Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Posted on

Ekosistem.co.id – Fungsi batang pada tumbuhan juga salah satu hal yang wajib untuk dipelajari terutama dalam ilmu biologi. Tumbuhan sendiri memiliki beberapa organ penting yang berfungsi sebagai penunjang kehidupannya.

Misalnya seperti fungsi buah pada tumbuhan, fungsi bunga pada tumbuhan hingga fungsi daun pada tumbuhan.

Batang pun juga memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya bagi tumbuhan. Bahkan batang menjadi penunjang utama bagi sebuah tumbuhan, bayangkan jika tumbuhan tidak memiliki batang.

Tidak terbayangkan kan? Jadi lebih baik tidak usah dibayangkan, langsung saja simak pengertiannya di bawah ini :

 

Pengertian Batang

Batang adalah bagian organ tubuh yang menjadi tempat menyanggah bedirinya di setiap jenis tumbuhan dan tanaman untuk kelangsungan hidup tumbuhan tersebut. Karena tanpa adanya batang makan tanaman atau tumbuhan tak akan bisa bertumbuh atau akan mati.

 

Struktur Bagian Batang

 

 

Terdapat beberapa struktur yang ada di dalam batang tumbuhan dan terdapat dua macam bentuk batang yakni, batang dikotil dan batang monokotil.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur struktur yang terdapat pada batang tumbuhan dikotil dan mokotil :

1.) Struktur Batang Pada Tumbuhan Dikotil

Di dalam batang dikotil terdapat beberapa struktur dan berikut ini adalah struktur beserta penjelasannya :

a.) Jaringan Epidermis

Jaringan ini adalah struktu yang terletak pada batang tumbuhan dikotil yang tersusun dari sel sel pipih yang tersusun dengan rapat dan memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan pada jaringan – jaringan yang terdapat pada bagian batang.

Baca Juga :  Patofisiologi Adalah - Pengertian, Definisi, Perbedaan Dengan Pathogenesis

b.) Jaringan Lentisel

Merupakan suatu jaringan yang berupa lubang – lubang kecil yang terdapat di bagian celah antara sel sel yang ada pada kulit batang suatu tumbuhan dan memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan proses pertukaran gas dan juga proses penguapan.

c.) Jaringan Korteks

Adalah suatu jaringan yang tersusun dari sel sel parenkim yang memiliki fungsi sebagai dasar pada batang suatu tumbuhan dan jaringan korteks ini juga terbentuk menjadi dua macam bagian yakni korteks bagian di dalam dan korteks di bagian luar.

– Korteks Bagian Dalam : di bagian jaringan korteks bagian dalam ini terbentuk dari sel – sel parenkim yang mempunyai sebuah biji tertutup dengan lapisan sel yang akan mengalami pati.

– Korteks Bagian Luar : di bagian jaringan batang ini terdiri dari beberapa sel kolenkim yang berkoloni atau bercampur menjadi satu bagian dengan sel sel parenkim yang nantinya akan mengalami pembentukan lingkaran tertutup.

d.) Jaringan Stele

Jaringan ini adalah jaringan yang memiliki fungsi sebagai silinder pusat yang terdapat di bagian dalam sebelah endodermis, jaringan stele ini tersusun dari lapisan atas bagian luar di dalam batang atau yang biasa disebut juga dengan Perikambium atau Perisikel yang mempunyai Empulur dan Berkas Vaskuler dan terdiri atas 2 macam bagian yakni Xilem dan Floem.

 

2.) Struktur Batang Pada Tumbuhan Monokotil

Berikut ini adalah struktur struktu batang yang terdapat pada tumbuhan monokotil :

a.) Jaringan Epidermis

Jaringan ini adalah struktur yang terletak pada batang tumbuhan monokotil dan tersusun secara rapat atas sel sel pipih sehingga batang pada tumbuhan ini bisa terlihat lebih besar hal ini dikarenakan terdapat bulu bulu serta stomata. Jaringan ini memiliki fungsi untuk member perlindungan terhadap jaringan – jaringan yang terletak di bagian dalam batang.

Baca Juga :  Fungsi Mikrofilamen – Penjelasan Lengkap Dengan Gambar

b.) Jaringan Lentisel

Jaringan ini adalah sebuah jaringan dengan bentuk lubang kecil yang ada di bagian celah yang letaknya di antara sel kulit batang tumbuhan. Fungsinya adalah bertugas untuk menjadi tempat dilangsungkannya proses pertukaran mau pun proses penguapan.

c.) Jaringan Korteks

Merupakan suatu jaringan yang tersusun dari sel – sel sklerenkim yang berada pada bagian bawah epidermis dan berupa pada kulit batang yang memiliki fungsi untuk mengeraskan dan juga memperkuat pada bagian – bagian luar pada batang.

d.) Jaringan Stele

Merupakan suatu jaringan yang tersusun atas sel – sel sklerenkim yang terletak di bagian korteks yang tidak mempunyai batas yang jelas di antara keduanya, jaringan stele yang ada mempunyai berkas vaskuler yang nantinya akan menyebar ke seluruh bagian dari empelur, utamanya yang bisa mengalami konsentrasi dengan cara mendekati bagian kulit batang.

 

Fungsi Batang

Fungsi batang pada tumbuhan adalah sebagai berikut ini :

1.) Peran utama batang untuk tumbuhan adalah bertugas sebagai penyangga. Dengan adanya batang, maka tumbuhan pun bisa tumbuh dan berdiri kokoh. Baik berdiri dengan tegak, melengkung atau pun melingkar. Intinya barang merupakan tempat sandaran bagi tumbuhan, dan semua trukturnya. Seperti daun, bunga bahkan buah.

Batang berperan sebagai peyanggah bagian tubuh pada suatu tumbuhan dengan berdiri tegak lurus ke atas yang memiliki fungsi sebagai tempat bersandarnya daun tumbuhan, bunga dan juga buah.

2.) Batang memiliki fungsi sebagai sarana untuk transportasi atau sebagai alat pengangkut air dan garam mineral yang ada di bagian akar yang nantinya akan disebarkan ke seluruh bagian daun melalui xilem pada saat melakukan proses fotosintesis.

3.) Fungsi yang cukup penting dari batang pada tumbuhan adalah, berguna sebagai tempat penyimpanan. Batang mampu menyimpan cadangan makanan yang sewaktu waktu dibutuhkan oleh tumbuhan.

Baca Juga :  Fungsi Bronkus

4.) Batang memiliki fungsi sebagai alat pernapasan pada tumbuhan untuk mendapatkan oksigen melalui lentisel dan kemudian akan melepaskan zat karbondioksida.

 

Demikian penjelasan kali ini mengenai fungsi batang pada tumbuhan, jadi tanpa adanya batang maka tumbuhan pun tidak akan ada. Setuju kan? Sebab jika diibaratkan dengan bangunan, maka batang adalah pondasi dari suatu tumbuhan.

Artikel Lainnya :