Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Disertai Gambar

Posted on

Ciri Ciri Khusus Hewan

Ekosistem.co.id – Ciri ciri khusus hewan kali ini bisa dipelajari untuk lebih mengetahui mengenai dunia fauna yang ada di Indonesia. Beberapa hewan memang tercipta dengan ciri khusus yang sangat berbeda dan juga unik.

Namun tidak hanya unik, perbedaan yang dimiliki oleh hewan-hewan tersebut memiliki fungsi tersendiri yang membantu hewan tersebut melaksanakan kegiatannya.

Di dunia ini ada begitu banyak hewan yang bisa anda lihat baik di lingkungan sekitar rumah mau pun di alam liar yang dipenuhi dengan hewan liar dan berbahaya. Setiap hewan memiliki ciri–ciri khusus baik dari sifat mau pun bentuk tubuhnya yang bisa dengan mudah dilihat.

Hewan sendiri adalah makhluk hidup yang tinggal di bumi selain manusia dan tumbuhan dan memiliki keanekaragaman, dan terdapat banyak sekali spesies hewan yang harus dilindungi agar tidak punah. Terutama hewan yang memiliki ciri ciri khusus yang unik sehingga membuat hewan ini banyak diburu.

Maka dari itu, di zaman modern ini muncul kebun binatang dan taman khusus yang dihuni oleh hewan liar dan memiliki tujuan untuk memberikan program yang dilakukan oleh pemerintah mau pun pihak swasta guna melestarikan makhluk hidup yang menjadi identitas dari sebuah Negara tersebut.

Karena memang setiap Negara memiliki ciri khas hewan masing – masing hal ini disebabkan ada beberapa hewan yang hanya hidup dan ditemukan di suatu Negara tertentu saja sehingga hewan tersebut dijadikan sebagai ikon dari sebuah Negara.

Akan tetapi ada juga Negara yang menjadikan hewan tertentu sebagai identitasnya dikarenakan populasi hewan tersebut sangat tinggi jumlahnya di Negara itu.

Sebut saja seperti Thailand yang terkenal dengan hewan gajah karena di sana gajah merupakan hewan yang cukup mudah untuk ditemukan. Sementara Indonesia dikenal dengan harimau komodo yang merupakan hewan yang hanya bisa ditemukan di salah satu pulau yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Anabolisme - Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme

Ciri khusus yang terdapat pada hewan ini memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan dari hewan tersebut untuk bertahan hidup, dengan ciri khusus ini hewan tersebut bisa dikenali dengan mudah dan tetap bisa bertahan hidup dengan segala kondisi.

Fungsinya sendiri adalah untuk melindungi dirinya dari musuh dan juga untuk mendapatkan makanan.

 

Ciri Khusus Hewan Beserta Fungsi, Habitat dan Gambar

1.) Landak

Tubuh landak dipenuhi dengan duri tajam yang sangat berbahaya apabila dipegang, duri ini memang merupakan mekanisme pertahanan yang dimilikinya. Landak merupakan hewan pengerat terbesar karena memiliki tubuh dan bobot yang besar.

Landak bisa ditemukan daratan Asia dan Afrika, namun Landak juga bisa ditemukan di Amerika.

Fungsi Ciri Khusus Landak

Ciri khusus yang dimiliki landak adalah bulu tajam di seluruh tubuhnya yang dapat melindungi dirinya dari musuh dan pemangsa.

 

2.) Tokek dan Cicak

Tokek dan Cicak merupakan jenis reptil yang mampu merayap di pohon, atap atau pun tembok dengan bantuan kaki-kakinya yang unik.

Cicak dan tokek juga memiliki lidah yang sangat panjang dan dapat menjerat mangsanya dengan mudah. Mangsanya bisa berupa serangga kecil di sekitarnya.

Fungsi Ciri Khusus

Kaki kakinya yang lengket membuat cicak dan tokek dapat berjalan, merayap di atap, pohon dan dinding tanpa terjatuh. Lidahnya yang panjang dan lengket sangat berguna untuk memangsa hewan kecil untuk bertahan hidup.

 

3.) Zebra

Zebra merupakan hewan yang masih masuk dalam family kuda sehingga bentuk fisik dan tubuhnya menyerupai kuda. Namun dengan keunikan yang hanya dimiliki oleh zebra.

Habitat asli zebra adalah di daratan Afrika mulai dari Afrika Selatan, Afrika Barat hingga Afrika Timur.

Warna yang dimiliki oleh zebra memanglah sangat unik dan hal inilah yang membedakannya dengan kuda.

Fungsi Ciri Khusus Zebra

Warna hitam putih yang ada pada tubuh zebra membantunya bertahan hidup di padang gurun Afrika agar bisa berkamuflase dan menghindari predator.

 

4.) Kelelawar

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang memiliki kemampuan untuk terbang, termasuk dalam ordo chiropetra, mamalia ini aktif di malam hari. Dan termasuk hewan nocturnal karena akan berkatifitas di malam hari.

Kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi yang membantunya untuk terbang dan melihat benda-benda di sekelilingnya.

Caranya dengan memancarkan gelombang khusus yang akhirnya memantul kembali ke kelelawar sehingga dia dapat mengetahui di mana letak mangsa. Dan objek apa saja yang ada di depannya.

