Foxgloves – Salah Satu dari Tanaman Beracun Didunia

Posted on

Foxgloves

Ekosiste.co.id –  Foxgloves merupakan salah satu nama dari tumbuhan yang memiliki bentuk cantik, indah dengan warna yang mempesona. Tapi sahabat biologi jangan tertipu dengan kecantikan bentuk dan warna dari bunga ini ya.

Karena beberapa bunga nyatanya merupakan bunga beracun yang tidak hanya akan membuat sahabat biologi yang memegang bunga ini merasa kesakitan. Namun juga dapat menyebabkan kematian.

Mungkin selama ini kita hanya berpikir jika hewan buas seperti ular berbisa, kalajengking, laba-laba hingga buaya menjadi hewan paling berbahaya. Dan sanggup membunuh manusia.

Namun ternyata ada beberapa bunga yang tidak kalah berbahaya loh. Siapa bilang hanya hewan saja yang berbahaya di dunia ini, nyatanya ada juga tumbuhan paling berbahaya di dunia bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah, berikut ini kami telah menyediakan daftar tumbuhan yang dianggap paling berbahaya yang disertai dengan penjelasnnya.

 

 

Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia

Beberapa tumbuhan di bawah ini memiliki bentuk bunga dan warna yang amat sangat cantik. Sehingga membuat sahabat biologi tidak hanya tertarik untuk memeliharanya saja. Namun juga tertarik untuk menyentuh tubuh bunga tersebut.

Namun jangan sampai sahabat biologi nekad menyentuh bunga atau tanaman yang ada di bawah ini, jika tidak ingin celaka ya!

1.) Foxgloves

 

 

Bunga ini juga disebut dengan dead man’s bells dan menjadi salah satu bunga tercantik di dunia sekaligus paling mematikan. Karena jika bunga ini tertelan maka akan menyebabkan beberapa gejala seperti mual, kejang – kejang, mengigau, hingga menyebabkan detak jantung tak beraturan dan tubuh gemetar. Seluruh bagian dari tumbuhan ini mulai dari akar, daun, bunga hingga bijinya beracun. Dalam jumlah cukup besar tumbuhan ini juga mengakibatkan kematian.

Baca Juga :  Bunga Asoka – Ciri Ciri, Klasifikasi dan Manfaatnya

 

2.)Lily of the Valley

 

 

Memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik, tapi bunga ini nyatanya sangat mematikan. Disebut dengan Lili lembah. Mungkin harusnya bunga ini disebut dengan nama bunga lili dari lembah kematian.

Ya, sebab bunga ini dapat membuat sahabat biologi mengalami gejala parah seperti muntah dan kram perut jika nekad memegangnya. Bahkan beberapa kasus yang pernah terjadi, bunga ini dapat memperlambat detak jantung jika sahabat biologi masih bersikeras untuk menyentuhnya.

Meski cantik sebaiknya jauh – jauh ya dari bunga satu ini ya!

 

3.) Angel’s Trumpet

 

 

Meskipun diberi nama terompet malaikat tapi bunga yang penampilan sederhana ini tak sesederhana itu karena bunga ini mengandung scopolamine yang merupakan zat kimia sangat berbahaya meski hanya tertelan sedikit saja.

Bunga ini bisa mengakibatkan efek zombie yang membuat seseorang menjadi berhalusinasi dan kehilangan ingatannya. Tak hanya itu saja, bunga ini juga bisa benar – benar membuat kamu bertemu dengan malaikat ya, tapi malaikat maut.

 

4.) Autumn Crocus

 

 

Kelopak bunga tumbuhan ini sangat halus dan terkesan tidak berbahaya namun kamu tetap harus waspada ya, karena bunga ini memiliki kandungan colchicines di dalam level yang cukup berbahaya.

Colchicines sendiri merupakan zat kimia yang menghasilkan racun yang mampu mengakibatkan muntah, diare dan juga sensesi terbakar pada mulut dan kerongkongan dalam gejala ringan.

Karena dalam dosis besar bunga ini bisa menyebabkan gagal ginjal, gagal hati, serangan jantung hingga berakhir dengan kematian.

 

5.) Manchineel

 

 

Tumbuhan ini bisa kamu temukan di Amerika Utara dan Amerika Selatan dan merupakan tanaman paling beracun bagi manusia karena getah yang dimiliki tumbuhan ini mengandung Phorbol Iritasi kuat dan jika tumbuhan ini dibakar maka asapnya dapat membuat mata menjadi buta.

Baca Juga :  Fauna Australis - Pengertian, Ciri ciri, Beserta Contoh dan Gambarnya

Yang paling diwaspadai adalah buah dari tanaman ini yang bentuknya mirip dengan apel. Alih – alih menyehatkan seperti apel tapi buah dari tumbuhan ini justri berbahaya dan merupakan bagian yang paling beracun.

Sehingga buah tumbuhan ini disebut juga dengan apel kecil kematian. Namanya saja sudah seram ya.

 

6.) Hogweed Raksasa ( Giant Hogweed )

 

 

Awalnya tanaman Hogweed Raksasa atau sering juga disebut dengan Giant Hogweed, hanya bisa ditemukan di Asia saja karena Asia merupakan asal dari tanaman ini, namun kini tanaman ini juga bisa ditemukan di Negara Eropa dan Amerika Utara dan merupakan salah satu tanaman paling beracun di dunia.

Bagian yang paling berbahaya dari tanaman ini adalah bagian dari getahnya yang beberapa tetes saja di mata bisa langsung menyebabkan kebutaan total sementata kulit tanaman ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan terasa terbakar.

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat zat kimia yang sangat beracun.

 

7.) Carbera Adollam ( Suicide Tree )

 

 

Dari namanya saja tanaman ini sudah cukup menyeramkan bukan yakni suicide tree atau carbera adollam.

Disebut denga suicide tree bukannya tanpa alasan karena tumbuhan ini bertanggung jawab atas banyak kasus kematian yang terjadi di seluruh dunia.

Tanaman ini bisa ditemukan di India dan hidup di kawasan rawa di Negara bagian Kerala India yang telah menyebabkan sekitar 50 kematian setiap tahunnya.

Sehingga tak heran ya jika tanaman ini disebut dengan pohon kematian atau suicide tree yang merupakan salah satu tanaman paling beracun di dunia yang wajib untuk kamu hindari.

 

Sudah terbukti kan, jika bukan hanya hewan saja yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, buktinya seperti daftar tumbuhan paling berbahaya di dunia di atas yang wajib untuk kamu hindari. Semoga setelah membaca artikel ini bisa membuat kamu lebih waspada dengan tumbuhan yang ada di atas.

Baca Juga :  Fungi - Pengertian, Struktur Dan Klasifikasinya

 

Artikel Berikutnya :