Fungsi Kloroplasma – Dilengkapi Struktur dan Gambar

Posted on

Fungsi Kloroplasma – Dilengkapi Struktur dan Gambar

Ekosistem.co.id – Kloroplasma terdapat di hampir seluruh tumbuhan meski tidak pada semua sel yang ada, tumbuhan yang mengandung kloroplasma sendiri pastinya memiliki satu hingga banyak plastisida. Kloroplasma memiliki banyak sekali fungsi bagi tumbuhan. Apa saja fungsi kloroplasma? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kloroplasma terdapat pada tumbuhan tingkat tinggi yang bentuknya mirip seperti cakram kira kira dengan ukuran sekitar 2 x 5 mm tapi ada juga yang lebih besar. Kloroplasma sendiri tersusun atas lapisan tunggal sitoplasma namun dengan dengan bentuk dan posisi yang berubah – ubah sesuai dengan intensitas cahaya. Berikut ini adalah fungsi dari kloroplasma.

Fungsi Kloroplasma

Kloroplasma memiliki fungsi dan peran penting terhadap kelangsungan hidup tumbuhan, dan berikut ini adalah fungsi kloroplasma bagi tumbuhan :

  1. Sebagai Tempat Fotosintesis

Fungsi yang pertama dan yang paling utama adalah kloroplasma menjadi tempat untuk melakukan proses fotosintesi yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan makanan.

  1. Sebagai Organel Penghasil Energi

Selain memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis serta otomatis membuat organel ini memiliki fungsi untuk menghasilkan energi bagi tumbuhan itu sendiri dengan cara mengkonversi sinar matahari, air dan juga karbondioksida menjadi makanan dan juga energi bagi tumbuhan tersebut.

Fungsi Utama Kloroplas

Fungsi utama dari kloroplasma tentu saja berguna sebagai tempat fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan, semua tumbuhan yang memiliki warna hijau termasuk batang dan buah yang belum matang di dalamnya terkandung kloroplasma akan tetapi daun menjadi tempat utama bagi berlangsungnya proses fotosintesis yang terjadi pada sebagian besar tumbuhan.

Baca Juga :  Fungsi Sentriol – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Ada sekitar setengah juta kloroplas pada tiap mili meter persegi permukaan daun dan warna daun berasal dari klorofil dan pigmen warna hijau yang terdapat di dalam kloroplasma.

Energi cahaya yang diserap oleh klorofil ini yang nantinya akan mengerakkan sintesis molekul makanan di dalam kloroplasma yang ditemukan di dalam sel mesofil yakni jaringan yang terletak di dalam bagian dalam daun. Karbondioksida akan masuk ke daun dan oksigen akan keluar melalui pori pori mikroskopik yang biasa disebut dengan stomata.

Air yang diserap oleh akar akan dialirkan ke daun melalui berkas pembuluh yang digunakan juga oleh daun untuk mengirimkan gula ke akar dan juga bagian bagian dari tumbuhan yang tidak berfotosintesis.

Struktur Kloroplas

Di dalam bagian kloroplas terdapat beberapa struktur yang di tiap strukturnya ini memiliki fungsi masing masing. Berikut ini penjelasan lengkapnya :

  1. Membran Luar

Membran luar ini adalah membran yang sangat permeabel dan memiliki fungsi untuk mengatur keluar masuknya zat, baik zat cair mau pun zat yang berbentuk padat.

  1. Ruang Antar Membran

Ruang antar membran adalah bagian dari kloroplas yang menjadi pembatas mau pun penghalang antar membran di dalam dan juga membran bagian luar dan memiliki fungsi untuk memisahkan membran luar dan juga membran dalam dan memiliki tebal kira – kira 10 cm.

  1. Membran Dalam

Bagian ini memiliki fungsi sebagai pembatas atau penghalang antara strima dan sitosol.

  1. Stroma

Stroma adalah bagian membrane dalam yang membungkus cairan kloroplas dan memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis yang berupa amilum.

  1. Tilakoid

Tilakoid dalah salah satu bagian membran di dalam kloroplasma dan memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya reaksi terang dan juga memiliki peran di dalam menangkap cahaya matahari yang digunakan untuk proses fotosintesis.

  1. Granum
Baca Juga :  Fungsi Stomata - Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar

Bagian ini berupa kumpulan tilakoid yang bertumpuk tumpuk, bentuknya seperti uang logam dan memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

  1. DNA Plastisa

Merupakan bagian dari kloroplasma yang merupakan gen pembawa sifat pada plastisida dan memiliki fungsi untuk mereplikasi kloroplasma dan melakukan pembelahan sel pada kloroplasma.

  1. Ribosom

Merupakan salah satu bagian dari membrane di dalam kloroplasma yang memiliki fungsi sebagai sintesis protein.

  1. Plastoglobula

Merupakan senyawa kimiawi yang terkandung di dalam kloroplas tumbuhan, senyawa ini tersusun atas lipid yang memiliki bentuk globul.

  1. Amilum Atau Pati

Merupakan produk dari hasil fotosintesis tumbuhan yang hasilnya disimpan dalam bentuk amilum atau pati.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai fungsi kloroplasma beserta dengan strukturnya.

Artikel Lainnya :

  1. Retikulum Endoplasma – Fungsi dan Gambarnya
  2. Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar
  3. Fungsi Badan Golgi – Penjelasan Beserta Gambar
  4. Ribosom – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya
  5. Fungsi Retikulum Endoplasma Halus – Lengkap Dengan Gambar