Fungsi Badan Golgi – Penjelasan Beserta Gambar

Posted on

Fungsi Badan Golgi – Penjelasan Beserta Gambar

Ekosistem.co.id – Badan golgi biasa disebut juga dengan nama aparatus golgi, kompleks golgi atau bisa juga disebut dengan diktiosom yang merupakan sebuah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel dan juga strukturnya bida dilihat dengan menggunakam bantuan mikroskop cahaya biasa. Nah, lalu apa sih fungsi badan golgi?

Badan golgi bisa dilihat di semua sel eukariotik dan juga bisa banyak dijumpai terdapat pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi contohnya seperti pada ginjal. Setiap sel yang terdapat pada hewan memiliki 10 hingga 20 badan gogi. Sementara sel tumbuhan biasanya mempunyai badan golgi hingga ratusan jumlahnya. Diktiosom merupakan badan golgi yang terdapat pada tumbuhan.

Badan golgi sendiri pertama kali ditemukan oleh seorang ahli histology dan juga patologi berkebangsaan Italia yang memiliki nama Camillo Golgi.

Badan golgi adalah organel paling besar yang bisa ditemukan di dalam sitoplasma dan bentuk dari badan golgi ini sendiri menyerupai kantung pipih yang bertumpuk serta tersusun dari ikuran besar hingga ukuran paling kecil. Bada golgi memiliki panjang sekitar 1 – 3 mikrometer dan juga lebar sekitar 0,5 mikrometer serta terikat oleh membran.

Bentuk dari badan golgi ini sendiri terdapat pada sel hewan mau pun sel tumbuhan yang bentuknya memiliki ukuran yang relative sama. Badan golgi juga tersebar di seluruh sitoplasma dan juga berhubungan satu dengan yang lainnya, sehingga badan golgi memiliki bentuk seperti struktur kompleks yang mirip seperti sebuah jala.

Pengertian Badan Golgi

Badan golgi mempunyai fungsi sebagai alat tempat untuk mengubah enzim dari bentuk yang tidak aktif ke bentuk yang aktif, badan golgi juga mempunyai fungsilain yakni sebagai tempat guna menyimpan sementara protein dan zat zat lain yang asalnya dari retikulum endoplasma. Zat zat tersebut dibungkus di dalam kantong membran atau pun veksikel kemudian mengirimkannya ke membran plasma selain itu badan golgi juga memiliki tanggung jawab terhadap pembentukan lisosom.

Baca Juga :  Persebaran Fauna di Indonesia

Badan golgi sendiri tersusun dari 5 hingga 20 kantong pipih yang biasanya di dalam badan golgi terdapat di sel sel sekretori yang bentuknya mirip dengan pankreas, badan golgi sendiri mempunyai jumlah yang cukup bervariasi jika menurut tipenya, fungsinya dan juga menurut tahap pertumbuhan selnya.

Contohnya seperti pada saat proses pembentukan dinding sel baru, sel tumbuhan mungkin saja mempunyai banyak golgi, terlebih lagi pada daerah di sekitar dinding sel, badan golgi bisa menghasilkan vesikel vesikel yang memiliki kandungan berbagai macam materi penyusun dinding sel, pada sel sel hewan kejadian yang sama pun terjadi pada saat terjadinya proses pembentukan hormon yang masing – masing sel bisa memiliki sekitar ribuan golgi.

Fungsi Badan Golgi

Badan golgi sendiri memiliki beberapa fungsi umum dan fungsi khusus yang sangat penting dan berikut ini adalah fungsi dari badan golgi yang wajib kamu ketahui :

  1. Fungsi badan golgi yang pertama adalah untuk membentuk kantung kantung atau yang bisa juga disebut dengan vesikula yang memiliki fungsi sebagai sekresi yang terjadi pada sel sel kelenjar kantung kecil yang berisikan enzim dan juga berbagai macam bahan – bajan yang lainnya.
  2. Badan golgi memiliki fungsi untuk membentuk membran plasma yang bentuknya sama dengan membran golgi atau vesikula karena kantung kantung yang dilepaskan akan menjadi bagian dari membrane plasma.
  3. Badan golgi memiliki fungsi untuk membenruk dinding sel pada tumbuhan.
  4. Badan golgi memiliki fungsi untuk membenruk akrosom pada spermatozoa yang berisikan enzim untuk bisa memecah dinding sel dan juga telur untuk proses pembentukan lisosom.
  5. Badan golgi memiliki fungsi untuk memodifikasi protein.
  6. Badan golgi memiliki fungsi untuk menyortit dan juga memaketkan molekul molekul yang memiliki fungsi untuk sekresi sel.
Baca Juga :  Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar

 

Sudah tahu kan, apa saja fungsi badan golgi beserta dengan penjelasan dan pengertiannya yang khusus kami ulas untuk anda. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan anda sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :