Ekologi Adalah – Ruang Lingkup Dan Pengertiannya

Posted on

Ekologi Adalah – Ruang Lingkup Dan Pengertiannya

Ekologi – mungkin anda sering mendengar kata ini dalam pelajaran biologi atau pun ilmu pengetahuan alam, namun apakah anda mengerti apa arti kata ekologi? Memang masih banyak sekali yang belum mengerti apa itu ekologi meski sering mendengar kata ini. Sehingga pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai pengertian ekologi serta ruang lingkupnya.

Pengertian Ekologi

Dalam artikel ini akan memberikan beberapa pengertian mengenai apa itu ekologi dari berbagai macam sumber dan semoga dari sini bisa memberikan pengetahuan yang lebih banyak untuk pembaca.

Dalam pengertian umum Ekologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup atau kelompok makhluk hidup dengan lingkungannya.  Ekologi sendiri berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata yakni Oikos yang artinya habitat dan Logos yang artinya “Ilmu”.

Menurut Ernest Haeckel : Sedangkan menurut Ernest Haeckel pada tahun 1866, ekologi memiliki arti sebagai ilmu pengetahuan komprehensif yang membahas lengkap mengani hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya.

 

Menurut G. Tyler Miller : Sementara menurut seorang G. Tyler Miller pada 1975, yang mendefinisikan ekologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lain dan juga  dengan lingkungannya.

Sehingga dari sini bisa dilihat bahwa ekologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara sesama organisme dan juga antara organisme dengan lingkungannya.

Nah itulah dia pengertian lengkap tentang apa itu ekologi mulai dari pengetian umum hingga pengertian dari berbagai sumber informasi yang sengaja di rangkum untuk menambah ilmu pengetahuan anda.

Baca Juga :  Fungsi Sitoplasma Pada Sel Tumbuhan Dan Bakteri

Setelah membahas mengenai pengertian dari ekologi sekarang artikel ini akan membahas mengenai ruang lingkup ekologi itu sendiri. Apa itu ruang lingkup ekologi? Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini ya.

 

Di dunia ini tidak ada makhluk hidup yang hidup sendirian, semuanya pasti berinteraksi satu sama lain. Kehidupan mereka saling mempengaruhi satu sama lain. Manusia membutuhkan tumbuhan sebagai bahan makanan. Mereka menanam berbagai macam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Tumbuhan juga membutuhkan manusia untuk tetap tumbuh dengan subur. Hal tersebut merupakan interaksi antara manusia dan tumbuhan. Keduanya salling membutuhkan satu sama lain. Ada juga interaksi antara manusia dan hewan, manusia memelihara hewan ternak untuk dimanfaatkan daging atau telurnya. Hewan juga membutuhkan manusia dalam hal penyediaan makanan maupun perawatan ketika sakit.

Selain interaksi antar makhluk hidup, anda juga interaksi antara makhluk hidup dengan benda tak hidup, cotohnya manusia yang membutuhkan air, udara, dan cahaya.  Itu juga merupakan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jadi, semua yang ada di dunia ini baik itu makhluk hidup maupun benda tak hidup memiliki  hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi satu sama lain. Itu merupakan gambaran dari pengertian ekologi.

Ruang Lingkup Ekologi

Secara umum, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai interaksi antara sesama organisme dan juga antara organisme dengan lingkungannya. Sementara itu batasan pokok bahasan atau ruang lingkup ekologi adalah sebagai berikut:

  1. Individu : Individu adalah organisme tunggal atau satuan organisme dari setiap jenis tertentu. Misalnya; seekor tikus, seorang manusia, sebatang pohong jambu, sebatang pohon kelapa, dan sebagainya.
  1. Populasi : Populasi adalah suatu kumpulan individu dari jenis yang sama yang berada di suatu waktu dan tempat yang sama. Misalnya populasi manusia, sekawanan angsa, sekelompok semut, seratus domba, sekelompok kijang, populasi burung, populasi rumput, dan sebagainya.
  1. Komunitas : Komunitas adalah kumpulan makhluk hidup dari beberapa populasi yang hidup pada waktu dan tempat yang sama dan saling berinteraksi serta mempengaruhi satu sama lain. Dengan kata lain, dalam suatu komunitas terdapat banyak populasi. Misalnya komunitas terumbu karang yang terdapat populasi ikan, populasi ganggang dan populasi hewan di sekitarnya.
  1. Ekosistem : Ekosistem adalah suatu kondisi dimana terjadi hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem merupakan gabungan dari individu, populasi dan komunitas yang di dalammya terdapat hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya. Misalnya ekosistem hutan, ekosistem air laut, dan lain sebagainya.
  1. Biosfer : Biosfer adalah sistem kehidupan paling besar karena merupakan gabungan ekosistem yang ada di planet bumi. Seluruh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya membentuk suatu kesatuan yang utuh. Contohnya planet bumi yang didalammya terdapat berbagai macam ekosistem.
Baca Juga :  Fungsi Rongga Mulut – Disertai Organ Aksesori Di Dalamnya

Sudah tahu apa saja ruang lingkup ekologi yang wajib anda ketahui. Demikianlah pembahasan tentang pengertian ekologi beserta ruang lingkupnya. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang hubungan antar sesama makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya.

Mudah-mudahan dari artikel ini anda bisa mengetahui pengertian serta ruang lingkup ekologi. Semoga bermanfaat.

Artikel yang banyak dikunjungi :