Fungsi Lemak – Kandungannya Untuk Manusia

Posted on

Fungsi Lemak

Ekosistem.co.id – Fungsi Lemak bagi tubuh sebenarnya sangatlah penting, meski selama ini manusia selalu berusaha untuk menghilangkan lemak di tubuhnya. Hal ini dilakukan demi mendapatkan penampilan yang menarik tanpa adanya lemak yang mengganggu.

Padahal tahu kah, sahabat biologi semuanya, bahwa lemak pun juga memiliki fungsi yang cukup penting. Berikut ini kami sudah menyediakan ulasan mengenai apa saja fungsi lemak dan penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian Lemak

Lemak adalah senyawa kimia yang tidak akan mampu larut dengan air, tersusun oleh beberapa unsur seperti Karbon ( C ), Hiderogen ( H ) serta Oksigen ( O ).

Karena tak bisa dilarutkan dengan air, maka untuk membuat lemak larut harus menggunakan pelarut khusus seperti ester, klorofol dan juga benzana.

Nah dikarenakan sifat lemat yang hidrofobik atau bisa larut dengan air, lemak juga terdiri dari satu gliserol dan tiga lemak asam.

Meskipun selama ini lemak dianggap momok bagi sebagian besar orang dan seringkali ingin dihilangkan.

Akan tetapi sebenarnya lemak juga memiliki fungsi untuk tubuh kita sendiri. Sehingga meski lemak ini seringkali mengganggu. Tapi ada baiknya jika lemak tak hilang seratus persen dari tubuh kita.

Kkarena tubuh juga tetap membutuhkan lemak untuk bisa bertahan. Lalu, kira-kira apa saja ya fungsi dari lemak tersebut.

 

Fungsi Lemak

Jika selama ini kita beranggapan jika lemak tidak memiliki fungsi sama sekali dan terkesan mengganggu bagi penampilan bahkan kesehatan. Namun sebenarnya lemak juga memiliki fungsi loh.

Berikut ini adalah beberapa fungsi lemak yang kurang diketahui banyak orang :

 

Fungsi Khusus Lemak

Secara khusus berikut ini adalah fungsi lemak bagi tubuh manusia :

1.) Fungsi lemak Perlindungan

Fungsi pertama dari lemak adalah sebagai pelindung bagi tubuh kita, lemak dapat membantu mengatu suhu tubuh. Seperti melindungi tubuh ketika musim panas dan musim dingin.

Baca Juga :  Etiologi – Pengertian, Macam dan Contoh

 

2.) Fungsi Tubuh

Lemak memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjalankan fungsi tubuh agar normal dan sehat.

 

3.) Penyerapan Vitamin

Lemak juga memiliki tugas untuk mengangkut vitami A, D,  hingga vitamin K yang mudah larut di dalam lemak. Sehingga tanpa adanya lemak di dalam tubuh maka manusia bisa kekurangan vitamin yang ada di dalam tubuhnya.

Sehingga mereka bisa mudah terserang penyakit.

 

4.) Sebagai Peredam Kejut Pribadi

Lemak memiliki mekanisme bantalan tubuh yang alami sehingga lemak akan mengelilingi dan melindungi organ vital di dalam tubuh. Lemak juga memiliki fungsi untuk menjaga sendi.

Hal ini membuat atlet profesional pun membutuhkan lemak agar mereka terhindar dari cedera.

 

5.) Struktur Sel, Kecantikan, dan Pertambahan Usia

Lemak merupakan bagian dari struktur sel yang sangat penting untuk memelihara kesehata kulit, kuku hingga rambut.

 

6.) Kesuburan

Lemak yang ada pada tubuh juga membantu memastikan produksi hormon, termasuk juga hormon seks yang sangat penting bagi kesuburan. Wanita yang mempunyai lemak rendah pada tubuhnya akan cenderung mempunyai kadar esterogen yang rendah.

Sehingga mengakibatkan siklus menstruasi terganggu.

 

7.) Energi dan Daya Tahan

Jika memiliki lemak tubuh di dalam kadar yang sehat maka akan mampu membuat tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit dan kelelahan kronis.

Selain itu lemak yang rendah pada tubuh bisa mengurangi dan menurunkan energi yang dihasilkan sehingga menjadi kurang bertenaga.

 

Fungsi Umum Lemak

Sedangkan secara umum lemak berfungsi sebagai berikut :

1.) Dalam bentuk sel lemak, lemak memiliki fungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh.

