Fungsi Bagian Ekor Dari Sperma Manusia

Posted on

Fungsi Bagian Ekor Sperma Manusia

Ekosistem.co.id – Fungsi bagian ekor sperma manusia merupakan salah satu penentu bagi proses perkembangbiakan pada manusia. Ukuran sperma yang sangat kecil membuat ekor sperma seringkali dilupakan dan tidak banyak dibahas.

Ekor sel sperma memang merupakan salah satu bagian yang cukup ikonik dari sel sperma, tapi tak hanya memiliki bentuk yang unik saja, bagian ekor sperma memiliki banyak kegunaan. Lalu, apa saja fungsi bagian ekor dari sperma manusia?

 

Apa itu Sperma?

Sperma merupakan sel reproduksi yang berukuran sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Sperma akan ditransfer ke sistem reproduksi wanita ketika melakukan hubungan suami istri dan selama proses pembuahan ini, inti sperma akan menyatu bersama dengan inti telur milik wanita agar dapat membentuk embrio.

 

Ciri-ciri Sperma

Sperma yang sehat dan dapat membuahi sel telur memiliki ciri-ciri seperti berikut :

1.) Kepala sperma berbentuk oval dengan panjang sekitar 5 hingga 6 mikrometer dan lebarnya sekitar 2,5 hingga 3,5 mikrometer.

2.) Mempunyai tutup yang terbentuk dari akrosom yang mencakup mulai dari 40 hingga 70% dari kepala sperma.

3.) Memiliki ekor panjang dan kepala serta tubuh yang baik dengan ukuran yang proporsional.

 

Struktur Sperma

Lihat gambar di bawah ini untuk melihat struktur sperma dengan jelas :

 

Sperma sendiri terdiri dari beberapa struktur, di antaranya adalah :

1.) Kepala

Kepala sperma memiliki bentuk oval dan di dalamnya terdapat nukleus dengan kandungan informasi genetik atau disebut dengan DNA. DNA ini lah yang memenuhi informasi genetic dari sel telur serta menentukan janin yang dikandung laki-laki atau perempuan.

Baca Juga :  Otot Jantung – Fungsi Beserta Gambarnya

Di kepala ini terdapat dua enzim yakni enzim hyaluronidase yang dapat menembus lapisa radiasi korona dalam telur. Dan enzim acrosin yang dapat menembus zona pellucida. Dengan bantuan dua enzim inilah sperma mampu menembus sel telur.

 

2.) Agen

Agen atau bagian tengah sperma mengandung banyak sekali mitokondria yang menjadi sumber energi untuk sperma. Sebab di dalam mitokondria dapat ditemukan 11 mikrotubulus dan ATP Ase yang dapat digunakan sebagai sumber energi utama.

 

3.) Ekor

Ekor adalah penggerak sperma dengan ukuran 50 mikron dan berbentuk sitoskeleton. Panjang dari ekor ini mempengaruhi kecepatan sperma sebab sperma bisa bergerak hingga kecepatan 30 inci/jam.

 

Berbicara mengenai ekor sperma, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi ekor sperma pada manusia. Simak di bawah ini ya!

 

Ekor Sperma pada Manusia

Baru-baru ini telah dilakukan penelitian di University of Gothenburg, Swedia dan di Universitas of Colorado, AS. Kedua penelitian ini menemukan jika sperma memiliki struktur spiral yang berada di ujung ekornya.

Namun hingga kini belum diketahui apa fungsi dari bagian tersebut meski ada beberapa anggapan mengenai fungsinya. Yakni sebagai salah satu alat yang dapat membantu sperma berenang lebih cepat.

Tim peneliti telah menemukan sebuah teknik yang dapat digunakan untuk mengkombinasikan mikroskop electron dengan CT Scan. Teknik ini disebut dengan Cryogenic Electron Tomography.

