Fauna Australis – Pengertian, Ciri ciri, Beserta Contoh dan Gambarnya

Posted on

Fauna Australis

Ekosistem.co.id – Fauna Australis merupakan salah satu wilayah persebaran fauna yang ada di Indonesia. Seperti yang kita tahu, Indonesia dibagi ke dalam beberapa bagian persebaran fauna.

Untuk lebih jelasnya, sahabat biologi bisa melihat ulasan lengkapnya di Persebaran Fauna Indonesia.

Daerah persebaran fauna australis sebagian besarnya mempunyai kondisi lingkungan yang tropis. Sementara lainnya beriklim sedang dengan kondisi lingkungan khas Australia.

Australia sendiri merupakan salah satu benua yang letaknya berjauhan dengan benua lain sehingga memiliki kondisi iklim yang berbeda dengan daerah lainnya. Fauna dan flora yang ditemukan di benua ini pun memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Atau bisa disebut dengan fauna dan flora endemik.

Ratusan juta tahun lalu, banyak yang percaya jika Indonesia merupakan bagian dari dua benua, yakni benua Asia pada Indonesia bagian barat. Dan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari Australia.

Hal inilah yang membuat fauna dan flora di Indonesia memiliki keberagaman, jika bagian barat Indonesia memiliki kemiripan dengan fauna dan flora di benua Asia. Berbeda dengan Indonesia bagian timur yang memiliki kemiripan dengan fauna yang ada di Australia sehingga disebut dengan Fauna Australis.

 

Pengertian Fauna Australis

Fauna Australis merupakan  hewan yang asalnya dari Australia dan berkembang biak dengan baik di lingkungan tropis. Hal ini membuat persebaran fauna australis terlihat memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dan cenderung lebih mencolok dari fauna lainnya.

Baca Juga :  Foxgloves - Salah Satu dari Tanaman Beracun Didunia

Bahkan beberapa fauna ini saking uniknya, mereka juga merupakan fauna yang hanya bisa ditemukan di daerah itu saja. Dan tidak ada di daerah lainnya dengan kata lain, fauna tersebut merupakan fauna endemik.

Sebut saja seperti Komodo yang hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo dan beberapa pulau lainnya di Nusa Tenggara Timur.

Persebaran fauna ini pun dibatasi dengan garis yang terdapat di beberapa daerah dengan jenis fauna yang memiliki karakteristik tertentu.

 

Daerah Persebaran Fauna Australis

Fauna Austrlis tersebar di wilayah Indonesia bagian timur seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Karena Indonesia bagian timur dianggap merupakan pecahan dari benua Australia yang dulunya tergabung menjadi satu. Setelah ratusan tahun berlalu, bagian ini pun terpisah dan kini dikenal sebagai Indonesia.

Fauna Australis tersebar di wilayah antara lain :

1.) Maluku

2.) Irian Jaya

3.) Pulau Pulau Kecil di sekitarnya.

 

Ciri Ciri Fauna Australis

1.) Terdapat binatang berkantung.

2.) Binatang menyusui kecil-kecil.

3.) Memiliki sedikit jenis ikan air tawar.

4.) Tidak terdapat kera.

5.) Memiliki banyak jenis burung berwarna.

6.) Banyak memiliki jenis hewan bertanduk

 

Contoh Fauna Australis Beserta Gambar

1.) Burung Cendrawasih

Salah Satu fauna australis yang paling terkenal dan berasal dari pulau Irian Jaya adalah burung cendrawasih. Hewan yang masih satu family dengan burung ini memiliki ciri ciri tubuh yang unik dan mudah dikenali.

Ekornya yang panjang dan berwarna-warni membuat hewan satu ini dianggap sebagai salah satu maskot dari pulau Irian Jaya. Dan merupakan hewan yang dilindungi keberadaannya.

Burung cendrawasih memiliki banyak jenis dengan bentuk dan ukuran tubuh yang beragam. Dan yang paling menarik perhatian adalah ekornya yang panjang dengan warna bulu yang beragam.

Baca Juga :  Vivipar – Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Perkembangbiakannya

 

2.) Kuskus

Kuskus merupakan hewan mamalia yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil, bahkan bisa dibilang kuskus merupakan salah satu mamalia terkecil di dunia. Ciri khas dari hewan ini adalah matanya yang sangat besar dengan ekornya yang panjang.

Fungsi utama dari ekornya adalah untuk digunakan mengaitkan tubuh di batang atau cabang pohon.

Hewan ini memang menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon dan aktif di malam hari. Saat ini Kuskus masuk dalam salah satu hewan langka yang sangat sulit untuk dijumpai di hutan bagian timur Indonesia.

 

3.) Landak Papua

Landak Papua memiliki ciri tubuh dengan duri yang memenuhi seluruh tubuhnya, hewan ini pun tinggal di hutan yang ada di timur Indonesia. Sekilas hewan ini memang tidak berbeda dengan landak pada umumnya.

Namun ukuran tubuhnya terlihat lebih kecil dengan bobot tubuh hanya berkisar 10kg saja.

 

4.) Kanguru

Kanguru tidak hanya ada di Australia saja, namun di Indonesia bagian timur juga bisa ditemukan kangguru. Hewan ini memang memiliki ciri tubuh yang unik dengan kantung di dalam tubuhnya yang bisa digunakan untuk meletakkan anaknya yang baru lahir.

 

5.) Komodo

Dianggap sebagai evolusi dari Naga, banyak yang percaya jika komodo sudah berumur ratusan tahun. Hewan karnivora yang terkenal sangat buat ini bisa kita temukan di beberapa pulau di Nusa Tenggara.

Dan hanya ada di wilayah tersebut sebab komodo merupakan hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di wilayah tertentu saja di Indonesia. Jangankan di belahan dunia lain, hewan ini tidak bisa ditemukan di wilayah lain meski sama sama di Indonesia.

Inilah keunikan yang dimiliki oleh Komodo selain bentuknya yang sangat unik dan menawan.

Baca Juga :  Kingdom Protista

 

6.) Babi Rusa

Disebut dengan Babi Rusa karena hewan ini memang memiliki perawakan yang merupakan gabungan dari dua hewan sekaligus. Yaitu babi dan rusa. Sekilas hewan ini memang mirip dengan babi, dengan moncong dan tanduk yang dimiliki oleh babi hutan.

Namun kakinya yang sedikit lebih panjang dengan tubuh yang lebih ramping dari babi, lebih mirip dengan rusa. Sehingga disebut dengan babi rusa. Babi rusa bisa temukan di hutan hutan tropis yang ada di wilayah timur Indonesia.

Babi Rusa adalah jenis hewan yang mempunyai perawakan yang serupa dengan kombinasi babi dan rusa. Maka hewan ini banyak ditemukan di daerah hutan tropis.

 

Selain hewan-hewan di atas, berikut ini adalah contoh fauna australis lainnya :

7.) Kasuari

Burung kasuari

 

8.) Burung Nuri

Burung Nuri

 

9.) Raja Udang

Burung Raja Udang

 

10.) Katak

Katak

 

11.) Walabi

Walabi

 

12.) Beruang

Beruang

 

14.) Oposssum laying

Oposssum laying

 

15.) Kanguru Pohon

kanguru pohon

 

16.) Buaya

Buaya

 

17.) Biawak

biawak

 

18.) Kadal

Kadal

 

19.) Kura-kura

Kura kura

 

 

Demikian pembahasan tentang Fauna Australis, yang meliputi pengertian,ciri ciri dan contohnya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan kita tentang ilmu biologi

Baca juga artikel lainnya :