Ekosistem Sawah – Penjelasan Berserta Rantai makannya

Posted on

Ekosistem Sawah – Penjelasan Berserta Rantai makannya

Ekosistem Sawah – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan lengkap mengenai ekosistem sawah mulai dari penjelasan beserta dengan rantai makanannya. Apa kalian sudah mengenal apa itu ekosistem sawah berikut ini penjelasan nya yuk simak dibawah ini.

 

Ekosistem Sawah

Ekosistem sawah termasuk ekosistem buatan yang terletak di daratan. Disebut dengan ekosistem buatan bukannya tanpa alasan, hal ini dikarenakan sawah sengaja di buat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Sawah adalah ekosistem berbentuk lahan pertanian yang memiliki permukaan tanah yang datar.

Tanaman yang paling sering di tanam adalah padi yang menjadi komponen utama, terdapat beberapa tanaman lain juga yang tumbuh di sawah seperti rumput, selain tanaman juga terdapat beberapa hewan yang hidup di ekosistem sawah seperti burung, serangga dan ulat.

Jenis – Jenis Ekosistem Sawah

  1. Ekosistem Sawah Tadah Hujan

Ekosistem sawah tadah hujan adalah ekosistem yg tergantung pada air hujan. tanaman yang akan di tanam di ekosistem sawah tadah hujan hanya bisa di tanam ketika musim penghujan dan apa bila terjadi kemarau sawah akan di biarkan begitu saja karena ekosistem tadah hujan hanya mengandalkan air hujan untuk mengaliri lahan pertanian agar tanaman dapat di panen.

  1. Ekosistem Sawah Pasang Surut

Kenapa di namakan ekosistem sawah pasang surut, karena sawah ini terletak di dekat rawa-rawa,sungai atau pantai. Air yang tidak tertahan akan mengalir ke sawah dan tanaman ekosistem sawah pasang surut harus tahan terhadap kontaminasi air garam jika tidak maka tanaman akan cepat mati dan tidak dapat di panen.

  1. Ekosistem Sawah Lebak

Ekosistem sawah lebak di mana sawah lebak di mana sawah nya terdapat dia antara dua aliran sungai yang besar sehingga para petani tidak usah merasa takut apa bila terjadi musim kemarau. Denagan memanfaatkan sistem irigasi dari kedua aliran sungai yang terdapat pada sisi kanan dan kiri sawah akan membua tanaman tetap dapat di panen.

Baca Juga :  Sistem Ekskresi Pada Manusia – Organ, Fungsi Dan Gambarnya

 

Komponen Ekosistem Sawah

  1. Komponen Biotik

Semua yang termasuk makhluk hidup di ekosistem sawah di sebut komponen biotik. Komponen biotik di kelompokkan menjadi tiga jenis yaitu:

– Tumbuhan Primer

Tumbuhan yang sengaja di tanam petani seperti padi dan menguntungkan petani.

– Tumbuhan Skunder

Tumbuhan yang tidak sengaja tumbuh dan harus di hilang agar tidak merusak tumbuhan primer bersifat merugikan.

  1. Komponen Abiotik

Semua unsur-unsur yang di bentuk oleh alam dan dapat di olah kembali oleh manusia di sebut dengan komponen abiotik terdiri dari :

Tanah, cahaya matahari dan air.

 

Rantai Makanannya

Rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dengan perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui jenjang makanan atau seni organisme. Untuk panjang rantai makanannya sendiri dapat ditentukan dengan seberapa banyak titik penghubung yang ada di antara tingkatan trofik dan bergerak dengan cara linear dari produsen menuju ke konsumen.

Terdapat beberapa organisasi dalam rangkai makanan ekosistem sawah yaitu :

  1. Produsen

Yang di maksud dengan produsen adalah padai dan rumput yang ada di tepi sawah. Tanpa perlu bergantung pada organisme lain tanaman ini dapat menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari dengan  proses fotosintesis.

  1. Konsumen Satu

Konsumen ini di sebut sebagai pemakan padi seperti hama, tikus, burung dan serangga lainnya yang akan menyebabkan petani gagal panen.

  1. Konsumen Dua

Konsumen ini sebagai pemakan konsumen satu terdiri dari binatang karnivora (pemakan daging) seperti ular sawah,keberadaan konsumen dua lebih sedikit dari konsumen satu.

  1. Konsumen Tiga

Konsumen ini sebagai pemakan konsumen dua seperti elang.

  1. Dekomposer atau Pengurai

Ini merupakan konsumen terakhir yang akan mengurai senyawa yang telah mati yang akan menjadi pupuk untuk tanaman yang ada di sawah. Contoh nya: Padi yang akan menjadi makanan serangga atau katak,lalu katak akan di makan lagi oleh ular sawah, ular sawah akan menjadi makanan burung elang, pembusukan yang terjadi pada elang ketika mati akan jadi pengurai atau pupuk untuk tanaman padi.

Baca Juga :  Rangkuman Virus - Struktur, Peranan, dan Ciri-Cirinya

 

Bagaiman sahabat pembaca apa sekarang kalian sudah mengerti tentang ekosistem sawah? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat ya buat para sahabat pembaca. Sampai ketemu di artikel berikut nya.

 

Artikel Lainnya :

  1. Radiasi Benda Hitam – Pengertian, Hukum, Sifat dan Contohnya
  2. Pencemaran Suara – Gambar, Ciri-Ciri, Dampak, Solusi Mengatasinya
  3. Batuan Sedimen – Proses Pembentukan, Ciri-Ciri, Berserta Contoh
  4. Proses Pembentukan Minyak Bumi
  5. Cagar Alam – Pengertian, Fungsi, Contoh, Beserta Gambar