Dengan bantuan teknik ini, dapat membuat gambar yang lebih jelas dan detil dari suatu objek yang diteliti. Teknik ini juga memungkinkan pengambilan gambar dengan menggunakan teknik 3D hingga ke ukuran skala nanometer.

Karena sel digambarkan membeku di dalam es yang terbebas dari zat kimia lainnya untuk menjaga keutuhan struktur sel itu sendiri sehingga protein protein yang tersapat di dalam sel bisa diobservasi. Karena selama ini apa yang diketahui mengenai ekor dari sel sperma berasal dari studi organisme mikroskopis seperti prostista.

Baca Juga :  Ciri-ciri Akar Serabut dan Akar Tunggang

Flagela atau bagian yang memiliki bentuk mirip dengan benang yang terdapat pada sel sperma ini terbagi pada tiga bagian yaitu bagian tengah yang memiliki kandungan mitokondria, bagian yang merupakan pendorong utama dan bagian yang paling ujung.

Bagian pendorong sendiri terbentuk dari sebuah susunan kompleks yang disebut dengan mikrotubula yang memiliki hubungan dengan protein. Interaksi antara dMTs dengan protein membuat bagian flagela berkibas di dalam gaya yang teratur sehingga membuatnya bisa berenang pada lingkungan yang sesuai.

Pergerakan dari ribuan protein motor ini harus terkoordinasi di dalam detail yang lebih terperinci untuk membual sel sperma bisa berenang. Para peneliti bahkan bisa melakukan pemindahan atas struktur flagel tersebut yang kemudian menemukan sebuah struktur lain yang terdapat pada bagian ujung ekor sel sperma.

Letaknya berada pada bagian ujung flagela di dalam tiap bagian mikrotubula dMTs, merupakan sebuah struktur sel yang belum pernah ditemukan sebelumnya, merupakan sebuah struktur yang memiliki bentuk spiral.

Para peneli pun telah memberikan nama struktur ini dengan Tail Axoneme Intra-Lumenal Spiral atau TAILS. Akan tetapi belum diketahui apa fungsi asli dari TAILS.

Tim peneliti belum mengetahui fungsi asli TAILS, tetapi mereka memiliki beberapa dugaan atas fungsinya.

 

Fungsi Bagian Ekor Dari Sperma Manusia

Di dalam sel kelamin pria sendiri terdapat jutaan bahkan puluhan juta sel sperma yang telah siap untuk membuahi sel telur salah satunya, sperma ini nantinya akan dibekali dengan beberapa nutrisi dan juga cairan basa yang dapat menembu kelamin wanita dan juga tahan pada saat mencapai sel telur wanita.

Bentuk dari sperma ini sendiri cukup sederhana yakni dengan kepala kecil dan juga ekor yang cukup panjang dan bergerak di antara cairan asam. Ekor sel sperma ini sendiri adalah bentuk modifikasi dari flagel yang menjadi alat gerak sperma untuk bisa berenang di dalam cairan yang pekat dan flagela ini mempunyai mikrotubulus dan juga digerakkan dengan menggunakan enzim yang telah dibelah ATP atau silia dyenin.

Baca Juga :  Mekanisme Kerja Otot - Penjelasan Secara Lengkap

Enzim yang berinteraksi dengan mikrotubulus ini yang akhirnya menyebabkan gerakan sporadic untuk dapat mendorong sperma dan nantinya bergerak ke dalam frekuensi esar jika nantinya akan memecahkan hambatan fisik sel telur.

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, fungsi bagian ekor sperma manusia secara lengkap dan jelas lewat ulasan dari Ekosistem.co.id di atas. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

 

 

Artikel Lainnya :

  1. Siklus Hidrologi – Pengertian, Macam-macam Siklus, Proses, komponen, Disertai Gambar
  2. Respirasi Aerob – Anaerob Dan Perbedaan Beserta Contohnya
  3. Anabolisme – Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme
  4. Pengertian Sel – jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya