Carnivora – Pengertian, Contoh, dan Ciri cirinya

Posted on

Carnivora

 

Hewan Carnivora
Hewan Carnivora

Ekosistem.co.id – Carnivora merupakan salah satu jenis hewan pemakan daging yang hidup di muka bumi. Bisa dibilang hewan yang masuk dalam jenis ini, merupakan hewan yang berada di piramida teratas rantai makanan.

 

Pengertian Hewan Carnivora

Carnivore atau karnivora berasal dari kata ‘caro’ yang artinya daging dan ‘vorare’ yang artinya makanan. Kedua bahasa ini merupakan bahasa latin yang jika digabung keduanya memiliki arti ‘memakan daging’.

Hewan-hewan ini memiliki kemampuan dalam berburu mangsa untuk mendapatkan makanan mereka. Dengan keterampilan ini, hewan carnivora dapat dikategorikan dalam hewan buas.

Meskipun tidak semua hewan carnivore adalah hewan buas, misalnya seperti kucing yang merupakan hewan jinak kesayangan manusia.

Untuk berkembang biak, umumnya hewan carnivora berkembang biak secara vivipar atau melahirkan. Karena sebagian besar hewan karnivora adalah mamalia.

 

Ciri-ciri Hewan Carnivora

Hewan carnivora pastinya memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan jenis hewan lainnya, berikut ini ciri-ciri hewan karnivora :

1.) Makanan utamanya adalah daging.

2.) Hewan yang memiliki kelenjar susu.

3.) Tergolong sebagai hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang.

4.) Memiliki kemampuan untuk berburu.

5.) Sebagian besar hidup di darat meskipun ada yang hidup di air.

6.) Memiliki taring dan kuku yang tajam.

7.) Memiliki pergerakan yang sangat cepat.

8.) Memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat tajam.

 

Habitat Hewan Carnivora

Sebagian besar hewan karnivora hidup di darat meski ada juga yang hidup di udara dan air seperti burung elang dan hiu. Namun daratan memiliki sumber makanan atau hewan buruan yang melimpah.

Terdapat banyak sekali pemakang daging yang hidup di hutan karena di dalam hutan terdapat banyak hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan untuk diburu.

Baca Juga :  Hewan omnivora - Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar

 

 

Contoh Hewan Carnivora

Berikut ini adalah beberapa contoh hewan karnivora yang ada di sekeliling kita :

1.) Singa

Jika berbicara mengenai hewan pemakan daging, nama hewan satu ini harus berada di urutan teratas. Karena singa merupakan hewan yang berada di tingkat teratas rantai makanan.

Habitat singa bisa ditemukan di padang rumput seperti sabana di Afrika. Meski termasuk dalam keluarga kucing, namun singa memiliki naluri yang buas dan pemangsa kejam. Oleh sebab itu singa juga disebut dengan raja rimba.

Singa biasanya berburu secara berkelompok dengan singa jantan sebagai ketua dan singa betina bertugas sebagai pemburu mangsa.

 

2.) Harimau

Sebagai raja hutan, kerabat dari singa ini juga tak kalah ganas dalam berburu mangsanya. Memiliki kecepatan yang luar biasa, insting, taring dan cakar yang tajam. Harimau cenderung ditemukan di hutan tropis yang lebar dan rimbun serta mereka berburu secara individu.

 

3.) Buaya

Salah satu karnivora paling berbahaya di dunia adalah buaya, apalagi karena hewan ini bisa hidup di dua dunia yakni di darat dan di air. Buaya salah satu hewan karnivora yang bukan merupakan mamalia karena berkembangbiak dengan cara ovipar atau bertelur.

 

4.) Serigala

Serigala juga masih termasuk keluarga kucing besar meski ukurannya lebih kecil dan bertubuh ramping dibandingkan dengan singa dan harimau. Serigala merupakan hewan pemakan daging yang sangat buas meski tubuhnya mirip dengan anjing.

Namun sifat serigala lebih buas dan susah untuk dijinakkan dibandingkan dengan anjing yang merupakan teman manusia.

 

5.) Beruang

Memiliki tubuh yang besar, cakar yang tajam dan taring yang panjang tidak mengherankan jika beruang menjadi hewan yang cukup ditakuti. Meskipun tidak semua beruang memakan daging sebab beruang madu dan panda merupakan jenis beruang yang memakan rumput alias herbivora.

Baca Juga :  Rangkuman Jaringan Hewan - Pengertian, Struktur, Gambar, dan Contoh

 

6.) Burung Elang

Sebenarnya ada banyak sekali burung pemangsa daging atau karnivora, namun elang merupakan salah satu hewan karnivora yang tinggal di udara alias terbang. Dengan kuku-kuku yang tajam dan kuat dipadu dengan sayap yang besar. Elang bahkan mampu berburu hewan di daratan dari udara.

Misalnya kelinci yang disergap melalui udara lalu dibawa terbang menuju ke sarangnya.

Elang juga memiliki mata yang sangat tajam sehingga memudahkan mereka memangsa hewan di daratan.

 

7.) Komodo

Salah satu ciri hewan karnivora adalah perawakannya yang sangat menyeramkan, semua itu ada pada komodo karena siapapun akan takut ketika melihat hewan asli Indonesia ini.

Komodo menjadi karnivora paling kejam di dunia, selain ganas dan memiliki alat-alat mematikan di tubuhnya seperti cakar yang tajam dan rahang yang kuat. Komodo juga memiliki racun di air liurnya yang akan menyakiti mangsanya.

Ekor dari komodo juga sangat kuat sehingga bisa melibas mangsanya hingga terjatuh dan dimangsa.

 

8.) Anjing

Siapa yang tidak mengenal anjing, hewan yang menjadi sahabat manusia ini tetaplah hewan karnivora yang hanya dapat memakan daging saja. Meski beberapa anjing bisa diajarkan untuk memakan sayuran dan buah. Namun pada dasarnya naluri berburu anjing dan memakan daging tidak benar-benar hilang.

Terutama ras anjing pemburu dan penjaga yang dikenal sangat buas serta memiliki penciuman yang sangat kuat.

 

9.) Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan pemakan daging yang hidup dengan manusia. Meski kucing sudah dilatih untuk memakan tumbuhan atau vegetarian, karena tidak semua kucing masih mau makan hewan kecil seperti cicak, tikus atau kecoa.

Terutama kucing yang merupakan piaraan, pastinya sudah belajar untuk makan makanan yang lebih higienis.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Reptil – Lengkap Dengan Penjelasan dan Contoh

Tapi sifat pemangsa dalam kucing tetap ada.

 

10.) Hiu

Tidak semua hewan karnivora hidup di daratan ya, sebab seperti hiu ini yang memangsa ikan lain atau pemangsa ikan-ikan kecil di lautan juga disebut sebagai hewan karnivora.

Tak hanya pemangsa ikan-ikan kecil dan hewan laut lain seperti anjing laut, hiu juga sangat berbahaya dan sering menyerang manusia.

Gigi-gigi tajam yang berjumlah ratusan dan rahangnya yang kuat dipadu dengan kecepatannya saat berenang. Menjadikan hiu sebagai pemangsa nomor satu di lautan.

 

 

Sudah tahu kan, hewan hewan mana saja yang termasuk hewan carnivora? Termasuk pengertian, ciri-ciri dan penjelasannya. Semoga ulasan Ekosistem.co.id kali ini bermanfaat ya!

 

Baca juga artikel kami ini :