Fungsi Mitokondria – Pengertian dan Manfaatnya

Posted on

Fungsi Mitokondria – Pengertian dan Manfaatnya

Ekosistem.co.id – Fungsi mitokondria memang sangat penting bagi keberlansungan hidup semua makhluk yang hidup di bumi, baik manusia, hewan atau pun tumbuhan. Lalu apa sih, mitokindria ini?

Pengertian Mitokondria

Mitokindria merupakan suatu organel sel tunggal yang memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya fungsi respirasi pada manusia, hewan dan juga tumbuhan. Misalnya saja pada saat proses metabolisme homeostatis kalsium, asam lemak dan juga transduksi jaringan seluler, biosintetis piramidina dan juga pengolahan protein yang diubah menjadi energi.

Organel sel mitokondria ini sendiri diketahui memiliki peran pada kematian suatu sel tertentu di dalam jaringan tubuh, misalnya pada jaringan tubuh terdadap suatu prosel sel yang abnormal atau terjangkit penyakit maka mitokondria ini akan menyeleksi organisme sel abnormal agat tidak berkembang di dalam jaringan tubuh.

Maka dari itu dengan adanya mitokondria ini di dalam tubuh semua makhluk hidup akan membantu organ vital berfungsi dengan baik.

Fungsi Mitokondria

Fungsi utama dari mitokondria ini sendiri adalah sebagai respirasi sel, respirasi sel sendiri merupakan suatu proses kimiawi yang memiliki fungsi untuk melepaskan energi yang tersimpan di dalam glukosa, energi yang dipergunakan di dalam pemecahan glukosa ini sendiri disediakan oleh molekul molekul ATP.

Kemudian molekul molekul ATP ini dihasilkan oleh organel itu sendiri, karena seluruh proses respirasi Aerob Sel ini sendiri terdiri atas 3 langkah yakni :

  1. Glikolisis

Glikosis sendiri memiliki arti sebagai “pemecahan glukosa”, yang merupakan tahap pertama dari proses respirasi sel. Glukosa memiliki 6 atom karbon, enzim – enzim yang terdapat pada pada sitosol dan memiliki fungsi untuk mengoksidasi molekul glukosa menjadi 2 molekul yang masing – masing di antaranya mempunyai 3 atom karbon.

  1. Siklus Krebs (Siklus Asam Sitrat)
Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Dekarboksilasi oksidasi akan dilakukan terlebih dahulu sebelum siklus kerbs akhirnya berfungsi. Molekul – molekul asam piruvat yang dihasilkan pada proses glikolisis akan diubah menjadi koenzim – A asetil yang dipergunakan di dalam siklus krebs.

Kemudian siklus kerbs ini akan mengoksidasi asetil – KoA menjadi karbondioksida, sehingga dari proses ini menghasilkan 3 molekuk NADH dan 1 molekul FADH₂.

  1. Rantai Transpor Elektron

Rantai transport elektron ini terdiri atas serangkaian yang membawa elektron hasil dari membran mitokondria yang berasal dari siklus krebs yakni NADH & FADH₂.

Molekul molekul ATP tersebut dihasilkan dari reaksi redoks NADH dan FADH₂ sementara itu sel eukariotik akan menghasilkan sekitar 26 ATP setelah melakukan respirasi sel.

Fungsi Lain Mitokondria

  1. Sebagai pemberi sinyal untuk sel neuron – neuron.
  2. Berfungsi untuk mengelola apoptosis.
  3. Berfungsi untuk mengendalikan siklus sel.
  4. Berfungsi untuk mengawari diferensiasi, pertumbuhan, & perkembangan sel.

Manfaat Mitrokondria Dalam Tubuh Makhluk Hidup

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika mitokondria memiliki banyak sekali manfaat bagi makhluk hidup tak hanya manusia, tapi juga pada hewan dan tumbuhan dan berikut ini adalah manfaat mitokondria :

  1. Bermanfaat untuk menghasilkan energi sel yang akan digunakan di dalam sistem metabolisme tubuh.
  2. Metabolisme karbohidrat yang terjadi di dalam mitokondria ini akan dioksidasikan oleh air dan juga karbondioksida serta oksigen.
  3. Menghasilkan energi yang berupa 30 molekul yang dibuat untuk setiap molekul glukosa.
  4. Menghasilkan 2 molekul pada setiap glikosis.
  5. Berfungsi untuk mengelola aktivitas metabolisme sel.
  6. Memiliki fungsi untuk memecah makanan yang menghasilkan energi seperti karbohidrat, lemak, protein dan lain sebagainya.
  7. Berfungsi untuk menerima hasil enzim yang telah diproses secara lanjut untuk kemudian diproses kembali menjadi molekul bermuatan terntentu.
  8. Memiliki fungsi untuk menjaga konsentrasi ion kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan segala jenis pada bagian sel.
  9. Berfungsi untuk bisa menolong sel yang telah mampu mencapai fungsi ini serta menyediakan tangki untuk menyimpan ion kalsium.
  10. Memiliki fungsi untuk membantu organ tubuh agar tetap berjalan dengan optimal dikarenakan pada saat mitokondria sudah tak mampu bekerja atau pun mengalami abnormal dan kematian sel bisa mempengaruhi organ tubuh.
  11. Mitokondria memiliki manfaat untuk menolong sel yang telah mampu untuk mencapai fungsi ini sehingga menyediakan tangki untuk menyimpan ion kalsium.
Baca Juga :  Bakteri - Ciri-ciri, Struktur, Sifat, Dan Cara Hidupnya

Dekimian pembahasan kali ini mengenai fungsi dari mitokondria dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Kloroplas – Pengertian, Struktur Dan Fungsi
  2. Jenis Anjing – Nama Anjing Paling Berbahaya
  3. Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat