Fungsi Badan Golgi – Penjelasan Beserta Gambar

Posted on

Fungsi Badan Golgi

Ekosistem.co.id – Badan golgi adalah istilah lain dari apparatus golgi namun juga ada yang menyebutnya dengan menggunakan istilah diktisom. Organel ini memiliki keterkaitan dengan fungsi ekskresi yang terjadi pada sel.

Dan juga strukturnya bisa dilihat dengan menggunakam bantuan mikroskop cahaya biasa. Nah, lalu apa sih fungsi badan golgi?

Badan golgi bisa dilihat di semua sel eukariotik dan juga bisa banyak dijumpai terdapat pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi contohnya seperti pada ginjal.

Setiap sel yang terdapat pada hewan memiliki 10 hingga 20 badan gogi. Sementara sel tumbuhan biasanya mempunyai badan golgi hingga ratusan jumlahnya. Diktiosom merupakan badan golgi yang terdapat pada tumbuhan.

Badan golgi sendiri pertama kali ditemukan oleh seorang ahli histology dan juga patologi berkebangsaan Italia yang memiliki nama Camillo Golgi.

Badan golgi adalah organel paling besar yang bisa ditemukan di dalam sitoplasma. Dan bentuk dari badan golgi ini sendiri menyerupai kantung pipih yang bertumpuk. Serta tersusun dari ukuran besar hingga ukuran paling kecil.

Badan golgi memiliki panjang sekitar 1 – 3 mikrometer dan juga lebar sekitar 0,5 mikrometer serta terikat oleh membran.

Bentuk dari badan golgi ini sendiri terdapat pada sel hewan mau pun sel tumbuhan yang bentuknya memiliki ukuran yang relatif sama. Badan golgi juga tersebar di seluruh sitoplasma dan juga berhubungan satu dengan yang lainnya.

Sehingga badan golgi memiliki bentuk seperti struktur kompleks yang mirip seperti sebuah jala.

 

Pengertian Badan Golgi

Badan golgi mempunyai fungsi sebagai alat tempat untuk mengubah enzim dari bentuk yang tidak aktif ke bentuk yang aktif.

Badan golgi juga mempunyai fungsilain yakni sebagai tempat guna menyimpan sementara protein dan zat zat lain yang asalnya dari retikulum endoplasma. Zat zat tersebut dibungkus di dalam kantong membran atau pun veksikel kemudian mengirimkannya ke membran plasma selain itu badan golgi juga memiliki tanggung jawab terhadap pembentukan lisosom.

Baca Juga :  Fungsi Garam Mineral - Bagi Tubuh, Bagi Sel, Beserta Zatnya

Badan golgi sendiri tersusun dari 5 hingga 20 kantong pipih yang biasanya di dalam badan golgi terdapat di sel sel sekretori yang bentuknya mirip dengan pancreas. Badan golgi sendiri mempunyai jumlah yang cukup bervariasi jika menurut tipenya, fungsinya dan juga menurut tahap pertumbuhan selnya.

Contohnya seperti pada saat proses pembentukan dinding sel baru, sel tumbuhan mungkin saja mempunyai banyak golgi. Terlebih lagi pada daerah di sekitar dinding sel.

Badan golgi bisa menghasilkan vesikel vesikel yang memiliki kandungan berbagai macam materi penyusun dinding sel. Pada sel sel hewan kejadian yang sama pun terjadi pada saat terjadinya proses pembentukan hormon yang masing – masing sel bisa memiliki sekitar ribuan golgi.

 

Sejarah Badan Golgi

Mulanya badan golgi ditemukan oleh Camilo Golgi di tahun 1891 dan menemukan struktur yang serupa dengan jala yang ada di sitoplasma sel saraf kucing. Lalu badan golgi diberi warna osmium tetra oksida dan garam perak sehingga berwarna kuning gelap dan letaknya ada di sekitar nukleus.

Badan golgi ini disebut juga dengan istilah the internal reticular apparatus.

Lalu seorang ahli biologi pada tahun 1910 yang bernama Perrincito menjelaskan jika organel yang ditemukan oleh Camilo Golgia terdiri dari sekelompok diktisom. Sementara seorang ahli sitologi, Mollenhauer menyebutkan jika badan golgi berkaitan dengan sintesa protein pada tahun 1967.

Karena organel ini tidak selalu berbentuk jala maka selanjutnya organel ini disebut dengan badan golgi. Tebak dari mana istilah ini! Ya, tentu dari penemu pertamanya yakni Camilo Gogia.

 

Struktur Dan Bentuk Badan Golgi

Badan golgi merupakan organel kecil yang hanya bisa dilihat dengan bantuan alat khusus yakni mikroskop. Lihat gambar di bawah ini untuk mengetahui bentuk badan golgi.

