Fungsi Paru-Paru Pengertian, Struktur Dan Bagiannya

Posted on

Fungsi Paru-Paru Pengertian, Struktur Dan Bagiannya

Fungsi Paru-Paru – Paru-paru merupakan istilah anatomi yang dikenal dengan pulmo, pulmo di sini merupakan organ khusus yang bertanggung jawab di dalam proses respirasi atau sistem pernapasan pada manusia dan juga terdiri dari bagian pulmo dextra atau paru paru kanan dan pulmo sinistra paru paru kiri. Itulah dia pengertian singkat mengenai paru paru. Selain itu paru paru juga berhubungan dengan sistem peredaran darah atau yang biasa disebut dengan sirkulasi serta sistem ekskresi yakni pengeluaran zat sisa.

Struktur Paru-paru

Berikut ini adalah struktur yang terdapat pada paru-paru

  1. Trakea

Trakea merupakan saluran pernapasa bawah lanjutan yang berasal dari laring yang menghantarkan udara menuju ke pulmo untuk mengalami proses difusi. Letaknya berada di mediastinum atau daerah kompartemen yang letaknya di tangah antara dua rongga paru di region thoraks. Pada bagian superior ini terdiri dari tracheal ring yang dibentuk oleh kartilago atau tulang rawan, serta menampati bagian tengah leher.

 

  1. Bronkus

Bronkus merupakan lanjutan dari trakea yang merupakan saluran konduksi udara dan merupakan tempat difusi oksigen-karbon dioksida di ujung terminal pada bagian yang berkaitan langsung dengan alveolus. Bronkus principalis atau bronkus primer ini terdiri dari bronkus principalis dekstra yang nantinya akan menuju ke pulmo dekstra dan juga bronkus principalis.

 

Berikut ini adalah perbedaan dari bronkus principalis dekstra dan bronkus principalis sinistra:

Bronkus principalis dekstra memiliki diameter yang lebih lebar dengan ukuran pendek dan berjalan dengan lebih vertical.

Bronkus principalis sinistra memiliki diameter yang lebih kecil dengan ukuran panjang dan berjalan dengan cara lebih horizontal.

Baca Juga :  Fungsi Sentriol – Pengertian Dan Strukurnya

 

  1. Alveolus

Unit fungsional paru paru ini merupakan kantung udara kecil yang muncul dari bronkilis dan disebut dengan alveoli, sekitar 400 ribu alveoli di dalam paru paru orang dewasa dan rata-rata diameter dari alveolus adalah sekitar 200 hingga 300 mikron. Fungsi dasar dari alveoli ini adalah sebagai pertukaran gas, sementara struktur alveoli merupakan tempat pertukaran gas respirasi berlangsung. Struktur ini dikelilingi oleh kapiler yang membawa darah, pertukaran karbon dioksida yang ada di dalam kapiler ini terjadi melalui dinding alveolus. Akveoli ini mulai berfungsi ketika manusia mulai menghirup udara melalui lubang hidung.

 

Bagian-bagian Paru-Paru

Berikut ini adalah bagian bagian paru-paru:

Bronkus

Bronkus merupakan batang bercabang yang menghubungkan paru paru kiri dan paru paru kanan serta ke trakea. Bronkial tersusun oleh tulang rawan dan juga lapisan mukosa serta otot polos, cartilage berguna sebagai kerangka bronchial lapisan mukosa ini menghasilkan lendir yang digunakan untuk menjebak partikel asing yang tak sengaja atau pun sengaja masuk ke dalam paru-paru. Sementara otot polos memiliki fungsi untuk membuat kita bernapas secara otomatis tanpa disadari.

Bronkiolus

Merupakan cabang bronkus yang bermuara di alveoli, struktur dari bronkus ini sendiri tak memiliki tulang rawan, silia dan akhirnya terdiri dari bersila yang memiliki bentuk kubus jaringan epitel.

Alveolus

Alveoli merupakan pertukaran oksigen dan juga karbon dioksida yang memiliki difusi dan struktur alveolar ini sendiri terdiri dari sebuah membran tipis dan juga banyak kapiler darah. Di dalam alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara serta untuk mengambil oksigen dari udara.

Pleura

Pleura adalah selaput yang melapisi paru-paru dan memiliki struktur kantong yang halus dan juga licin, fungsinya sendiri adalah untuk mengurangi gesekan pada saat paru paru mengembang atau pun mengempis.

Baca Juga :  16 Bakteri Yang Menguntungkan Manusia – Penjelasan Terlengkapnya

Diafragma

Diafragma adalah serat otot yang membentuk perbatasan di antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga memiliki peran penting di dalam proses pernapasan perut, diafragma ini sendiri terdiri dari otot dan juga pembuluh darah serta saraf yang biasa disebut dengan saraft frenikus.

Trakea (Tenggorokan)

Trakea adalah tabung dengan panjang sekitar 5 inci yang dihubungkan laring ke bronkus, trakea sendiri terdiri atas tulang rawan hialin berbentuk seperti huruf C dan juga dilapisi dengan epitel bersilia, fungsi lainnya adalah sebagai saluran pernapasan.

 

Fungsi Paru-paru

 

  1. Alat Respirasi

Organ paru-paru memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida.

 

  1. Pengendali PH Darah

Memiliki fungsi untuk mengubah tekanan  CO2 dan mengendalikan pH darah setiap permenitnya.

 

  1. Sebagai Siliaris Eskalator

Memiliki tugas untuk menjaga paru-paru dari infesksi yang disebabkan oleh udara yang masuk seperti debu dan bakteri akan terperangkan pada lapisan lendir yang berbeda di permukaan mukosa pada saluran pernapasan.

 

  1. Reservoir

Reservoir adalah salah satu fungsi dari paru paru yang memiliki manusia dimana volume total paru paru kurang lebih sekitar 450 ml atau 4.500 cc.

 

  1. Lapisan Pelindung

Fungsi ini adalah sebagai pelindung dan menjaga hari dari guncangan karena letak hati yang berada di bawah antara paru paru.

 

  1. Mencegah Polutan Masuk

Partikel kecil yang ikut masuk pada saat menghirup udara akan berhenti di lapisan sputum, mucus dan juga phlegm, karena lapisan ini memiliki tugas untuk membatasi bagian dalam dari kantong pernapasan pada manusia.

 

  1. Penghasil Suara Vokal

Fungsi paru paru juga bisa digunakan untuk menciptakan suara dari pita suara yang disebut dengan suara vokal.

Baca Juga :  Antibodi - Mengenal dan Memahami Antibodi dan Jenis Tertentu
Rate this post