Jaringan Meristem – Ciri Ciri, Fungsi, Penjelasan Disertai Gambar

Posted on

Jaringan Meristem

Ekosistem.co.id – Jaringan meristem adalah salah satu jenis jaringan yang ada pada tumbuhan.

Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jaringan meristem mulai dari ciri ciri, fungsi, penjelasan dan disertai dengan gambarnya, khusus untuk sahabat biologi semua.

 

Pengertian Jaringan Meristem

Jaringan meristem sendiri merupakan jaringan yang sel sel nya dapat membelah diri dengan menggunakan cara mitosis secara terus menerus atau hal ini dapat disebut juga dengan embrional.

Hal ini sendiri dilakukan untuk menambah jumlah sel sel tubuh pada tumbuhan, meristem terdapat di bagian bagian tertentu saja yang terdapat pada tumbuh–tumbuhan. Sehingga jaringan ini tidak terdapat pada seluruh bagian tumbuhan ya, sahabat biologi, wajib diingat tuh!

 

Ciri Ciri Jaringan Meristem

Jaringan meristem sendiri memiliki ciri ciri tersendiri yang membedakannya dengan jaringan yang lain yang ada pada tumbuhan.

Nah, apa saja ciri ciri jaringan meristem? Sahabat biologi simak di bawah ini ya, ciri cirinya :

1.) Sel sel dari jaringan meristem merupakan sel muda yang memiliki ukuran kecil.

2.) Sel penyusun dari jaringan meristem mempunyai dinding yang tipis.

3.) Secara umum jaringan meristem lebih mudah ditemukan di ujung tanaman, misalnya saja seperti di ujung akar atau pun di ujung batang.

4.) Sel penyusun jaringan meristem bersifat embrional atau selalu aktif untuk membelah diri.

5.) Jaringan meristem memiliki ruang antar sel yang biasanya tidak dapat ditemukan.

6.) Jaringan meristem memiliki satu atau paling tidak lebih dari satu inti sel yang memiliki ukuran besar.

7.) Sel penyusun pada jaringan meristem mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.

8.) Bentuk sel dari janringan meristem ini memiliki isodiametris yakni antara bulat, prisma, lonjong, kubus atau pun polygonal.

9.) Protoplasma yang terdapat di dalam sel sel meristem secara umum sangat banyak sehingga memenuhi inti sel.

10.) Pada jaringan meristem umumnya ukuran vakuola berada di dalam sel kecil sementara plastid sel secara umum belum matang.

11.) Sel yang terdapat pada jaringan meristem secara umum tidak mengandung zat makanan dan tidak memiliki fungsi sebagai jaringan penyimpan makanan.

 

Baca Juga :  Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi

 

Struktur Jaringan Meristem

Di dalam jaringan meristem terdapat tiga penyusun atau komponen utama sebagai bagiannya, berikut ini adalah penjelasannya :

1.) Jaringan Meristem Primer

Jaringan meristem primer ini erletak di bagian ujung akar dan juga batang yang tersusund ari meristem apikal. Bagian ini berfungsi sebagai pembentuk epidermis, korteks dan juga mesofil dan jaringan pembuluh.

2.) Jaringan Meristem Sekunder

Jaringan ini merupakan jaringan dewasa yang akan memulai pertumbuhan kembali dan akan berubah untuk menjadi jaringan meristem.

3.) Jaringan Promeristem

Jaringan promeristem merupakan jaringan yang ada di tumbuhan yang masih dalam keadaan embrio.

 

 

Jenis Jaringan Meristem

Jika berdasarkan pada letaknya maka jaringan ini dibagi ke dalam tiga jenis yakni L

1.) Jaringan Meristem Apikal

Jaringan ini bisa ditemykan di bagian ujung akar dan juga pucuk pada tumbuhan.

2.) Jaringan Meristem Lateral

Jaringan ini bisa ditemukan di dalam vascular kambium atau disebut juga dengan gabung dan terletak di bagian dalam batang pada tumbuhan,

3.) Jaringan Meristem Interkalar

Jaringan ini berada di antara meristem primer dan juga meristem sekunder. Fungsi dari jaringan meristem interkalar adalah untuk membantu percepatan perkembangan pada bagian batang tumbuhan.

 

 

Fungsi Jaringan Meristem

Jaringan meristem yang dimiliki oleh tumbuhan ini tentu saja memiliki fungsi bagi keberlangsungan hidup tumbuhan dan dungsinya sendiri juga sangat penting bagi tumbuhan itu sendiri.

Nah, penasaran apa saja fungsi dari jaringan meristem? Berikut ini kami sudah merangkum fungsinya khusus untuk sahabat biologi semuanya :

1.) Fungsi yang pertama, jaringan meristem memiliki fungsi penting untuk menambah tinggi dan juga panjang dari tumbuhan, sehingga dapat dikatakan jika jaringan ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan dari sebuah tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga :  Folikel Rambut – Struktur, Dan Fungsi, Beserta Cara Merangsangnya

2.) Fungsi yang kedua darijaringan meristem adalah, dapat memperbesar dan juga melebarkan bagian batang pada tumbuhan. Jadi jaringan ini berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan, terutama pada bagian batang.

3.) Fungsi yang ketiga dari jaringan meristem adalah digunakan untuk menyimpan cadangan makana. Tumbuhan akan menyimpan cadangan makanan pada jaringan meristem hingga akhirnya digunakan pada saat tumbuhan tersebut membutuhkan makanan.

4.) Fungsi yang ke empat dari jaringan meristem ini terdapat pada akar, karena jaringan meristem dapat membantu akar untuk mencari nutrisi guna melengkapi nutrisi untuk tumbuhan itu sendiri.

5.) Fungsi yang ke lima dari jaringan meristem adalah, jaringan ini memiliki fingsi untuk menbantu tumbuhan membentuk cabang pada batang batangnya atau pada bagian dari tumbuhan itu sendiri.

6.) Fungsi yang terakhir dari jaringan meristem adalah memiliki fungsi untuk membantu bertumbuhan sel sel yang terdapat di dalam tumbuhan.

 

Sebenarnya jaringan meristem memiliki banyak sekali fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan tapi fungsi yang kami sediakan di atas merupakan fungsi utama yang wajib sahabat biologi ketahui.

Nah, setelah sahabat biologi semua mengetahui fungsi, ciri hingga pengertian dari jaringan meristem berikut ini adalah gambar dari jaringan meristem yang sudah kami siapkan bagi sahabat biologi semua untuk semakin menambah wawasan sahabat biologi semuanya.

 

Artikel Lainnya :

  1. Biota Laut – Pengertian, Manfaat dan Gambarnya Terlengkap
  2. Cara Bernafas Tumbuhan
  3. Fungsi Daun – Penjelasan Lengkapnya Beserta Gambar