Coelenterata – Pengertian, Striktur Tubuh, Reproduksi, Manfaat, Gambarnya

Posted on

Coelenterata – Pengertian, Striktur Tubuh, Reproduksi, Manfaat, Gambarnya

Ekosistem.co.id – Nama Coelenterata mungkin masih asing di telinga sahabat biologi semua ya, atau bahkan sahabat biologi belum pernah mendengar apa itu Coelenterata.  Nah, maka dari sangat pas jika sahabat biologi mampir ke website kami, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Coelenterata mulai dari pengertian, struktur tubuh, reproduksi dan manfaatnya yang akan disertai dengan gambarnya khusus untuk sahabat biologi semua.

Yuk, langsung saja simak di bawah ini penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Coelenterata

Coelenterata memiliki nama lain Cnidaria merupakan jenis hewan invertebrata yang memiliki rongga dengan bentuk tubuh salah satunya seperti tabung yang dikelilingi dengan tentakel pada mulutnya yang akan menghadap ke dasar laut pada saat berenang.

Apakah sahabat biologi tahu jika Coelenterata berasal dari bahasa Yunani yakni Coeles dan interon, yang jika digabung keduanya akan memiliki arti rongga usus, hal ini merujuk pada bentuk tubuh Coelenterata yang menyerupai alat pencernaan atau gastrovaskuler.

 

Struktur Tubuh Coelenterata

Coelenterata disebut sebagai hewan berongga karena memiliki jaringan luar yang disebut dengan eksoderm dan jaringan dalam yang disebut dengan endoderm dan juga sistem otot yang bentuknya menyilang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah struktur tubuh dari Coelenterata.

  1. Struktur Coelenterata yang pertama adalah epidermis yang merupakan lapisan tubuh paling luar dan tersusun dari 5 sel yakni sel interstisial, sel kelena, sel epotel otot, sel kelenjar lendir, sel knidosit dan sel saraf indra.
  2. Struktur Coelenterata yang kedua terdiri dari rongga yang di dalamnya berisikan bahan contohnya seperti gelatin serta tidak mengandung sel sel sedangkan di antara epidermis dan gastrodermis terdapat mesogela.
  3. Struktur terakhir yang terdapat pada Coelenterata ini adalah gastrodermis yang terdiri dari beberapa sel pendukungnya yakni sel kelenjar enzim, sel otot berflagela dan sebagian besar Coelenterata ini mempunyai nematosista yang terdapat pada bagian gastrodermis Coelenterata ini. Tetapi perlu sahabat biologi ketahui jika hydra tidak memilikinya karena di dalam hydra terdapat zoochlorella. Zoochlorella ini sendiri hidup secara bersimbiosis sehingga membuat warna hydra menjadi lebih cerah, yakni berwarna hijau cerah.
Baca Juga :  Bagian - Bagian Telinga – Pengertian, Fungsi dan Gambar

 

Sistem Reproduksi Pada Coelenterata

Tahu kah, sahabat biologi jika Coelenterata berkembangbiak dengan menggunakan dua cara yakni secara aseksual dan seksual, mari simak penjelasannya di bawah ini yuk.

  1. Aseksual atau Vegatatif

Proses ini dilakukan oleh Coelenterata dengan cara membentuk kuncup pada bagian kaki yang terdapat pada fase polip, kuncup ini sendiri semakin lama semakin membesar yang akhirnya akan membentuk tentakel dan tumbuh pada sekitar kaki hingga akhirnya semakin membesar yang nantinya akan tumbuh membentuk tentakel baru.

Kuncup akan tumbuh di sekitar kaki hingga besar dan hingga induknya membuat kuncup yang baru yang kemudian akan membentuk semakin banyak yang akhirnya akan berubah menjadi sebuah koloni baru.

  1. Seksual atau Generatif

Coelenterata juga dapat berkembang biak dengan cara seksual. Caranya adalah dengan melakukan peleburan sel sperma dengan sel pada ovum. Proses ini terjadi pada fase medusa.

Coelenterata memiliki testis yang letaknya berada di dedekat tentakel sedangkan di kaki Coelenterata terletak ovarium. Coelenterata akan mengeluarkan sperma yang sudah matang yang kemudian akan berenang menuju ovum untuk membuahinya, ovum sendiri akan berbentuk zigot pada saat dibuahi.

Zigot akan tumbuh di ovarium yang akhirnya akan berubah menjadi larva. Hingga akhirnya larva akan memiliki silia yang disebut dengan planula yang kemudian dari planula ini akan meninggalkan induknya untuk membentuk polip di dasar perairan hingga akhirnya terbentuk Coelenterata baru.

 

Manfaat Coelenterata

Sudah tahu penjelasan mengenai Coelenterata, struktur hingga cara Coelenterata berkembang biak, tak lengkap rasanya jika sahabat biologi tidak tahu apa saja manfaat Coelenterata. Ya, ternyata Coelenterata juga memiliki manfaat loh, khususnya untuk manusia. Simak di bawah ini manfaat Coelenterata.

  1. Coelenterata atau ubur ubur bisa dibuat menjadi tepung yang nantinya akan digunakan sebagai bahan komestik.
  2. Di Jepang Coelenterata juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang sehat dan lezat.
  3. Kerangka tubuh Coelenterata bisa menjadi karang untuk melindungi pantai dari abrasi.
  4. Karang dari Coelenterata ini juga bisa menjadi tempat persembunyian ikan.
  5. Karang dari Coelenterata juga bisa membentuk ekosistem terumbu karang.
  6. Karang dari Coelenterata juga bisa digunakan sebagai hiasan.
  7. Karang dari Coelenterata juga bisa menjadi objek wisata terumbu karang yang indah.
Baca Juga :  Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Habitat, Fungsi Diserta Gambar

 

Gambar Coelenterata

 

Ternyata Coelenterata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan terumbu karang ya, sahabat biologi. Nah, bagaimana dengan penjelasan di atas? Semoga bisa dijadikan sebagai refrensi belajar ya.

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Kultur Jaringan – Lengkap Dengan Penjelasannya
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Daur Air, Pengertian, Proses dan Gambar
  3. Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh