Ekosistem adalah – Pengertian, Jenis, Fungsi, Komponen

Posted on

Ekosistem adalah – Pengertian, Jenis, Fungsi, Komponen

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk karena adanya interaksi atau hubungan timbal balik yang tidak dapat dipisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Bisa dikatakan ekosistem merupakan suatu kesatuan yang utuh dari lingkungan dan makhluk hidup yang saling memperngaruhi.

Pada dasarnya dalam sebuah ekosistem, setiap makhluk hidup akan berkembang secara bersama-sama dengan kondisi lingkungannya. Maksunya, makhluk hidup akan beradaptasi dengan lingkungannya begitupun sebaliknya makhluk hidup juga akan mempengaruhi kondisi lingkungannya untuk memenuhi keperluan hidup.

Hal ini sendiri dapat dilihat jika berdasarkan teori hipotesis Gaia yang mengatakan.  Jika Setiap organisme, khususnya mikroorganisme akan bersama-sama dalam menciptakan pengendalian sistem (system control) untuk menjaga kondisi bumi.

Jenis Ekosistem

Ada beberapa jenis ekosistem yang ada di dunia. Berikut adalah penjelasannya:

1. Ekosistem Darat

Pertama, ada ekosistem darat. Ekosistem ini menempati seluruh daratan di permukaan bumi. Lebih jelasnya lagi, ekosistem darat dibagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. Hutan hujan tropis, yaitu jenis ekosistem darat yang berada pada letak geografis atau daerah yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang sangat tinggi.
  2. Hutan gugur, yaitu jenis ekosistem darat yang berada pada daerah sub tropis dengan curah hujan yang cukup.
  3. Padang rumput, yaitu jenis ekositem darat yang berada pada derah yang memiliki curah hujan yang cenderung rendah.
  4. Gurun, yaitu jenis ekosistem darat yang berada pada daerah dengan temperatur yang sangat panas dan minim hujan.

 

2. Ekosistem Air

Ekositem ini menempati seluruh perairan di bumi. Ekosistem ini juga terbagi menjadi beberapa macam, antara lain:

  1. Air laut, yaitu jenis ekositem air yang memiliki kadar garam tinggi.
  2. Air tawar, yaitu jenis ekositem air dengan variasi suhu rendah dan tidak memiliki kadar garam.
  3. Danau, yaitu jenis ekosistem air yang berada pada wilayah danau. Wilayah ini merupakan wilayah perairan yang dikelilingi oleh wilayah daratan.
  4. Ekosistem Buatan
Baca Juga :  Endoplasma - Jenis, Fungsi Beserta Gambar

Terakhir, ada ekositem buatan. Ekosistem jenis ini merupakan ekositem yang sengaja dibuat baik dalam ekosistem darat atau air. Seperti, aquarium, kebun binatang, kolam ikan dll.

Fungsi Ekosistem

Sesuai dengan pengertiannya bahwa ekosistem adalah suatu sistem ekologi. Maka, secara fungsional ekosistem memiliki peran sebagai penunjang kehidupan.

Secara fungsional, maka ekosistem dapat dianalisa menggunakan faktor-faktor berikut:

  1. Lingkaran Energi

Sesuai dengan azas energi bahwa energi tidak dapat dihilangkan, dihancurkan atau diciptakan tetapi energi dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lain.

Oleh karena itu, semua energi yang masuk ke dalam organisme hidup atau populasi (ekosistem) dapat dianggap sebagai energi yang tersimpan atau terlepaskan.

  1. Rantai Makanan

Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan atau melalui jenjang makanan. Semakain pendek rantai makanan maka semakin besar energi yang tersedia.

  1. Perkembangan dan Evolusi

Lingkungan yang secara fisik semakin baik maka memungkinkan terjadinya keanekaragaman biologi dalam suatu ekosistem dan menunjang sebuah populasi untuk berkembang.

  1. Pengendalian

Suatu organisme dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan organisme juga dapat membuat lingkungan menyesuaikan kebutuhan biologisnya. Jika dicontohkan seperti tumbuhan yang dapat mempengaruhi tanah tempat tumbuhnya.

Komponen Ekosistem

Komponen ekosistem adalah bagian-bagian yang membentuk ekosistem. Secara umum, suatu ekosistem dibentuk oleh suatu kesatuan biotik dan abiotik yang saling berikteraksi. Lebih jelasnya komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Komponen Biotik

Komponen biotik merupakan bagian yang hidup (organisme/makhluk hidup). Komponen biotik juga terdiri dari produsen, konsumen (heterotrof), pengurai (dekomposer) dan penghancur (detivritor).

  1. Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan bagian fisik dan kimia (tidak hidup) yang memiliki peran sebagai medium atau tempat berlangsungnya kehidupan makhluk hidup (organisme). Komponen ini seperti, senyawa organik, anorganik dan beberapa faktor yang mempengaruhi distripbusi organisme (suhu, air, garam, cahaya matahari dan iklim).

Baca Juga :  Hujan Asam - Pengertian, Penyebab dan Cara Pencegahan

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian ekosistem, jenis, fungsi dan komponennya. Berdasarkan penjelasan di atas ekosistem tidak akan bisa dilepaskan dari hubungan antara komponen biotik dan abiotik di dalamnya.

Artikel Lainnya :

Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Metabolisme Protein – Pengertian Dan Proses Terjadinya Pada Tubuh

Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan Dan Fungsinya