Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Disertai Gambar

Posted on

Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Disertai Gambar

Ekosistem.co.id – Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri khusus hewan yang disertai dengan habitat, fungsi beserta dengan gambarnya. Di dunia ini ada begitu banyak hewan yang bisa anda lihat baik di lingkungan sekitar rumah mau pun di alam liar yang dipenuhi dengan hewan liar dan berbahaya. Setiap hewan memiliki ciri – ciri khusus baik dari sifat mau pun bentuk tubuhnya yang bisa dengan mudah dilihat.

Hewan sendiri adalah makhluk hidup yang tinggal di bumi selain manusia dan tumbuhan dan memiliki keanekaragaman, dan terdapat banyak sekali spesies hewan yang harus dilindungi agar tidak punah, terutama hewan yang memiliki ciri ciri khusus yang unik sehingga membuat hewan ini banyak diburu.

Maka dari itu, di zaman modern ini muncul kebun binatang dan taman khusus yang dihuni oleh hewan liar dan memiliki tujuan untuk memberikan program yang dilakukan oleh pemerintah mau pun pihak swasta guna melestarikan makhluk hidup yang menjadi identitas dari sebuah Negara tersebut.

Karena memang setiap Negara memiliki ciri khas hewan masing – masing hal ini disebabkan ada beberapa hewan yang hanya hidup dan ditemukan di suatu Negara tertentu saja sehingga hewan tersebut dijadikan sebagai ikon dari sebuah Negara. Akan tetapi ada juga Negara yang menjadikan hewan tertentu sebagai identitasnya dikarenakan populasi hewan tersebut sangat tinggi jumlahnya di Negara itu.

Sebut saja seperti Thailand yang terkenal dengan hewan gajah karena di sana gajah merupakan hewan yang cukup mudah untuk ditemukan. Sementara Indonesia dikenal dengan harimau komodo yang merupakan hewan yang hanya bisa ditemukan di salah satu pulau yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Ovum – Pengertian, Proses Pembentukan Dan Fungsinya

Ciri khusus yang terdapat pada hewan ini memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan dari hewan tersebut untuk bertahan hidup, dengan ciri khusus ini hewan tersebut bisa dikenali dengan mudah dan tetap bisa bertahan hidup dengan segala kondisi. Fungsinya sendiri adalah untuk melindungi dirinya dari musuh dan juga untuk mendapatkan makanan.

Ciri Khusus Hewan

  1. Landak

Landak memiliki ciri khusus yakni memiliki bulu yang dipenuhi dengan duri, fungsinya adalah sebagai mekanisme pertahanan untuk membantu hewan ini melindungi diri dari ancaman pemangsa atau musuh.

  1. Tokek

Hewan ini memiliki ciri khusus lidah yang panjang dan juga sangat lengket, lidah ini sendiri memiliki fungsi untuk menangkap mangsa yang merupakan serangga kecil di sekitarnya.

  1. Zebra

Zebra memiliki ciri khusus yang sangat mudah untuk dikenali yakni memiliki warna kulit yang belang hitam putih dan memiliki fungsi untuk mengelabuhi predator yang memangsanya.

  1. Kelelawar

Ciri ciri khusus kelelawar adalah kemampuan ekolokasi yang dimilikinya dan berfungsi untuk mendeteksi benda – benda yang ada di sekitarnya. Karena hewan ini merupakan hewan yang aktif di malam hari.

  1. Angsa

Ciri khusus dari angsa adalah kakinya yang memiliki selaput dan bisa digunakan untuk berenang serta mencari makanan di dalam air.

  1. Benteng

Benteng memiliki tanduk yang menjadi ciri khasnya, tanduk ini memiliki fungsi untuk melindungi diri dari musuh yang berbahaya bagi dirinya.

  1. Jerapah

Hewan ini memiliki ciri tubuh yang sangat menonjol dan mudah untuk dikenali yakni lehernya yang sangat panjang. Fungsinya sendiri adalah untuk mencari makanan.

  1. Gurita

Gurita juga menjadi salah satu hewan yang sangat khas karena bentuk tubuhnya yang cukup aneh. Dengan jumlah kaki yang banyak dan tentakel yang dimilikinya hewan ini bisa melindungi diri dari musuh, serta cairan tita hitam yang bisa dikeluarkannya untuk membuat musuh pergi.

  1. Unta

Hewan ini adalah hewan yang sangat kuat karena bisa bertahan hidup di gurung yang gersang, namun dengan ciri tubuh yang unik yakni dua punuk yang dimilikinya, unta bisa menyimpan cadangan air di dalam punuk tersebut sehingga unta dapat bertahan berhari – hari di gurun pasir yang panas dan gersang tanpa minuman.

  1. Udang

Udang memiliki ciri khusus yakni rangka luar yang memiliki fungsi untuk melindungi dirinya dari segala macam ancaman dan bahaya.

Baca Juga :  Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Habitat, Fungsi Diserta Gambar

 

Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda semua sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar
  2. Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Beserta pengertian,Dan Gambarnya
  3. Pengertian Sel – jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya