Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Posted on

Karbohidrat

Ekosistem.co.id –Karbohidrat merupakan nutrisi yang bisa diambil untuk dijadikan sebagai energi bagi tubuh manusia, jika tidak ada karbohidrat manusia tidak akan bisa memiliki energi yang cukup untuk melakukan segala macam kegiatan dan aktivitas sehari – hari. Di dalam hal ini karbohidrat juga memiliki peran yang sangat aktif di dalam kelangsungan hidup seorang manusia.

Karbohirat sendiri memili fungsi yang sangat banyak bagi tubuh manusia dan sebagian besar fungsinya adalah memberikan nutrisi dan energi bagi tubuh. Namun karbohidrat juga memiliki hubungan yang erat dengan berat badan, karena biasanya seseorang yamg sedang diet akan menghindari berbagai macam makanan yang mengandung karbohidrat dikarenakan dapat menimbulkan lemak yang berlebihan.

 

Fungsi Karbohidrat

 

Meski begitu ada banyak sekali fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia, berikut ini adalah fungsinya :

1.) Sumber Energi

Fungsi karbohidrat yang pertama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh manusia karena sumber energi bisa dicukupi dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat karena karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang nantinya akan diserap pada aliran darah.

2.) Mempertahankan Massa Otot Tubuh

Fungsi yang kedua dari karbohidrat adalah untuk mempertahankan massa otot di dalam tubuh bagi manusia pada saat ada cadangan makanan atau pun lemak energi, maka tubuh akan menggunakan lemak otot untuk melakukan aktfitasnya, jika manusia terus menerus menggunakan massa otot tubuhnya untuk beraktifitas maka tubuh manusia akan merasa lemas dan tidak memiliki tenaga lagi.

Baca Juga :  Perbedaan Dikotil dan Monokotil

3.) Menghindarkan Tubuh dari Resiko Penyakit

Fungsi dari karbohidrat yang tak kalah penting adalah untuk menghindari tubuh dari resiko penyakit, di dalam hal ini karbohidrat sering sekali dikaitkan dengan penyakit seperti serangan jantung dan juga diabetes. Banyak orang yang salah beranggapan jika kelebihan karbohidrat yang menyebabkan berbagai macam penyakit, padahal jika kita mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari tanaman hijau, sayur, dan buah buahan akan menjauhkan penyakit berbahaya dari tubuh.

4.) Karbohidrat Penting untuk Fungsi Otak

Karbohidrat juga memiliki fungsi yang penting bagi otak karena berpikir membutuhkan energi yang sangat banyak sehingga otak membutuhkan karbohidrat yang cukup agar dapat mengaktifkan sel sel untuk bisa berpikir dengan lebih baik.

5.) Kesehatan Pencernaan

Karbohidrat memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan pencernaan karena karbohidrat nutirisi yang bisa menciptakan energi di dalam tubuh. Pada saat perut dalam keadaan  bermasalah, artinya ada yang salah dengan asupan makanan sehingga sebisa mungkin anda harus menjaga asupan makanan yang seimbang dengan karbohidrat yang cukup.

6.) Mengoptimalkan Fungsi Protein

Di dalam hal ini karbohidrat juga memiliki kaitan dengan protein sehingga karbohidrat bisa mengoptimalkan fungsi protein yang ada di dalam tubuh manusia. Manusia sendiri harus mengoptimalkan asupan karbohidrat agar fungsi proteinnya bisa diserap dengan baik di dalam tubuh. Sebab baik protein mau pun karbohidrat memiliki fungsi yang penting bagi tubuh.

7.) Mengendalikan Berat Badan

Karena karbohidrat bisa mengendalikan berat badan mansuia sehingga dengan menjaga asupan karbohidrat dengan benar akan bisa menjaga berat badan tubuh anda.

8.) Mencegah Berbagai Serangan Penyakit

Serat yang ada di dalam karbohidrat dapat mencegah berbagai macam penyakit dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi tak semua karbohidrat baik hanya karbohidrat yang berasal dari sayuran dan buah – buahan yang merupakan nutrisi yang baik bagi tubuh agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Baca Juga :  Penggolongan Tanaman Contoh Beserta Penjelasannya

9.) Memelihara Kesehatan Jantung

Fungsi dari karbohidrat yang berikutnya adalah untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung, karena kandungan serat yang ada di dalam sayur dan buah buahan membuat jantung menjadi sehat dan kuat.

10.) Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Karbohidrat juga memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi lain di dalam tubuh manusia sehingga nutrisi yang baik karbohidrat merupakan laktosa yang sangat penting bagi tubuh manusia dan juga untuk menjaga asupan karbohidrat karena dapat menjaga nutrisi daya tahan tubuh dan keseimbangan tubuh.

 

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh dan berikut ini adalah contoh karbohidrat yang baik bagi tubuh :

1.) Nasi

Sumber karbohidrat utama bagi manusia adalah Nasi, nasi sendiri menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia yang tidak akan dianggap makan jika tidak makan nasi.

2.) Roti

Selain nasi ada beberapa karbohidrat pengganti yang bisa dikonsumsi, salah satunya seperti roti. Berbeda dengan masyarakat Indonesia, beberapa masyarakat di Negara barat seperti Eropa. Lebih memilih roti sebagai sumber karbohidrat mereka.

3.) Gandum

Selain roti ada juga gandung yang sebenarnya juga bisa diolah sebagai roti dan bahan makanan lain sebagai karbohidrat utama.

4.) Kentang

Memiliki rasa yang nikmat baik sebagai bahan pendamping mau pun karbohidrat utama. Kentang juga menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang.

5.) Jagung

Bagi sahabat biologi yang tidak terlalu suka kentang, maka sahabat bisa menggantinya dengan jagung. Karena jagung juga merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh.

6.) Kedelai

Kedelai dan kacang-kacangan menjadi salah satu pilihan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

7.) Beras Merah

Hampir sama dengan nasi, beras merah juga bisa dimasak dengan nasi sebagai karbohidrat utama. Tapi beras meras dianggap lebih sehat dari pada beras biasa loh.

Baca Juga :  Poaceae – Penjelasan Beserta ContohnyaPoaceae

Selain yang sudah disebutkan di atas, sumber karbohidrat lainnya bisa didapatkan dari beberapa bahan seperti di bawah ini :

8.) Almon

9.) Asparagus

10.) Alpukat

11.) Brokoli

12.) Pisang

13.) Tomat

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Berikutnya :

  1. Jaringan Kolenkim
  2. Fungi – Pengertian, Struktur Dan K…
  3. Fungsi Batang Pada Tumbuhan