Fungsi Alveolus

Posted on

Fungsi Alveolus

Meski ukurannya sangat kecil, namun jangan pernah meremehkan fungsi alveolus. Karena meskipun begitu organ satu ini sangat berpengaruh bagi proses pernapasan yang kita lakukan. Nah, mau tahu apa saja sih fungsi yang dimiliki oleh alveolus? Namun sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu apa itu alveolus.

Pengertian Alveolus

Alveolus sendiri merupakan sebuah struktur anatomi yang mempunyai bentuk mirip seperti rongga. Letak alveolus berada pada Gian Parenkim paru – paru yang adalah ujung dari saluran pernapasan yang mana di kedua sisi tersebut merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan proses pertukaran udara dengan darah di dalam tubuh kita.

Dari sini bisa disimpulkan jika alveolus adalah gelembung – gelembung kecil yang berisikan udara yang ada di dalam paru – paru dan banyaknya sekitar 300 juta buah. Alveoli adalah bentuk jamak dari alveolus.

Ukuran alveolus ini sendiri hanya mencapai 200 hingga 300 mikrometer pada diameternya. Namun dengan jumlahnya yang banyak membuat alveolus memenuhi hampir semua paru – paru dan menjadikan organ tersebut semakin luas.

Sementara luas permukaan paru – paru sendiri kurang lebih 160 meter persegi. Dari sini dapat dilihat jika luas permukaan dari paru – paru bahkan 100 kali lipat lebih luas jika dibandingkan dengan luas permukaan tubuh manusia.

Ciri – Ciri Alveolus

Alveolus sendiri memiliki beberapa ciri – ciri yang membedakannya dengan organ lain yang ada pada tubuh kita.

  1. Memiliki permukaan yang halus.
  2. Memiliki bentuk yang mirip dengan gelembung udara dan sangat tipis.
  3. Alveolus sendiri merupakan cabang dari bronkiolus yang ada pada paru – paru.
Baca Juga :  Struktur Bunga, Fungsi Dan Gambarnya

 

Fungsi Alveolus

Ada sekitar 170 alveoli dalam setiap kubimilimeter sehinga dengan begitu bisa ditentukan jika terdapat sekitar 480 juta alveolus di dalam paru – paru manusia, alveolus ini sendiri terletak pada ujung tabung bronkiolus.

Pada saat kita menarik napas maka alveolus ini akan melebar agar dapat menyerap oksigen sedangkan ketika kita kembali menghembuskan napas secara otomatis alveolus pun akan mulai mengecil sambil mengeluarkan karbondioksida.

Jika dilihat secara umum itulah fungsi utama dari alveolus, namun berikut ini kami juga telah merangkum secara lengkap dan jelas apa saja fungsi alveolus pada tubuh kita.

1.) Sebagai Tempat Terjadinya Proses Pertukaran Gas

Bisa dibilang jika proses pertukaran gas yang berlangsung di dalam paru – paru kita ini memiliki sifat difusif pasif. Hal ini dapat dilihat pada saat proses sedang dilakukan karena sel sel yang terdapat pada organ kita tidak akan membutuhkan energi lagi untuk dibakar.

Nah, salah satu fungsi dari alveolus adalah sebagai tempat berlangsungnya proses pertukaran gas. Yang mana oksigen yang akan kita hirup nantinya akan dikeluarkan kembali yang berbentuk karbondioksida.

2.) Tempat Terjadinya Proses Pertukaran Gas yang Berasal dari Kapiler Darah Menuju ke Alveolus

Pada saat keadaan normal tubuh kita sendiri akan bisa menghasilkan karbondioksida kurang lebih 200 cc perharinya. Dari sini dapat diketahui jika yang dapat larut pada setiap satu liter darah ini hanyalah 4,3 cc.

Maka hal inilah yang menjadi penyebab asam karbonat terbentuk yang dapat menjadikan Ph yang ada di dalam darah menjadi lebih asam. Sehingga salah satu cara untuk menetralkannya adalah dengan bantuan ion Na+ serta juga ion K+.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam Adalah

Lalu dari sini karbondioksida pun akan dilepaskan lagi ke dalam organ paru – paru kita lewat aliran darah. proses ini membutuhkan konsentrasi karbondioksida dan asam karbonat yang sudah teruraikan.

Asam karbonat ini pun nantinya akan terurai dan berubah menjadi air serta berubah menjdi karbondioksida lagi. Hanya sekitar 10% saja kadar oksigen atau CO2 ini yang dilepaskan oleh darah. Untuk kemudian dibawa kembali untuk menuju ke paru – paru.

Maka sisanya hanyalah udara yang berguna untuk menjaga keasamaan yang ada pada ph darah. Dan bertugas untuk terus membuatnya berbentuk bikarbonat.

3.) Sebagai Tempat Penyimpan Udara Sementara

Alveolus juga memiliki fungsi untuk menyimpan udara. Akan tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama, karena udara yang disimpan di dalam alveolus hanya sebentar saja. Fungsi terakhir dari alveolus adalah sebagai tempat untuk menyimpan udara, namun hanya sementara waktu saja. Yang nantinya udara akan diserap kembali ke dalam darah. Udara ini pastinya harus memiliki kandungan oksigen 02.

 

Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan jika alveolus berfungsi untuk menghirup udara yang kemudian diedarkan ke dalam darah dengan bantuan kapiler. Alveolus sendiri adalah struktur anatomi tubuh yang ada pada bronkiolus.

 

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan, apa saja fungsi alveolus bagi tubuh kita terutama bagi proses pernapasan, karena pastinya kalian tahu jika seluruh makhluk yang hidup di bumi tidak dapat bertahan jika tidak bernapas.

Artkel Lainnya :