Etiologi – Pengertian, Macam dan Contoh

Posted on

Etiologi – Pengertian, Macam dan Contoh

Ekosistem.co.id – Etiologi, menurut Sahabat Biologi istilah apakah itu? Etiologi merupakan istilah yang ada di dunia kedokteran atau bisa juga disebut istilah dalam biologi. Lalu, apa arti dari istilah tersebut?

Pengertian Etiologi

Seperti yang Sahabat Biologi ketahui, etiologi merupakan suatu istilah dari  bidang kedokteran yang tertuju pada suatu penyakit atau adanya gangguan dalam kesehatan. Jadi, etiologi juga bisa disimpulkan sebagai suatu cara untuk mengidentifkasi sebuah penyakit atau gangguan kesehatan pada manusia. Gangguan kesehatan yang tidak dapat diketahui secara pasti disebut juga, idiopatik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, etiologi bisa disebut sebagai sebuah cabang biologi tentang penyebab suatu penyakit, atau sebuah cabang kedokteran tentang penyebab dari suatu penyakit tersebut.

Macam dan Contoh Etiologi

Etiologi Hipertensi

Tahukah sahabat biologi, apa penyakit yang sering di bahas dalam etiologi? Penyakit tersebut adalah hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi memiliki kondisi medis yang beragam dan dibagi menjadi 2. Yaitu :

  • Hipertensi primer/essensial

90% orang yang terkena hipertensi termasuk dalam jenis hipertensi essensial. Seseorang bisa mengidap penyakit ini jika tidak ditemukannya penyebab dari peningkatan tekanan darah yang di derita orang tersebut

  • Hipertensi sekunder

Kurang dari 10% manusia yang menderita hipertensi termasuk dalam jenis sekunder. Hipertensi jenis ini disebabkan oleh keadaan seperti feokromositoma, sindroma conn, penyakit parenkim ginjal dan akibat dari obat tertentu yang dapat meningkatkan tekanan darah

 

Etiologi Gastroenteritis

Dalam penyakit ini penyebab utamanya adalah virus, khususnya rotavirus. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh bakteri, infeksi nosokomial, parasit dan penyebab lainnya. Gastroenteritis atau diare paling umum disebabkan oleh virus dengan jenis bernama rotavirus yang bisa menyebabkan diare dan kematian pada bayi dan anak-anak. Virus lain yang menyebabkan penyakit ini adalah norovirus, enteric adenovirus sapovirus dan astrovirus

Baca Juga :  Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

Virus utama yang menyebabkan penyakit ini atau rotavirus merupakan virus yang berlapis tiga dan bersegmen RNA double-stranded. Sedangkan bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah jenis bakteri escherichia coli, shigella species dan yersinia enterocolitica.

Adapun etiologi non-infeksius yang bisa menyebabkan penyakit diare adalah jamur beracun, obat-obatan, keracunan zat kimia dan adanya penyakit yang mendasari

 

Etiologi Faringitis

Etiologi faringitis atau radang tenggorokan ini bisa berupa infeksi dan non-infeksi. Infeksinya bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur sedangkan non-infeksi bisa dari faktor lingkungan sekitar atau fisiokimia.

Jenis bakteri yang bisa menyebabkan radang tenggorokan ini adalah bakteri yersinia pestis, treponema pallidum, mixed anaerobes, neissena gonorhoeae dan fusobacterium necrophorum.

Sedangkan jenis virus yang bisa menyebabkan penyakit ini adalah virus adenovirus, coronavirus, influenza A dan B, parainfluenza, HIV, cytomegalovirus, rhinovirus dan coxsackievirus.

Radang tenggorokan juga bisa berupa non-infeksi, yaitu :

  • Faktor fisiokimia. Yang bisa menyebabkan radang tenggorokan adalah merokok, penggunaan pita suara berlebihan, penyakit komorbid dan penggunaan obat-obat tertentu
  • Faktor lingkungan, polusi udara, zat iritan pada lingkungan dan kelembapan yang rendah

 

Etiologi Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan adanya peningkatan gula darah akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh manusia yang merupakan akibat dari organ pankreas yang tidak dapat memproduksi hormon insulin sesuai yang dibutuhkan tubuh.

Diabetes dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu :

  • Diabetes tipe 1

Diabetes tipe ini bisa disebabkan oleh faktor genetik, yaitu keturunan dan faktor lingkungan yang dapat memicu adanya destruksi sel beta. Virus dan toksin dapat memicu proses otoimun yang menimbulkan hilangnya sel beta tersebut.

  • Diabetes tipe 2

Faktor yang menyebabkan diabetes tipe ini adalah usia, obesitas dan riwayat keluarga

  • Diabetes Gestasional

Diabetes ini di picu oleh kelainan saat kehamilan. Dalam tipe ini diperkirakan adanya perubahan metabolisme glukosa

Baca Juga :  Jaringan Otot - Ciri Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Gambarnya

 

Itulah beberapa contoh dari cabang biologi etiologi yang ada di dunia kedokteran. Penyakit-penyakit di atas bisa kita hindari dengan pola hidup sehat, atau jika sudah terlanjur mengidap penyakit tersebut, segeralah obati ke dokter. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan para Sahabat Biologi.

Artikel Lainnya :

Replikasi Dna – Penjelasan Lengkapnya

Kerongkongan – Penjelasan, Struktur, Bagian-bagian, Gambar

Proliferasi Adalah – Pengertian, Jenis, Proses Terjadinya Proliferasi Sel