikan rambut, kulit, otot, mata hingga organ tubuh yang penting.

Hal ini membuat anak-anak dan wanita hamil membutuhkan banyak protein untuk membangun masa pertumbuhan dan perkembangan.

Baca Juga :  Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

 

2.) Sumber Energi

Energi merupakan komponen yang paling utama dibutuhkan oleh manusia untuk terus bergerak dan dapat menjalankan aktifitas. Sama halnya dengan karbohidrat dan lemak, fungsi utama protein adalah sebagai sumber lemak.

Sama seperti karbohidrat, jika dikonsumsi terlalu berlebih maka tubuh akan mengalihkannya menjadi lemak.

 

3.) Membentuk Hormon

Protein memiliki fungsi dalam membentuk beberapa jenis hormone yang ada di dalam tubuh. Zat ini membantu untuk mengendalikan fungsi tubuh yang melibatkan interaksi antara beberapa organ tubuh.

Insulin salah satu bentuk dari protein merupakan salah satu contoh hormon yang bertugas untuk mengatur gula darah. Insulin akan melibatkan interaksi di antara organ hati dan pancreas.

Selain itu ada secretin yang merupakan hormon yang terbentuk dari protein, zat ini bisa membantu proses pencernaan. Dengan cara merangsang pancreas dan juga usus untuk menciptkan cairan yang sangat diperlukan pada saat proses pencernaan sedang berlangsung.

 

4.) Membentuk Enzim

Fungsi yang berikutnya adalah berperan penting salam proses pembentukan enzim yang merupakan protein yang bisa didapatkan untuk meningkatkan laju reaksi kimia di dalam tubuh.

Dalam faktanya sebagian besar reaksi kimia di dalam tubuh tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya enzim.

Salah satu contoh enzim yang memiliki fungsi untuk membantu mencerna protein, karbohidra serta lemak yang berasal dari molekul yang bentuknya lebih kecil. Sementara enzim yang lain bertugas untuk membantu membentuk DNA.

 

5.) Menjadi Alat Transportasi Dan Penyimpanan Molekul Di Dalam Tubuh

Protein merupakan elemen yang paling utama dalam bertugas mengangkut molekul tertentu seperti hemoglobin dan merupakan protein pengangkut oksigen ke dalam seluruh tubuh.

Hemoglobin yang bertugas mengambil oksigen dari paru-paru untuk kemudian ditransfer ke darah merah dan bergerak untuk mengelilingi tubuh. Kemudian hemoglobin melepaskan oksigen ke seluruh sel jaringan tubuh.

Baca Juga :  Jaringan Tumbuhan - Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, Contoh dan Gambar

 

Protein juga bisa digunakan untuk menyimpan molekul tertentun seperti ferritin. Ferittin adalah protein yang dikombinasikan dengan menggunakan zat besi, zat disimpan di hati atau liver yang memiliki fungsi sebagai buffer apabila tubuh kelebihan atau kekurangan zat besi.

 

6.) Membentuk Antibodi

Protein memiliki tugas untuk membentuk antibodi yang mampu mencegah dari serangan penyakit dan juga infeksi yang ada di tubuh. Protein bisa mengindentifikasi dan juga membantu untuk menghancurkan antigen seperti bakteri mau pun virus.

Antibody sering bekerjasama dengan sel sistem kekebalan tubuh yang lainnya, contohnya antibodi akan mengidentifikasi serta kemudian mengelilingi antigen agar tetap bisa terkurung hingga bisa dihancurkan sel darah putih.

Salah satu contohnya adalah terhadap darah yang mengandung antibody yakni protein yang dibuat oleh sel darah putih yang disebut dengan limfosit B atau pun sel B.

Antibodi ini memiliki guna untuk melawan serangan bakteri dan juga virus yang memiliki potensi mengancam kesehatan tubuh.

 

Dari ulasan ini sahabat biologi sudah tahu kan apa saja fungsi protein, semoga bisa dijadikan sebagai media belajar yang mengasyikan. Sampai jumpa.

 

Artikel Lainnya :

  1. Arachnoidea – Ciri-ciri Beserta Penjelasan
  2. Muskuloskeletal – Pengertian, Sistem, Beserta Gangguan
  3. Jaringan Parenkim – Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi Dan Gambarnya