Baca Juga :  Fungsi Mikrofilamen – Penjelasan Lengkap Dengan Gambar

Fungsi Ciri Khusus Kelelawar

Kemampuan ekolokasi yang dimiliki oleh kelelawar ini membantunya untuk mengenali lokasi mangsa dan lawan. Hingga mampu mengenali berbagai macam objek yang ada di sekitarnya, sehingga meski terbang di malam hari. Kelelawar tetap dapat terbang dengan baik.

 

5.) Angsa dan Bebek

Angsa dan bebek memiliki bentuk tubuh unik yang terdapat di kakinya, hewan bertelur ini memiliki selaput di kaki yang berfungsi untuk berjalan di genangan air dengan mudah.

Ya, bebek dan angsa memang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat-tempat berair dan becek seperti sawah dan sungai kecil.

Selain itu bebek juga memiliki bentuk paruh unik yang berfungsi untuk mencari makanan berupa ikan-ikan kecil.

Fungsi Ciri Khusus Bebek dan Angsa

Kaki berselaput yang dimiliki angsa dan bebek bisa digunakan untuk berjalan dengan mudah di genangan air atau sungai kecil. Sedangkan paruh yang dimilikinya sangat berguna untuk mencari makanan di dalam air.

 

6.) Banteng

Banteng adalah hewan yang masih termasuk keluarga sapi dan habitatnya tersebar di wilayah Asia. Tubuh banteng memang menyerupai sapi atau kerbau namun dengan ciri khusus pada tanduknya yang sangat berbahaya.

Tandung dari banteng bisa berbentuk sangat besar dan juga tajam sehingga dapat digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri dari musuh.

Fungsi Ciri Khusus Banteng

Tanduknya yang besar dan tajam dapat digunakan banteng untuk melindungi diri dari pemangsa dan predator yang ada di alam liar.

 

7.) Jerapah

Jerapah merupakan mamalia tertinggi di dunia dan merupakan hewan endemik Afrika dengan tinggi hingga 5,5 cm. Sementara beratnya bisa mencapai 1.300 Kg. Umumnya bentuk tubuh betina akan lebih pendek dan kecil dibanding jerapah jantan.

Bentuk tubuh jerapah memang sangat khas dengan leher yang sangat panjang dibanding dengan tubuhnya. Hal ini bahkan membuat jerapah tidur dengan posisi tetap berdiri.

Fungsi Ciri Khusus Jerapah

Ukuran tubuh dan lehernya yang panjang membantu jerapah makan dari pohon pohon tinggi. Jerapah sendiri merupakan hewan herbivora yang makan tunas daun di dahan pohon yang tinggi.

 

8.) Gurita

Gurita termasuk moluska yang berasal dari kelas cephalopoda dengan lebih dari 289 spesies. Hewan ini memiliki bentuk tubuh yang sangat unik karena memiliki banyak kaki yang dipenuhi dengan tentakel.

Baca Juga :  Fungsi Epidermis - Epidermis Atas, Epidermis Pada Kulit Dan Epidermis Pada Akar

Gurita juga memiliki mode pertahanan unik yakni mengeluarkan tinta saat merasa terancam.

Fungsi Ciri Khusus Gurita

Kaki kakinya yang panjang dengan tentakel yang sangat kuat dapat digunakan untuk menarik mangsa atau sebagai pertahanan bagi si Gurita. Ketika terancam gurita pun akan mengeluarkan tinta hitam pekat dan beracun.

 

9.) Unta

Unta merupakan hewan khas gurun yang tinggal dan bertahan di daerah gersang dan panas. Unta sendiri memiliki kemampuan untuk menahan haus selama berjam-jam berkat punuk yang dimilikinya.

Habitat Unta tersebar antara Afrika dan Asia, hewan ini juga bisa hidup antara 30 hingga 50 tahun.

Fungsi Ciri Khusus Unta

Punuk yang dimiliki unta dapat digunakan menyimpan cadangan air minum sehingga ketika kehausan dan tidak ada mata air. Maka unta akan mengambil persesidiaan air dari punuknya.

Ketika air habis, maka punuk unta pun akan menyusun dan kembali membesar jika sudah diisi. Itulah mengapa unta dapat bertahan di daerah gersang seperti gurun dan dapat membutuhkan waktu hingga 30 menit sekali minum.

 

10.)  Ular

Ular merupakan reptil yang dapat berkembangbiak dengan cara bertelur, ular sendiri terbagi dalam dua jenis yakni ular berbisa dan ular tidak berbisa. Dari bentuk tubuhnya ular memang sangat unik dan berbeda dari hewan lainnya.

Fungsi Ciri Khusus Ular

Ular berbisa menggunakan bisanya untuk membunuh mangsa dan mempertahankan diri dari predator dan musuh. Bisa ular beraneka ragam mulai dari yang ringan hingga yang mematikan. Seperti ular king kobra yang dapat membunuh manusia hanya dalam belasan menit setelah terkena bisanya.

Sedangkan dengan bentuk tubuh uniknya ular tanpa bisa dapat melilit mangsa mau pun musuh yang mengancam nyawanya. Lilitan ular bahkan mampu meremukkan tulang musuhnya dalam sekejap.

 

 

Demikian pembahasan kali ini tentang ciri ciri khusus hewan, semoga bermanfaat bagi anda semua sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar
  2. Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Beserta pengertian,Dan Gambarnya
  3. Pengertian Sel – jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya