Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar

Posted on

Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar

Ekosistem.co.id – Lisosom bisa ditemukan di hampir semua sel yang ada kecuali di dalam sel darah merah pada manusia dan juga sel kulit yang telah mengalami pengerasan atau penebalan. Lisosom sendiri sering sekali disebut dengan sistem pencernaan pada sel karena lisosom baru terbentuk dari pertunasan badan golgi yang disebut dengan lisosom primer. Lalu apa ya, fungsi lisosol sebenarnya? Sebelum kita bahas fungsinya, mari kita ketahui pengertian dari lisosom yang sebenarnya.

Pengertian Lisosom

Lisosom merupakan sebuah organel kecil yang memiliki bentuk bulat dan terikat dengan membran yang mempunyai diameter sekitar 0,25 hingga 0,5 um dan mengandung zat hidrolase asam, enzim enzim yang menguraikan prostein, karbohidrat pada pH asam serta asam asam nukleat.

Fungsi Lisosom

Lisosom sendiri memiliki fungsi sebagai berikut ini :

  1. Autofagi

Merupakan suatu fungsi yang terdapat pada lisosom yang merupakan suatu mekanisme penurunan yang dilakukan pada lisosom terhadap sebuah organel sel yang telah tidak berfungsi lagi atau rusak tanpa terjadinya kehilangan bahan kimia yang merupakan bahan penyusun dari sel tersebut.

  1. Eksositosis

Eksositosis adalah mekanisme yang dimanfaatkan guna mentransport molekul molekul yang memiliki ukuran besar di dalam melewati membrane plasma dari dalam sel menuju ke luar sel. Dengan cara menggabungkan vesikula yang isnya berupa molekul molekul membran plasma.

Contohnya fungsi ini adalah ciri ciri sebagai makhluk hidup yang akan mengalami segala suatu proses pergantian tulang rawan yang terjadi pada perkembangan tulang keras.

  1. Autolisis
Baca Juga :  Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

Autolisi adalah suatu fungsi yang terdapat pada lisosom yang merupakan sebuah proses mekanisme penghancuran diri yang dilakukan oleh sel dengan cara membenaskan isi lisosom ke dalam sel.

Salah satu contoh dari fungsi autolisis ini bisa dilihat terjadi pada kasus ini terjadi pada daur hidup seekor katak yakni pada saat katak berudu menyerap kembali ekornya ke dalam tubuhnya ketika katak mulai menginjak usia dewasa.

Fungsi Lisosom Yang Terjadi Pada Tubuh Manusia

  1. Memiliki fungsi untuk mencerna cadangan makanan jika terjadi kekurangan makanan di dalam tubuh.
  2. Memiliki fungsi di dalam mencerna makanan dari hasil fotosintesis dan pinositosis.
  3. Berfungsi sebagai autolysis yakni lisosom memiliki fungsi untuk menghancurkan sebuah organel sel yang telah rusak dalam keadaan fisiologis tertentu yang terdapat pada jaringan tubuh yang disebut juga dengan autofagi.
  4. Memiliki fungsi di dalam menetralkan zat yang memiliki sifat karsinogen yakni zat yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.
  5. Lisosom memiliki fungsi di dalam menghancurkan zat yang terdapat di luar sel yang salah satunya berfungsi untuk menghancurkan dinding sel telur sperma yang mengeluarkan enzim di saat terjadinya fertilisasi.

Fungsi Lisosom Pada Tumbuhan dan Hewan

Fungsinya Pada Hewan : Lisosom memiliki fungsi di dalam memproses pencernaan makanan dan juga benda asing yang masuk ke dalam sel yang ada pada tubuh seekor hewan seperti seekor ular yang memangsa seekor hewan yang memiliki ukuran jauh lebih besar jika dibandingkan dengan tubuh ular itu sendiri dengan bantuan lisosom ular bisa mencerna mangsanya.

Fungsinya Pada Tumbuhan : Memiliki peran pada proses pengausan atau pengrusakan organel sel seperti proses rusaknya kloroplas yang terjadi pada tumbuhan yang sudah tua.

Baca Juga :  Akar - Pengertian, Ciri ciri, Jenis,Fungsi, Bagian, dan Sifatnya

Klasifikasi Lisosom

Lisosom sendiri diklasifikasikan menjadi 2 jenis yakni :

  1. Lisosom Primer : yang merupakan jenis dari lisosom yang masih belum digunakan di dalam proses pencernaan mau pun poroses hidrolis.
  2. Lisosom sekunder : yang merupakan jenis lisosom yang telah digunakan di dalam proses pencernaan atau hidrolis yang telah menyati di dalam membran fagosom. Pada lisosom sekunder ini sendiri memiliki 2 fungsi yakni memiliki keterkaitan untuk bekerja sama di dalam satu sel yakni pada sel heterolisosom yang terbentuk dari suatu fungsi lisosom primer, fargosom atau endosom dan autolisosom yakni terbentuk dari suatu fungsi lisosom primer dengan sitosegresom.

Demikian penjelasan mengenai fungsi lisosom yang disertai dengan pengertiannya dan klasifikasinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua ya.

Artikel Lainnya :