Fungsi Nukleus – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Posted on

Fungsi Nukleus – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Ekosistem.co.id – Nukleus atau yang juga bisa disebut dengan inti sel memiliki fungsi bagi sel hewan dan sel tumbuhan. Lalu, apa sih fungsi nukleus itu sendiri? Maka dari itu kali ini kita akan membahas mengenai fungsi nukleus yang terdapat pada sel hewan mau pun sel tumbuhan.

Pengertian Nukleus atau Inti Sel

Nukleus merupakan salah satu komponen sel yang cukup penting yang merupakan komponen sel terdalam dan juga terlindungi, apabila diibaratkan nukleus ini sendiri memiliki fungsi yang sama seperti otak yang ada pada manusia. Nukleus sendiri bisa ditemukan pada manusia, hewan dan bahkan tumbuhan.

Inti sel atau yang disebut dengan nukleus ini adalah salah satu dari tiga bagian utama sel dan inti sel sendiri tersusun atas beberapa materi geneti sebut saja seperti DNA, protein dan kromosom. Inti sel juga merupakan organel yang hampir terdapat di setiap organisme eukariotik dan memiliki fungsi utama yakni untuk mengatur ativitas sel.

Penelitian menunjukkan jika tak semua sel memiliki nukleus, karena ada sel yang tidak memiliki nukleus sama sekali, ada juga sel yang hanya mempunyai satu nukleus dan juga ada sel yang hanya mempunyai dua atau pun lebih dari nukleus.

Bagian – Bagian Nukleus

Nukleus sendiri memiliki beberapa bagian yang sangat penting bagi hewan mau pun tumbuhan, dan berikut ini adalah bagian – bagian dari nukleus yang bisa kamu pelajari.

  1. Membran Sel
Baca Juga :  Pengertian Sel - jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya

Bagian yang pertama adalah merupakan lapisan sel yang berada paling luar dan memiliki fungsi untuk menjadi pemisah sel yang terdapat di bagian dalam dengan bagian lain yang mempunyai sifat permeable dari membrane sel ini, membrane sel sendiri juga mempunyai peran guna menyeleksi mana kah zat yang kira – kira sesuai atau memiliki manfaat dan berguna bagi tubuh, dan mana zat asing yang tak berguna bagi tubuh.

Membran sel ini biasanya terletak pada spesies tumbuhan dan juga hewan hanya saja yang membedakan keduanya, terdapat pada letak membran plasma atau sel yang terdapat pada hewan berada di bagian luar, sementara yang terdapat pada tumbuhan berada di tengah, hal ini karena sel tersebut terlindungi oleh lapisan – lapisan khusus.

  1. Dinding sel

Bagian ini merupakan lapisan paling luar dari nukleus dan berfungsi sebagai pelindung dari membran sel atau plasma yang terdapat pada tumbuhan, dinding sel ini sendiri juga terbuat dari selulosa.

  1. Sentrosom

Bagian sel yang berikut ini letaknya berada pada spesies hewan dan mengandung diantara 1 hingga 2 sentrosom di dalamnya, fungsinya sendiri adalah bermanfaat di dalam mitosis.

  1. Kloroplas

Sel tanaman yang berikut ini mempunyai warna hijau dan membantu di dalam proses produksi makanan yang dibantu oleh cahaya matahari atau biasa juga dikenal dengan proses fotosintesis.

  1. Kromoplas

Kromoplas merupakan bagian sel tanaman yang mempunyai variasi warna dan sel ini lah yang memberikan efek warna pada setiap bunga dan tumbuhan.

  1. Sitoplasma

Pada bagian ini merupakan tempat terjadinya proses metabolisme dan juga berbagai aktivitas yang lainnya yang terjadi pada sel hewan.

Fungsi Nukleus pada Tumbuhan dan Hewan

Nah, sudah tahu kan pengertian serta bagian – bagian dari nukleus, maka kali ini kita akan membahas mengenai fungsi nukleus pada tumbuhan dan hewan. Apa saja ya, fungsinya? Yuk simak di bawah ini!

  1. Nukleus memiliki fungsi dan juga peran di dalam menyimpan seluruh informasi yang berkaitan dengan genetik seperti proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme sel serta organisme secara keseluruhan.
  2. Nukleus memiliki fungsi sebagai pengontol pertumbuhan sel.
  3. Nukleus memiliki kandungan berbagai protein yang terlibat di dalam kontrol transkripsi secara langsung atau pun tidak langsung.
  4. Inti sel memiliki fungsi sebagai pengatur metabolisme nutrisi.
  5. Nukleus memiliki peran besar di dalam sekresi ribosom.
Baca Juga :  Sistem Endokrin – Fungsi, Organ Dan Gambarnya

Nah, itu dia fungsi nukleus pada sel tumbuhan dan sel hewan, semoga dengan pembahasan ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda di dalam memahami materi yang sudah disampaikan di atas, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Kloroplasma – Dilengkapi Struktur dan Gambar
  2. Anabolisme – Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme
  3. Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi
  4. Organel Sel Hewan – Bagian, Model, Beserta Gambar
Rate this post