Fotosintesis – Pengertian, Fungsi, Reaksi Terang, Reaksi Gelap

Posted on

Pengertian, Fungsi, Reaksi Terang, Reaksi Gelap pada Fotosintesis secara lengkap

 

Fotosintesis– Belum banyak dari kita yg mengetahui apa fotosintesis itu? sebelum ekosistem.co.id masuk dalam pembahasan inti,kami akan memaparkan bahwa materi yang akan dibahas yaitu pengertian dari fotosintesis,reaksi terang fotosintesis, dan reaksi gelap fotosintesis. tidak pakai panjang lebar mari kita ke pokok pembahasannya :

 

A. Pengertian Fotosintesis

fotosintesis adalah proses pembuatan energi yang diperlukan tumbuhan yang dibantu oleh cahaya matahari serta bahan-bahan pendukung seperti CO2, air dan unsur hara yang berguna untuk kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Perlu diketahui bahwa proses fotosintesis ini hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki klorofil, tanpa adanya klorofil suatu tumbuhan tidak akan dapat membuat makanannya sendiri

 

B. Fungsi Fotosintesis

Diantara tujuan dan fungsi tumbuhan melakukan proses fotosintesis adalah sebagai berikut :

 

1. Memproduksi Glukosa

Membuat zat makanan dalam bentuk glukosa, dimana glukosa ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan bakar dasar untuk diolah lagi menjadi zat makanan yang lain seperti protein dan juga lemak yang ada didalam tumbuhan. Zat-zat olahan tersebut nantinya juga akan memberikan manfaat bagi manusia ataupun hewan untuk dikonsumsi.

 

2. Menghasilkan O2 dan Mengurangi CO2

Dapat membantu mengurangi kadar karbon dioksida yang ada di lingkungan sekitar kita. Dan seperti yang telah kita ketahui bahwa hasil dari proses fotosintesis salah satunya adalah oksigen. Oksigen merupakan kebutuhan utama manusia, tanpa adanya oksigen atau udara yang bersih, maka manusia tidak akan bertahan hidup.

Baca Juga :  Pseudomonas Aeruginosa - Pengertian, Gejala, Pengaruhnya Pada Manusia

 

3. Menghasilkan Batubara

Dapat membuat sisa-sisa tumbuhan yang tertimbun di tanah selama bertahun-tahun ini menjadi batubara. Hal ini merupakan sangat pentin dalam kehidupan saat ini, mengingat batubara memiliki fungsi dan manfaat yang beragam. Maka dari itu sebaiknya kita berusaha untuk melestarikan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar kita.

 

 

C. Macam Reaksi Fotosintesis

Kebanyakan proses fotosintesis yang berlangsung dalam kloroplas membutuhkan cahaya matahari untuk membuat glukosa. Akan tetapi ada satu lagi proses fotosintesis yang tidak menggunakan cahaya.

Bagan Proses fotosintesis
Bagan Proses fotosintesis

 

Sehingga reaksi fotosintesis sendiri terbagai atas reaksi terang dan reaksi gelap. Untuk lebih jelasnya tentang reaksi terang dan reaksi gelap perhatikan gambar diatas,yang merupakan gambar proses reaksi terang yang dilanjutkan ke reaksi gelap.

 

1. Reaksi Terang Fotosintesis

reaksi terang fotosintesis
reaksi terang fotosintesis

 

Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang membutuhkan bantuan dari cahaya matahari, bisanya reaksi ini berlangsung di ruang terbuka yang terkena cahaya matahari secara langsung. Reaksi terang berlangsung dalam membran tilakoid yang terdapat pada ruang kloroplas.

Dalam reaksi ini, klorofil akan bertugas sebagai penyerap cahaya matahari yang dimanfaatkan untuk mengubah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen dalam bentuk ATP. Reaksi terang ini dapat disebut sebagai fotolis. Pada reaksi ini, cahaya matahari.

 

2. Reaksi Gelap Fotosintesis

reaksi gelap fotosintesis
reaksi gelap fotosintesis

 

Pada reaksi gelap ini tidak bergantung pada cahaya matahari, akan tetapi reaksi gelap ini tidak akan terjadi apabila tumbuhan tersebut tidak menjalankan reaksit terang terlebih dahulu. Jika pada reaksi terang berlangsung dalam membran tilakoid, maka pada reaksi gelap berlangsung di bagian stroma kloroplas.

Proses yang terjadi pada reaksi gelap sangatlah kompleks sama seperti reaksi terang dan adapaun tujuan utama dari reaksi gelap ini adalah untuk mengolah karbon dioksida untuk dijadikan glukosa.

Baca Juga :  Pseudomonas Aeruginosa - Pengertian, Dan Penyebabnya pada manusia

 

Demikian penjelasan Fotosintesis dari kami ekosistem.co.id, mudah mudahan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita dibidang ilmu biologi.

 

Baca juga artikel kami yang lainnya :

Fotosintesis – Pengertian, Fungsi, Reaksi Terang, Reaksi Gelap
5 (99.09%) 22 vote[s]