Sementara itu badan golgi tersusun atas beberapa strutur, yakni :

1.) Sakula

Sakula adalah gelembung dengan bentuk pipih mirip cakram dan bentuknya bertumpuk tumpuk. Masing-masing susunan dipisahkan celah sempit dan kedua permukaannya tidak sama, sebab yang satu cekung dan yang lain berbentuk cembung.

Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

 

2.) Vesikel Sekretoris

Gelembung ini adalah bagian dari sakula dan berada di bagian tepi dari badan golgi.

 

3.) Mikrovesikel Atau Vesikel Tranfer

Memiliki diameter sekitar 40 mm dan dapat bergerak karena oganel ini berasal dari retikulum endoplasma kasar yang telah dilepaskan. Kemudian mikrovesikel ini kehilangan butiran kromosomnya dan bersatu dengan sakula.

 

Ciri-ciri Badan Golgi

Bada golgi sendiri memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini :

1.) Terdapat 10 hingga 20 badan golgi di tiap sel hewan.

2.) Pada sel tumbuhan ditemukan ratusan.

3.) Tersebar di sitoplasma.

4.) Bantuknya menyerupai kantung pipih dan bertumpuk dari ukuran kecil hingga ukuran besar.

5.) Panjang sekitar 1 hingga 3 mikrometer.

6.) Lebar sekitar 0,5 mikrometer.

7.) Berstruktur komplek menyerupai jala.

 

Fungsi Badan Golgi

Badan golgi sendiri memiliki beberapa fungsi umum dan fungsi khusus yang sangat penting dan berikut ini adalah fungsi dari badan golgi yang wajib kamu ketahui :

1.) Membentuk kantung atau yang disebut dengan istilah vesikula. Kantung ini sendiri  digunakan dalam proses sekresi, yakni proses yang terjadi pada sel kelenjar kantung kecil yang berisikan enzim serta bahan lainnya.

2.) Membentuk akrosom di spermatozoa yang berisi enzim dan digunakan untuk memecah dinding sel telur.

3.) Membentuk dinding sel pada tumbuhan.

4.) Sebagai tempat untuk memodifikasi protein.

5.) Menyeleksi dan mengkategorikan molekul molekul untuk proses sekresi sel.

6.) Mentransfer lemak atau lipid.

7.) Membentuk lisosom.

8.) Membentuk membran plasma dan kantung yang hendak dilepaskan menjadi bagian dari membran plasma.

 

Cara Kerja Badan Golgi

Badan golgi bekerja sama dengan retikulum endoplasma untuk melakukan proses sintesis protein. Setelah proses ini maka mikrovesikel yang terbentuk akan dibawa ke sakula yang merupakan bagian dari badan golgi.  Di sinilah penggabungan protein yang berasal dari vesikel terjadi.

Baca Juga :  Tanah Alluvial Ciri-ciri, Jenis dan Penjelasan Terlengkap

Badan golgi pun akan mengalami pembesaran dan membentuk vesikel sekretoris dengan tugas mengangkut sakula menuju puncak sel dan dibawah keluar sel.

Pemadatan dan kondensasi pada badan golgi pun terjadi lalu akan dihantar menuju ke vesikula sekretoris. Kita bisa menemukan 3 jenis enzim galaktisol transferase di dalam badan golgi. Tugasnya adalah untuk memperbaiki kerusakan protein membran yang disebabkan oleh perbedaan oligosakarida.

Vesikel sekretoris pun keluar dari sel melalui eksositosis dan sekaligus memperbaiki membran sel di dalamnya.

Kata kunci yang sering sekali dikaitkan dengan pencharian judul badan golgi, diantaranya seperti berikut ini :

  • fungsi badan golgi
  • fungsi dan pengertian badan golgi
  • fungsi dan struktur badan golgi
  • fungsi badan golgi pada sel tumbuhan
  • fungsi badan golgi pada sel hewan
  • fungsi badan golgi brainly
  • fungsi badan golgi pada tumbuhan
  • fungsi badan golgi pada sel hewan brainly
  • fungsi badan golgi adalah sebagai berikut kecuali
  • fungsi badan golgi dan mitokondria
  • fungsi badan golgi dan lisosom
  • fungsi badan golgi hewan
  • apa fungsi badan golgi
  • pengertian dan fungsi badan golgi
  • struktur dan fungsi badan golgi
  • ciri dan fungsi badan golgi
  • salah satu fungsi badan golgi adalah membentuk
  • apa fungsi badan golgi pada sel tumbuhan
  • fungsi dari badan golgi
  • fungsi inti sel dan badan golgi
  • fungsi mitokondria dan badan golgi
  • fungsi sel badan golgi

Sudah tahu kan, apa saja fungsi badan golgi beserta dengan penjelasan lengkapnya sebagai refrensi belajar untuk sahabat semua.

Artikel Lainnya :