Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Habitat, Fungsi Diserta Gambar

Posted on

Setelah kita membahas mengenai ciri ciri khusus pada hewan, sekarang kita akan membahas tentang ciri ciri khusus pada tumbuhan. Tak hanya hewan saja ternyata yang memiliki ciri ciri khusus, tumbuhan pun rupanya juga memiliki ciri ciri khusus yang bisa diihat secara langsung dari bentuknya yang unik dan berbeda dari yang lain.

Alam sendiri memang memiliki banyak sekali jenis tumbuhan yang beraneka ragam, mulai dari bentuk, warna hingga habitatnya yang tak biasa. Pastinya anda juga pernah melihat atau bahkan mengamati tumbuhan yang memiliki bentuk aneh dan tak biasa sehingga membuat anda bertanya – tanya, mengapa tumbuhan tersebut memiliki bentuk yang unik.

Tentunya anda masih belum tahu jika sebenarnya pada setiap tumbuhan mempunyai ciri ciri yang masing masing digunakan untuk mempertahankan dirinya atau untuk bertahan hidup, agar lebih jelas, kami telah merangkum beberapa contoh tumbuhan yang memiliki ciri ciri khusus di bawah ini.

 

Ciri Khusus Dari Tiap Tumbuhan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika terdapat tumbuhan yang mempunyai bentuk dan ciri – ciri khusus yang khas sehingga tumbuhan tersebut terlihat unik dan menarik, beberapa tumbuhan dengan ciri ciri unik ini bisa ditemukan di sekitar kita tapi ada juga tumbuhan yang hanya hidup di tempat tertentu saja sehingga berada jauh dari jangkauan manusia. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan dengan ciri ciri khusus yang unik.

Baca Juga :  Siklus Air – Pengertian dan Proses Terjadinya

1.) Bunga Bangkai

Karena memiliki bau yang menyengat membuat tumbuhan ini disebut dengan bunga bangkai, sahabat biologi mungkin tidak akan dengan mudah menemukannya di sekeliling kalian.

Sebab bisa dibilang bunga ini merupakan tumbuhan langka dengan bau menyenangat yang berfungsi untuk menarik serangga agar melalukan penyerbukan. Selain itu bau tidak sedap ini akan membuat bunga mampu mempertahankan diri dari serangan musuh yang hendak menghancurkannya.

 

2.) Teratai

Ciri khusus dari teratai bisa sahabat belajar lihat dari daunnya yang lebar dan tipis. Serta batang dan akar yang berongga – rongga yang memiliki fungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar dan membantu untuk tetap bernapas meski teratai hidup di dalam air atau lumpur.

 

3.) Kaktus

Sahabat biologi bisa menemukan tumbuhan di daerah yang kering, bentuknya yang unik dengan duri di daunnya ini berfungsi sebagai alat untuk mengurangi penguapan.

 

4.) Mawar

Mawar memiliki batang yang dipenuhi dengan duri tajam dan memiliki fungsi untuk melindunginya dari berbagai macam serangan musuh sementara bunganya memiliki fungsi untuk menarik perhatian serangga untuk membnatu di dalam proses penyerbukan.

 

5.) Bambu

Bambu memiliki bulu yang halus dan gatal jika disentuh yang akan menjaganya dari musuh yang ingin merusak tumbuhan ini.

 

6.) Putri Malu

 

Putri malu memiliki ciri khusus yakni daunnya akan mengatup jika disentuh, dahannya halus, bercabang dan berduri tajam. Duri ini memiliki fungsi untuk melindungi diri dari hewan herbivora yang akan memakannya.

 

7.) Kantong Semar

 

Tumbuhan ini memiliki ciri khusus dengan kantong yang di dalamnya berisi cairan yang bisa digunakan untuk menangkap serangga.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Akar Serabut dan Akar Tunggang

 

8.) Anggrek

 

Tumbuhan satu ini dikenal karena bunganya yang indah sehingga sering dibudidayakan dan ditanam di rumah sebagai hiasan, anggrek sendiri merupakan tumbuhan epifit yang hidup dengan cara menumpang pada tumbuhan lain untul bisa mendapatkan sinar matahari. Namun meski begitu tumbuhan ini bukan lah parasit yang bisa merugikan tanaman yang ditumpanginya.

Karena anggrek tidak akan menyerap air dan juga zat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya karena anggrek hanya memiliki akar yang menggantung untuk bisa bernapas dan cara hidup yang unik ini merupakan ciri khusus dari anggrek selain bunganya yang indah.

 

9.) Bunga Matahari

 

Ciri khusus dari tumbuhan ini adalah bunganya yang selalu mengikuti ke mana arah matahari maka dari itu tumbuhan ini disebut dengan bunga matahari.

 

10.) Pohon Bakau

 

 

Tak hanya bentuk dan tempat tinggalnya yang unik tumbuhan ini juga memiliki cara hidup yang unik dengan maker yang memiliki fungsi untuk melindungi diri pada saat pasang dan ombak datang. Pohon bakau sendiri juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia karena selain bisa menghasilkan oksigen namun pohon ini juga bisa menahan tsunami.

 

11.) Pohon Jati

Salah satu ciri khusus dari tumbuhan ini adalah daun daunnya yang dapat gugur dengan sendirinya di musim kemarau. Hal ini dilakukan oleh pohon jati agar dapat mengurangi penguapan pada tubuhnya. Sehingga mampu menjaga air di dalam tubuh pohon jati di kala kemarau melanda.

 

12.) Venus

Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan karnivora yang di sekeliling tubuhnya dipenuhi oleh nektar. Fungsi nektar adalah untuk memikat serangga agar hingga di tumbuhan tersebut, lalu tumbuhan tersebut akan memakan serangga sebagai mangsa.

Baca Juga :  Spermatogenesis dan Oogenesis

 

13.) Pohon Kelapa

Tumbuhan dengan 1000 manfaat ini memiliki bentuk yang cukup unik dan mudah untuk dikenali, selain itu pohon kelapa juga cukup mudah ditemukan di sekitar sahabat biologi.

Pohon kelapa memiliki ciri buahnya yang mempunyai serabut tebal untuk melindungi buahnya agar tidak mudah basi.

 

14.) Jagung

Ciri unik yang dimiliki oleh jagung bisa sahabat biologi lihat dari rambut kuning yang menyelubungi dan melindungi buahnya. Rambut rambut ini sendiri adalah putik dari jagung dan berfungsi untuk menangkap serbuk sari.

 

15.) Pohon Beringin

Jika sahabat biologi lihat pohon beringin, sahabat biologi pastilah menemukan jika pohon ini memiliki akar tunggal yang sangat besar dan kuat. Fungsi dari akar tunggal ini sendiri adalah agar pohon beringin mendapatkan pasokan uap, air dan gas yang cukup ke tubuhnya.

 

Sudah tahu kan, tumbuhan apa saja yang memiliki ciri – ciri khusus yang tentunya sangat unik untuk dipelajari.

Artikel Lainnya :

  1. Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar
  2. Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Beserta pengertian,Dan Gambarnya
  3. Pengertian Sel – jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya