Daur Air – Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya

Posted on

Daur Air – Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya

 

Daur Air– Kita sangat membutuhkan air, air adalah senyawa yang mendukung adanya kehidupan di alam semesta ini. Manusia, Hewan, Tumbuhan sangat lah menggantungkan hidup kepada air.

Ketersediaan air di muka bumi ini dapat trus terjaga karena adanya proses alam melalui daur air.Daur air banyak memiliki manfaat yaitu dapat mengatur suhu lingkungan dan cuaca contohnya dapat menciptakan hujan.

 

A. Gambar Urutan Daur Air

Tahapan Daur Air
Tahapan Daur Air

 

B. Proses urutan dan tahap tahap daur air

1. Evaporasi

evaporasi
evaporasi

Proses ini adalah proses penguapan air yang ada di permukaan bumi karena adanya energi panas dari matahari, seperti laut,danau,sungai,tanah, dan sebagainya berubah menjadi uap air kemudian naik keatas lapisan atmosfer. Semakin besar energi panas matahari yang sampai ke permukaan bumi maka laju eveporasi juga akan semakin besar.

 

2.Transpirasi

Transpirasi
Transpirasi

Selain berasal dari sumber air langsung, penguapan dalam daur air di permukaan bumi juga dapat terjadi pada jaringan tumbuhan. Penguapan semacam ini disebut juga dengan istilah transpirasi. Akar tanaman menyerap air dan mendorongnya ke daun untuk digunakan dalam proses fotosintesis. Air hasil fotosintesis ini kemudian dikeluarkan oleh tanaman melalui stomata sebagai uap air.

 

3.Sublimasi

sublimasi
sublimasi

Sublimasi adalah proses di mana es berubah menjadi uap air tanpa lebih dulu berada dalam fase cair. Sumber utama air dari proses sublimasi adalah lapisan es dari kutub utara, kutub selatan, dan es di pegunungan. Dalam daur air, sublimasi merupakan proses yang lebih lambat dari penguapan.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam Adalah

 

4. Kondensasi

kondensasi
kondensasi

Ketika air menguap menjadi uap air, ia akan naik ke lapisan atas atmosfer. Di ketinggian tertentu, uap air berubah menjadi partikel es yang berukuran sangat kecil karena karena pengaruh suhu udara yang rendah. Proses ini disebut kondensasi. Partikel-partikel es tadi akan saling mendekati satu sama lain, bersatu kemudian membentuk awan dan kabut di langit.

 

5. Pengendapan (presipitasi)

presipitasi
presipitasi

Awan (uap air yang terkondensasi) kemudian turun ke permukaan bumi sebagai hujan karena pengaruh angin panas atau perubahan suhu. Jika suhu sangat rendah (di bawah 0 derajat), tetesan air jatuh sebagai salju atau hujan es.

Melalui salah satu proses dalam daur air ini, air kemudian masuk kembali ke lapisan litosfer.

 

Demikian penjelasan tentang Daur air, semoga artikel kami ini bermanfaat dan dapat menjadi refrensi anda dalam memahami Proses Daur Air secara detail.

Daur Air – Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya
5 (100%) 71 vote[s]