Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Posted on

Fungsi Daun Pada Tumbuhan

Ekosistem.co.id – Fungsi daun pada tumbuhan juga sangat penting dan juga wajib untuk sahabat biologi pelajari. Setelah kita belajar bersama mengenai fungsi buah pada tumbuhan dan fungsi bunga pada tumbuhan.

Sekarang sahabat biologi juga wajib mengetahui apa saja fungsi yang dimiliki oleh daun terhadap tumbuhan.

Karena tanpa sahabat sadari, jika daun sendiri merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah tumbuhan. Selain bunga dan buah tentu saja. Nah, untuk itu kali ini Guru juga tidak akan luput untuk membahasnya bagi sahabat biologi semua.

Tapi sebelum mengetahui apa saja fungsi yang dimiliki oleh daun terutama bagi tumbuhan, mari sahabat simak terlebih dahulu apa itu daun lewat ulasan pengertian berikut.

 

Pengertian Daun

Salah satu ciri utama daun adalah warna nya yang hijau, meski tidak semua daun berwarna hijau. Tapi memang sebagian besar daun berwarna hijau karena kandungan klorofil di dalamnya.

Semakin banyak kandungan klorofil di dalamnya maka semakin hijau warnanya, oleh sebab itu ada daun berwarna hijau tua dan daun berwarna hijau muda. Namun seiring tibanya musim gugur, maka daun pun akan berubah warna menjadi kekuningan dan mengering sebelum gugur ke tanah.

Bentuk dari daun pun bermacam-macam sesuai dengan jenis dari tumbuhannya itu sendiri. Ada yang berbentuk lebar, bulat, berbentuk lancip hingga serpihan hati. Bentuk dari daun tergantung dengan jenis klasifikasi pada tumbuhan itu sendiri yakni tumbuhan dikotil dan monokoti.

Baca Juga :  Kelenjar Timus – Pengertian Dan Letaknya

 

Perbedaan Struktur Daun

Jika dilihat dari struktur anatominya, daun dikotil dan monokotil memiliki perbedaan yang dapat dilihat secara jelas. Berikut perbedaannya :

 

Dikotil Monokotil
Stomata terdapat pada bagian atas dan bawah permukaan Stomata terletak sejajar pada bagian urat Daun
Mesofil terletak pada bagian lapisan atas dan bawah Jaringan Epidermis Mesofil terletak pada bagian lengkungan urat Daun
Jaringan Kutikula melapisi permukaan atas dan bawah Daun  Tidak memiliki Jaringan Kutikula
Memiliki Rambut dan Kelenjar Tidak memiliki Rambut dan Kelenjar
Urat Daun terletak pada bagian helai Daun Urat Daun terletak pada bagian helai Daun
Jaringan Epidermis yang dimiliki hanya Satu Jaringan Epidermis yang dimiliki Dua

 

 

Struktur Yang Terdapat Pada Daun

Pada tabel di atas telah dijelaskan jika daun terdiri atas beberapa struktur daun yang memiliki fungsi bagi tumbuhan. Berikut ini adalah struktur dan penjelasannya :

1.) Jaringan Epidermis dan Kultikula

Jaringan ini memiliki fungsi untuk melapisi serta melindungi seluruh bagian permukaan yang ada pada daun, mengatur pertukaran antara gas, mengurangi pengeluaran air yang terjadi, mengeluarkan metabolic dan menyerap air serta mineral untuk perkembangan yang ada pada daun.

2.) Stomata

Bagian ini memiliki peran sebagai alat pernapasan bagi daun dengan mengambil karbondioksida yang dijadikan sebagai proses fotosintesis yang akhirnya dari proses ini menghasilkan oksigen.

3.) Jaringan Mesofil

Jaringan ini dibagi menjadi 2 bagian yakni jaringan palisade dan jaringan spons

– Jaringan Palisade adalah jaringan yang berada di dalam permukaan daun dan mempunyai banyak kloroplas yang memiliki fungsi untuk memproses pembuatan makanan.

– Jaringan Spons  adalah jaringan beringga yang terletak di dalam permukaan daun dan memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.

Baca Juga :  Bentuk Muka Bumi - Penjelasan Terlengkapnya

4.) Pembuluh Berkas Angkut

Pembuluh berkas angkut ini dibagi menjadi 2 bagian yakni :

– Berkas Angkut Xilem  merupakan suatu komponen yang terletak di jaringan daun dan memiliki fungsi untuk mengangkut air dan mineral menuju ke seluruh bagian di dalam daun.

– Berkas Angkut Floem merupakan suatu komponen yang teletak di jaringan daun yang memiliki fungsi untuk menyebarkan hasil dari proses fotosintesis ke seluruh bagian daun.

5.) Urat Daun

Urat daun ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk pembentukan berkas pengangkutan yang ada pada permukaan daun.

 

Jenis – Jenis Bentuk Daun

Daun sendiri memiliki banyak sekali bentuk, dan bentuk yang dimiliki oleh daun secara langsung dipengaruhi oleh jenis dari tumbuhan itu sendiri. Sehingga tak heran jika setiap jenis tumbuhan memiliki bentuk daun yang berbeda-beda ya.

Pada setiap Klasifikasi Tumbuhan memiliki macam-macam bentuk Daunnya, sebagai berikut :

1.) Daun Menjari (Palminervis)

Daun ini memiliki bentuk menjari mirip seperti jari jari tangan manusia dengan satu tulang daun yang cukup besar, jenis daun ini bisa anda lihat pada tumbuhan singkong, pepaya dan pohon jarak.

2.) Daun Menyirip (Penninervis)

Daun ini memiliki bentuk menyirip yang mirip dengan sirip ikan dengan tulang daun yang tersusun dengan rapih mulai dari tangkai hingga ujung daun. Jenis daun ini bisa anda temukan pada tumbuhan pohon mangga, rambutan, jambu dan pohon beringin.

3.) Daun Sejajar (Restinervis)

Jenis bentuk daun ini memiliki bentuk yang sejajar seperti garis – garis yang tersusun secara sejajar dengan tulang daun yang besar dan membujur ke arah tengah, jenis daun ini bisa anda temukan pada tumbuhan jagung, rumput, tebu, padi dan juga pohon kelapa.

Baca Juga :  Gambar Daur Litik - Lengkap dengan Proses Reproduksi, Perbedaan dengan Lisogenik

4.) Daun Melengkung (Cervinervis)

Bentuk daun jenis ini memiliki bentuk melengkung seperti garis garis yang tersusun secara melengkung dengan tulang daun yang besar membujur ke arah tengah dan sedikit melengkung, jenis daun ini bisa anda temukan pada tumbuhan waru, gadung, genjer dan daun sirih.

 

Demikian penjelasan mengenai fungsi daun pada tumbuhan, yang ternyata fungsinya tidak kalah sama pentingnya dengan bunga mau pun buah ya. Semoga pembahasan kali ini tak kalah bermanfaatnya dengan pembahasan kita sebelumnya, sampai jumpa lagi dengan Guru.

 

Artikel Lainnya :