2.) Lemak memiliki fungsi yang cukup penting untuk melindungi organ tubuh ketika terjadi sebuah goncangan, dikarenakan sebuah mempunyai struktur yang hampir mirip dengan bantalan.

3.) Lemak bisa melindungi tubuh dari suhu yang lebih rendah, sehingga saat berada di udara dingin memungkinkan tubuh untuk beradaptasi. Lemak juga bisa melindungi tubuh dari perubahan suhu suatu lingkungan.

4.) Lemak merupakan salah satu bahan dasar yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi vitamin, membrane sel dan membrane organel sel.

5.) Lemak menjadi pelarut untuk vitamin A,D, E dan juga K.

6.) Lemak menjadi bahan utama penyusun empedu dan juga asam kholat.

7.) Lemak mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan, lemak juga bisa memperlambat sistempencernaan pada saat proses pencernaan itu sendiri sedang berlangsung, sehingga membuat rasa lapar tak terlalu cepat muncul.

 

Jenis-jenis Lemak

Dari penjelasan di atas terbukti sudah ya, jika lemak ternyata memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh kita.

Baca Juga :  Fungsi Paru-Paru Pengertian, Struktur Dan Bagiannya

Selain tentunya fungsi di dalam kimia, lemak juga dapat dibagi dan didasarkan dengan jenis ikatan struktur serta macam-macam jenisnya.

 

Jenis Lemak Berdasarkan Ikatannya

Jika didasarkan oleh jenis ikatannya, asam lemak akan dibagi menjadi 2 bagian yakni asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

1.) Asam Lemak Jenuh

Asam lemak jenuh adalah struktur lemak yang memiliki hidrokarbon ikatan tunggal yang keberadaannya cukup berbahaya bagi tubuh kita.

Mengapa demikian? Karena lemak jenis ini bisa melekat sekaligus menggumpal, dan hal tersebut dapat mengganggu sistem peredaran darah di dalam tubuh.

Asam lemak jenuh ini banyak ditemukan pada lemak hewani.

 

2.) Asam Lemak tak Jenuh

Asam lemak tak jenuh adalah lemak yang memiliki hidrokarbon dengan satu atau bisa juga lebih ikatan rangkap atau ganda.

Serta asam lemak yang satu ini dianggap lebih menguntungkan jika dibanding dengan asam lemak tak jenuh untuk tubuh.

Hal ini juga tak terlepas dari sumber asam lemak tak jenuh ini yang bisa didapatkan dari lemak nabati.

 

Jenis Lemak Berdasarkan Struktur Kimia

Sedangkan jika berdasarkan struktur kimianya lemak juga dibagi menjadi 3 bagian, berikut ini penjelasan lengkapnya :

1.) Lemak Sederhana

Lemak sederhana adalah lemak yang tersusun oleh trigliserida yakni tiga asam lemak dan satu gliserol. Contohnya lemak ini adalah lilin dan minyak.

 

2.) Lemak Campuran

Lemak campuran adalah lemak yang terdiri dari asam lemak dan gugus tambahan lain selain lemak itu sendiri.

Contohnya bisa ditemukan pada lipoprotein (mengandung protein) dan juga fosfolifis (mengandung fosflat).

 

3.) Lemak Devrivat

Lemak Devrivat adalah senyawa yang tak bisa dihasilkan dari proses hidrolisis lipid. Contohnya terdapat pada kolesterol dan asam lemak.

Baca Juga :  Jaringan Penyokong

 

Asal Lemak

Asal muasal lemak sendiri bisa dilihat dari jenis lemak tersebut. Ada dua jenis lemak alami yakni lemak hewani dan lemak nabati.

Untuk lemak hewani sendiri tentu saja lemak ini dihasilkan dari hewan-hewan yang dikonsumsi, seperti susu, telur, ikan laut, daging serta minyak ikan.

Sementara lemak nabati tentu saja dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan seperti jagung, kedelai, kacang tanah, kacang polong, kelapa sawit, biji bunga matahari, dan juga jenis kacang-kacangan lainnya yang merupakan sumber dari lemak nabati.

 

Meski fungsi lemak sangat penting tapi bukan berarti memiliki banyak lemak di dalam tubuh itu baik bagi kesehatan ya. Karena lemak yang berlebihan akan membuat kita obesitas dan membuat kesehatan menjadi terganggu. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, sampai jumpa dan selamat belajar.

 

Artikel Lainnya :

  1. Limpa Adalah – Pengertian, Fungsi Beserta Penyakit Limpa
  2. Cabang-cabang Biologi – Penjelasan, Pengertiannya
  3. Jenis Binatang Berbisa – Gambar Beserta Penjelasannya