Ekosistem Adalah – Pengertian Dan Komponennya

Posted on

Ekosistem Adalah – Pengertian Dan Komponennya

Ekosistem Adalah – Pastinya ada mengerti apa yang dimaksud dengan ekosistem. Akan tetapi tak banyak orang yang bisa menjawab dengan tepat apa itu ekosistem sehingga dari pertanyaan ini kami telah menyediakan artikel untuk membahas secara langsung mengenai ekosistem dan mungkin di antara anda sudah mengetahuinya akan tetapi tidak mengerti secara jelas apa itu ekosistem, mulai dari pengertian dan komponennya. Tak perlu pusing berikut ini adalah ulasan lengkapnya, simak hingga selesai artikel di bawah ini ya.

Pengertian Ekosistem

Secara umum ekosistem diartikan sebagai suatu sistem yang terbentuk dikarenakan adanya hubungan timbal bali di antara makhluk hidup dengan lingkungan hidunya dan juga di antara keduanya tak bisa dipisahkan.

Ekosistem ini sendiri juga bisa disebut dengan ekologi yakni suatu tatanan kehidupan di dalam suatu kesatuan secara utuh dan juga secara menyeluruh di antara seluruh komponen – komponen lingkungan yang masing masing mempunyai pengaruh antara satu dengan yang lainnya.

Itulah pengertian ekosistem secara umum, agar lebih jelas lagi kami juga sudah menyediakan pengertian ekosistem menurut para ahli biologi. Silahkan simak di bawah ini.

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Biologi

  1. Pengertian Ekosistem menurut A.G. Tansley (1935)

A.G. Tansley ekosistem adalah unit dari ekologi atau An Ecological Unit yang ada di dalam sistemnya dan terdapat sebuah struktur – struktur dan fungsinya masing – masing serta bisa mempengaruhi suatu timbal balik yang ada di antaranya.

  1. Pengertian Ekosistem menurut Odum (1993)
Baca Juga :  Fungsi Sentriol – Pada Sel Hewan, Pada Sel Tumbuhan

Sementara itu menurut Odum ekosistem adalah suatu unit fungsional dasar di dalam ekologi yang di dalamnya terdapat sebuah organisme atau hewan, tumbuhan serta manusia dan lingkungannya di mana antara keduanya ini saling mempengaruhi antara satu sama lain.

  1. Pengertian Ekosistem menurut Soemarwoto (1983)

Pengertian Ekosistem menurut Soemarwoto yaitu Bahwa pada suatu sistem ekologi terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

  1. Pengertian Ekosistem UU Lingkungan Hidup (1997)

Jika menurut UU Lingkungan Hidup ekosistem adalah suatu tatanan hidup yang menjadi satu yang utuh dan juga menyeluruh antara semua unsure lingkungan hidup dan semuanya saling mempengaruhi satu sama lain.

Komponen-Komponen Pembentukan Ekosistem

Ekosistem sendiri dibentuk dari 2 komponen yakni Komponen Biotik & Komponen Abiotik. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Komponen Biotik

Komponen ini adalah suatu komponen ekosistem yang berupa benda hidup atau orgasme seperti Heterotrof (Konsumen) & Pengurai (Dekomposer).

  1. Heterotof (Konsumen)

Komponen ini merupakan suatu organisme yang menggunakan bahan organic yang telah tersedia akibat adalanya suatu organisme yang berperan sebagai makananya.

Komponen ini sendiri biasa memanfaatkan makanan yang dimakannya lebih kecil serta disebut dengan komponen makro atay fagotrof.

  1. Dekomposer (Pengurai)

Kompone ini merupakan suatu organisme yang bertugas untuk mengurai sebuah bahan organic yang asalnya dari organisme yang telah mati.

Komponen ini biasa memanfaatkan makanan yang dimakannya dalam jumlah banyak atau jumlah besar sehingga disebut dengan makro atau sapotrof.

  1. Komponen Abiotik

Komponen berikutnya adalah komponen abiotik yang merupakan suatu ekosistem yang tediri dari benda mati atau non hayati. Contohnya seperti Suhu, Air, Garam, Tanah, Cahaya Matahari, & Iklim.

  1. Suhu

Suhu adalah suatu proses biologi yang bisa dipengaruhi oleh perubahan pada suhu, contohnya sepert Mamalia dan Burung yang merupakan makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk mengatur sendiri suhu yang ada di dalam tubuhnya.

  1. Air
Baca Juga :  Vakuola Adalah – Pengertian, Fungsi, Struktur

Ketersiaan air bisa mempengaruhi distribusinya suatu organisme misalnya saja Organisme mampu beradaptasi serta bertahan hidup dengan cara memanfaatkan ketersediaan air yang berada padang pasir.

  1. Garam

Suatu konsentrat yang ada pada sebuah garam yang mempengaruhi keseimbangan di dalam air dan di dalam organisme melalui bantuan osmosis. Misalnya saja beberapa organisme Terestrial bsia dengan mudah beradaptasi pada lingkungan, yang memiliki kandungan garam cukup tinggi.

  1. Sinar Matahari

Intensitas dan kualitas yang ada pada sebuah cahaya matahari akan mampu untuk mempengaruhi suatu proses fotosintesi dikarenakan air bisa menyerap cahaya sehingga proses fotosintesi ini bisa terjadi di sekitar permukaan matahari misalnya saja seperti di padang pasir intensitas cahaya yang besar membuat peningkatan suhu sehingga membuat hewan dan juga tumbuhan yang hidup di sana bisa merasa depresi.

 

Demikian pembahasan mengenai pengertian ekosistem secara lengkap serta komponennya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Artikel Lainnya: