Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya

Posted on

Fungsi Lisosom – Pengertian, Proses Terbentuk Dan Klasifikasinya

Ekosistem.co.id – Pernahkah anda mendengar mengenai istilah lisosom? Atau pernah mendengarnya namun lupa atau bahkan tidak tahu apa itu lisosom. Jika benar begitu maka sangat tepat sekali jika anda berkunjung di website kami karena kali ini kami akan membahas mengenasi pengertian serta fungsi lisosom. Mau tahu apa saja fungsi lisosom?

Pengertian Lisosom

Lisosom merupakan sebuah organel yang memiliki bentuk kecil karena hanya mempunyai diameter sekitar 0,25 sampai 0,5 um. Bentuk bulat dari lisosom ini sendiri bulat dan terikat dengan membran.

Di dalam lisosom terkandung zat hidrolase asam, enzim enzim yang memiliki fungsi untuk menguraikan protein, asam asam nukleat dan juga karbohidrat yang terdapat pada pH asam.

Lisosom ini sendiri bisa dengan mudah ditemukan karena terletak di hampir semua sel, namun lisosom tak bisa ditemukan di dalam sel darah merah atau eritrosit manusia dan juga pada sebuah sel kulit yang sedang mengalami keratinisasi atau pengerasan yang membuat permukaan kulit menjadi keras dan tebal.

Lisosom juga bisa disebut juga sebagai sistem pencernaan yang terjadi pada sebuah sel ksementara itu lisosom baru yang terbentuk dari pertunasan golgi biasa disebut dengan lisosom primer.

Pembentukan Lisosom

Sudah disebutkan di atas jika lisosom baru terbentuk dari pertunasan golgi, namun untuk lebih jelasnya berikut ini adalah proses pembentukan dari lisosom. Dan biasanya lisosom sendiri terbentuk dikarenakan dua hal yakni :

Baca Juga :  Tulang Tengkorak - Nama Latin Beserta Fungsinya
  1. Proses Terbentuknya Lisosom Yang Dilakukan Secara Langsung Oleh RE

Di dalam proses pembentukan lisosom ini, enzim yang terdapat pada lisosom yang dihasilkan merupakan protein yang diproduksi oleh ribosom yang akhirnya masuk ke dalam RE. Setelah masuk ke dalam RE maka enzim tersebut kemudian akan dimasukkan kembali ke dalam membran yang akhirnya akan akan dikeluarkan ke sitoplasma. Sehingga dari proses ini lah akhirnya terbentuk lisosom baru.

  1. Proses Terbentuknya Lisosom Yang Dilakukan Oleh Golgi

Di dalam proses pembentukan lisosom ini enzim yang terdapat pada lisosom yang dihasilkan oleh ribosom akan terlebih dahulu dimasukkan ke dalam golgi yang nantinya golgi tersebut akan membungkus enzim dengan membrane yang kemudian enzim itu akan dilepaskan ke dalam sitoplasma.

Fungsi Lisosom

Lisosom tentu hadir bukan tanpa maksud dan tujuan karena lisosom memiliki beberapa fungsi penting, bukan hanya pada manusia saja, lisosom juga memiliki fungsi bagi hewan dan tumbuhan. Nah, apa saja fungsi lisosom? Simak penjelasannya!

Fungsi Lisosom Pada Manusia

  1. Pada manusia lisosom memiliki fungsi di dalam mencerna cadangan makanan jika terjadi kekurangan makanan.
  2. Lisosom memiliki fungsi di dalam mencerna hasil fagositosis serta pinositosis.
  3. Fungsi lisosom adalah sebagai autolysis yakni lisosom dapat menghancurkan sebuah organel sel yang telah rusak di dalam keadaan fisiologis tertentu yang ada pada jaringan yang biasa disebut dengan Autofagi.
  4. Lisosom memiliki fungsi untuk menetralkan zat yang memiliki sifat karsinogen yakni zat yang menjadi penyebab penyakit kanker.
  5. Lisosom memiliki fungsi di dalam menghancurkan zat yang terdapat di luar sel dan juga dapat menghancurkan dinding sel telur sperma yang mengeluarkan enzim pada saat terjadinya proses fertilisasi sedang berlansung.
Baca Juga :  Fungsi Lidah – Bagian Bagian Beserta Gambarnya

Fungsi Lisosom Pada Tumbuhan Dan Hewan

  1. Pada tumbuhan lisosom memiliki fungsi untuk memproses pencernan makanan dan juga benda asing yang tak sengaja masuk ke dalam sel tubuh hewan. Misalnya seekor ular yang memangsa hewan yang ukuran tubuhnya lebih besar dari ular tersebut, karena lisosom pada tubuh ular maka ular bisa mencernanya hingga habis.
  2. Lisosom berperan pada saat terjadinya proses pengausan atau pengrusakan yang terjadi pada organel sel, seperti proses rusaknya kloroplas yang terjadi pada tumbuhan yang sudah tua.

Klasifikasi Lisosom

Lisosom sendiri bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis utama yakni :

  1. Lisosom primer adalah jenis lisosom yang masih belum digunakan di dalam proses pencernaan atau di dalam proses hidrolisis.
  2. Lisosom sekunder adalah jenis lisosom primer yang sudah dipergunakan di dalam proses pencernaan maupun proses hidrolisis yang sudah menyatu dengan membran fagosom.

Artikel :

  1. Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar
  2. Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Beserta pengertian,Dan Gambarnya
  3. Pengertian Sel – jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya