Fungsi Kloroplas

Posted on

Fungsi Kloroplas

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai fungsi kloroplas pada tumbuhan, namun akan kurang lengkap rasanya jika tidak disertai dengan informasi lainnya terkait dengan kloroplas. Maka dari itu berikut akan kira bahas fungsi kloroplas dan hal-hal lain terkait kloroplas.

Kloroplas

Sebelum masuk pada pembahasan fungsi kloroplas, ada baiknya kita mempelajari pengertiannya terlebih dahulu. Apa itu kloroplas? Kloroplas adalah suatu organel sel berbentuk lensa, butir maupun pipih dengan membran dan hanya dapat ditemukan pada tumbuhan dimana kloroplas itu sendiri merupakan sebuah plastida berwarna hijau yang dipakai sebagai tempat fotosintesis.

Warna hijau dari plastida tersebut disebabkan oleh klorofil yang terkandung didalam nya dan kloroplas ini hanya bisa dilihat melalui mikroskop dengan cahaya perbesaran paling kuat.

Kloroplas sendiri dikelilingi oleh membran luar dan juga membran antar ruang. Serta membrane dalam yang mana membran di dalam akan menutupi area yang berisikan cairan stroma yang mempunyai kandungan enzim yang membantu reaksi cahaya pada fotosintesis.

Secara umum kloroplas dibagi ke dalam 2 bagian yaitu di bagian amplop serta di bagian dalam. Di bagian amplop kloroplas ini sendiri terdiri oleh membrane luar yang mempunyai sifat yang sangat permeabel.

Membran di dalam yang juga sudah memiliki sifat permeabel dan juga adalah tempat melekatnya protein transport sementara di bagian dalam terdiri dari DNA, RNAs, stroma, ribosom dan juga granum.

Sistem Kloroplas

Koropas memiliki 3 jenis membran yakni membran dalam, membran antar ruang dan membran luar, berikut akan kita bahas mengenai masing-masing membran.

  1. Membran Dalam

Merupakan membran yang bersifat permeabel dimana membran itu sendiri memiliki fungsi meneduhkan protein transpor yang melekat pada ruang antar membran yang posisinya terletak diantara membran luar dan membran dalam.

  1. Membran Antar Ruang

Merupakan membran yang berfungsi sebagai wadah pemisah antara membran luar dan membran dalam.

  1. Membran Luar

Merupakan membran permeabel semi berpori yang membantu mempermudah perpindahan molekul-molekul dan ion nya. Membran luar ini tidak permeabel pada kondisi protein yang lebih besar.

Baca Juga :  Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

Adapun membran ini menimbulkan reaksi gelap dimana stoma akan tertanam dan jumlahnya akan sebanding dengan jumlah grana yang mana masing-masingnya akan diisi tumpukan tilakoid yang bergelembung dengan membran pipih dan diskoid. Tilakoid mempunyai fungsi untuk penyimpanan pigmen – pigmen yang terdapat dip roses fotosintesis dan juga sistem transport elektron yang terlibat pada proses fotosintesis.

Struktur Kloroplas

Setelah membahas membran-membran kloroplas, selanjutnya kita akan membahas mengenai struktur kloroplas yang terdiri dari komponen-komponen utama penyusun nya seperti membran terluar, ruang antar membran, membran dalam, stroma, tilakoid, granum, DNA plastida, ribosom,  plastoglobula dan pati. Berikut adalah penjabaran nya:

  1. Membran terluar, yakni membran permeabel yang bisa dilalui oleh zat padat maupun zat cair.
  2. Ruang antar membran, yakni pembatas atau penghalang antara membran luar dan membran dalam.
  3. Membran dalam, yakni membran pembatas antara stroma serta sitosol
  4. Stroma, yakni bagian dari membran dalam yang berfungsi membungkus cairan kloroplas.
  5. Tilakoid, yakni bagian membran dalam yang berfungsi menangkap cahaya matahari.
  6. Granum, yakni sistem membran yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi terang saat proses fotosintesis.
  7. DNA plastida, yakni bagian dari kloroplas yang berupa gen pembawa sifat di dalam plastida.
  8. Ribosom, yakni bagian membran dalam kloroplas yang berfungsi sebagai sintesis protein.
  9. Plastoglobula, yakni senyawa lipid bebentuk globul yang terkandung dalam kloroplas.
  10. Pati sediri merupakan hasil produk dari sebuah proses fotosintesis.

 

Fungsi Kloroplas

Setelah membahas hal-hal mengenai kloroplas, mari kita lanjutkan pembahasan pada pembahasan akhir kita mengenai fungsi kloroplas. Berikut ini akan di paparkan 2 fungsi utama nya:

  1. Sebagai Tempat Fotosintesis

Fungsi kloroplas yang pertama adalah digunakan sebagai tempat untuk melakukan proses fotosintesis. Proses ini sendiri dilakukan oleh tumbuhan untuk dapat melakukan produksi makanan untuk tumbuhan itu sendiri.

  1. Sebagai Organel Penghasiol Energi

Dari sini dapat disimpulkan jika organel memiliki fungsi sebagai penghasil energi untuk tumbuhan yang terus berkembang lewat konversi sinar matahari, karbon dioksida dan juga air yang akan digunakan untuk menjadi makanan dan juga energi.

Baca Juga :  Bunga - Fungsi Tangkai Bunga, dan Fungsi Benang Sari, dan 10 Fungsi lainnya Dilengkapi Gambar

 

Demikian pembahasan mengenai fungsi kloroplas kali ini, menarik bukan? mudah-mudahan pembahasan mengenai kloroplas diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar
  2. Kingdom Protista – Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Lengkap dengan Contoh
  3. Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar
  4. Klasifikasi Tumbuhan – Penjelasan Terlengkap
  5. Klasifikasi Mahluk Hidup – Penjelasan Terlengkapnya