Fungsi Bronkus

Posted on

Fungsi Bronkus

Fungsi bronkus pada tubuh kita memang sangat penting karena memiliki peran yang sangat krusial terhadap tubuh manusia. Mungkin di antara sahabat pembaca ada yang sudah mengerti mengenai apa itu bronkus, namun saya yakin di antara sahabat pembaca masih ada yang belum terlalu mamahami atau bahkan belum mengerti sama sekali mengenai apa yang di maksud dengan bronkus.

Sebelum kita membahas fungsi bronkus terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu bronkus? Yuk simak di bawah penjelasannya.

 

Pengertian bronkus

Bronkus adalah cabang batang tenggorokkan yang letak nya sebelum paru paru dan setelah trakea.  Selanjutnya bronkus akan masuk pada paru – paru. Bronkus ini pun akan menjadi bercabang. Dan akan disebut dengan bronkiolus.

Fungsi bronkus secara umum adalah untuk membawa udara masuk ke dalam paru paru. Bronkus sebelah kiri akan bercabang menjadi dua bronkus lobari sedangkan bronkus sebelah kanan akan bercabang menjadi tiga bronkus lobari.

 

Struktur dan bagian bagian Bronkus

Di setiap lobus paru terdapat beberapa divisi bronkus yaitu:

  • Bronkus lobari ini merupakan cabang bronkus utama, dua di paru paru kiri dan tiga di paru paru kanan.
  • Bronkus segmental, bronkus ini merupakan cabang dari bronkus lobaris. Delapan di paru paru kiri dan sepuluh di paru paru kanan.
  • Bronkus subsegmental adalah cabang dari bronkus segmental. Bronkus ini di kelilingi oleh pembuluh darah,pembuluh limfatik,pembuluh saraf dan jaringan ikat.
  • Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus subsegmental, bronkiolus tidak memiliki tulang rawan (kartilago) pada dindingnya.
Baca Juga :  Alat Peredaran Darah Pada Cacing Tanah – Pembahasan Terlengkap dan Gambarnya

 

Dinding – Dinding Bronkus

1.) Lapisan Epitel

Lapisan epitel merupakan sebuah jaringan penyusun bronkus. Cairan kental akan dihasilkan oleh epitel silindris yang bentuknya mirip seperti lendir dan diberi nama mukus. Lendir ini akan berfungsi untuk memberikan perlindungan pada saluran pernapasan dari benda – benda asing yang tidak sengaja ikut masuk saat proses pernapasan dilakukan.

2.) Jaringan Ikat atau Lasmina Prpropia

Sebagai pondasi atau tempat menempelnya sel sel epitel jaringan yang mengandung pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfa.

3.) Lapisan Tulang Rawan

Bagian ini merupakan lapisan dengan bentuk menyerupai jala yang tak beraturan dan membungkus tulang rawan.

 

Fungsi Bronkus

1.) Menghubungkan trakea dan paru paru

2.) Sebagai konduktor udara antara lingkungan luar dengan alveoli

3.) Melembabkan udara pernapasan

Mukus yang di hasil kan oleh lapisan epitel bronkus yang mempunyai bulu halus atau sila akan membuang beda asing atau koran yang akan masuk ke dalam saluran  tersaring dan menepi sehingga kotoran koran tersebut tidak akan masuk ke dalam paru paru.

4.) Menyaring udara pernapasan

Mengeliminasikan komponen komponen berbahaya di jaringan epitel terdapat mukus yang di hasil kan oleh sel goblet berfungsi menghangatkan dan melembabkan udara pernapasan.

 

Penyakit yang dapat mengganggu fungsi bronkus

 

1.) Bronkitis

Penyakit ini biasanya terjadi akibat bronkus membengkak dan mengalami batuk berdahak yang akan mengganggu aktivitas. Biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau beberapa minggu.

2.) Bronkiektasis

Penyakit ini terjadi akibat dinding bronkus terluka dan membesar sehingga siapapun yang mengalami nya akan mengalami sesak napas secara tiba tiba, keringat dingin, merasa lelah serta demam.

Baca Juga :  Perbedaan Mitosis Dan Meiosis Terlengkap

3.) Bronkospasme

Terjadi akibat ketika bronkus mengecil saat kita beraktivita, olahraga berlebihan memicu reaksi asma atau kesulitan bernapas.

4.) Bronkiolitis

Penyakit ini sering  terjadi pada anak anak akibat pembengkakan saluran udara kecil pada bronkiolus yang mengalami batuk, sesak napas beberapa hari, flu biasa.

5.) Bronkopulmonari displasia

Gangguan bronkus kronis sering terjadi pada bayi yang terlahit permatur,bayi yang terkena penyakit ini memiliki berat kurang dari satu kg,lahir sepuluh minggu lebih awal dengan kondisi paru paru belum matang dan harus mendaptkan oksigen lewat selang dan masker oksigen.

 

Untuk melindungi fungsi bronkus dari penyakit penyakit, kita harus menerapkan pola hidup secara sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi serta hindari rokok dan asap nya,berolahraga secara rutin, istirahat secukupnya.

 

Nah para sahabat pembaca itu lah seputar pembahasan kita tentang mengenali apa itu bronkus, struktur dan bagian bagian dari bronkus, dinding dinding yang terdapat pada bronkus, berserta fungsi dari bronkus dan penyakit yang mengganggu fungsi bronkus. Semoga bisa di jadikan refrensi pembelajaran semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjut nya ya terima kasih.

 

Artikel Lainnya :