Cara Merawat Telinga – Ciri Ciri Telinga yang Baik dan Sehat

Posted on

Cara Merawat Telinga

 

Ekosistem.co.id  – Cara merawat telinga dengan baik dan benar harus diperhatikan apalagi hal ini menyangkut salah satu organ yang peranannya cukup vital bagi tubuh kita.

Ya, telinga bukan hanya organ penting namun juga termasuk panca indra kita yang bisa digunakan untuk mendengarkan suara di sekitar kita.

 

Pengertian Telinga

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dimiliki oleh manusia. Telinga sendiri merupakan panca indra yang memiliki fungsi untuk menangkap suara.

Bila manusia tidak memiliki telinga maka sudah pasti tidak akan bisa mendengar suara-suara di sekitarnya dunia akan menjadi sunyi dan sepi.

Permasalahan pada telinga sangatlah dihindari oleh setiap manusia, sebisa mungkin telinga harus dirawat agar terjaga dari masalah masalah yang dapat merusak kinerja dari telinga itu sendiri yaitu pendengaran.

Perawatannya sangatlah simple sekali salah satunya membersihkan lubang telinga dengan berhati hati dan menggunakan alat pembersih yang tergolong aman untuk digunakan.

Pada dasarnya kotoran yang ada pada telinga memiliki mekanismenya sendiri untuk dapat keluar dari telinga sehingga anda tak perlu repot membersihkan telinga dengan cara mengorek-ngorek telinga karena cara ini cukup berbahaya bagi kesehatan telinga.

Mau tahu bagaimana cara merawat telinga dengan benar? Cek di bawah ini, siapa tahu anda masih melakukan beberapa kesalahan saat merawat telinga anda.

Nah, berikut ini adalah cara merawat telinga dengan benar.

 

Cara Merawat Telinga

Untuk merawat telinga tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau sembrono, sebab organ satu ini merupakan panca indra bagi manusia. Jadi sangat wajib untuk dijaga dari segi kebersihan dan kondisinya.

Berikut ini adalah cara merawat telinga yang benar :

Baca Juga :  Bagian – Bagian Bunga Kamboja

1.) Hindari Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Ternyata membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud ini bukanlah cara yang benar.

Apalagi jika sampai mengorek telinga menggunakan cotton bud karena kotoran yang ada di dalam telinga bukannya keluar kotoran malah akan terdorong masuk ke dalam dan bahkan lebih bahayanya lagi bisa mengorek kuping menggunakan cotton bud bisa melukai organ paling bagian dalam telinga.

Jadi lebih disarankan untuk menggunakan alat khusus pembersih telingayang bisa ditemukan di apotek.

 

2.) Menggunakan Terapi Lilin

Untuk membersihkan telinga dengan aman, anda bisa menggunakan cara terapi lilin yang bisa anda beli, kemudian gunakan terapi lilin ini sesuai dengan petunjuk yang ada untuk menghilangkan kotoran di dalam telinga.

 

3.) Membersihkan Daun Telinga Dengan Menggunakan Baby Oil Atau Olive Oil

Bukan hanya menjaga bagian dalam telinga saja yang wajib anda lakukan tapi untuk menjaga kesehatan telinga anda juga harus menjaga kebersihan daun telinga. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan daun telinga dengan menggunakan baby oil atau bisa juga dengan olive oil.

Usapkan di area daun telinga kemudian usap dengan menggunakan kapas atau tisu hingga daun telinga anda menjadi lebih bersih.

 

4.) Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Untuk menjaga telinga tetap bersih tak hanya bisa dilakukan dengan membersihkan bagian dalam telinga atau pun daun telinga saja namun juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Terutama kebersihan kamar. Pastikan kamar anda selalu bersih dan bebas dari debu sehingga tidak membuat debu masuk ke dalam telinga.

Selain itu perhatikan juga kebersihan sprei, selimut, baju hingga kerudung yang digunakan agar telinga terbebas dari kotoran yang berasal dari lingkungan yang kurang bersih.

Baca Juga :  Radiasi Benda Hitam – Pengertian, Hukum, Sifat dan Contohnya

 

5.) Hindari Mendengar Suara yang Terlalu Keras

Bukan hanya menjaga kebersihan lingkungan sekitar saja, tapi untuk menjaga kesehatan telinga harus memperhatikan beberapa hal salah satunya seperti menghindari mendengar suara yang terlalu kera.

Salah satu kebiasaan mendengarkan suara yang terlalu keras adalah mendengarkan musik dengan menggunakan earphone dengan volume besar. Kebiasaan ini rupanya sangat berbahaya loh bagi kesehatan telinga, nah makanya hindari untuk terlalu sering melakukan kegiatan ini.

Selain itu suara keras juga bisa berasal dari beberapa hal, seperti pada saat naik pesawat. Bahkan jika dibutuhkan, gunakan juga penutup telinga ketika hendak melakukan kegiatan yang dekat dengan suara bising dan keras.

 

6.) Sediakan Waktu untuk Memeriksakan Telinga Ke Dokter THT

Tak hanya melakukan perawatan sendiri dengan cara di atas ya, untuk menjaga kesehatan telinga juga bisa dilakukan dengan rutin mengunjungi dokter THT. Apalagi jika sering melakukan kegiatan yang dapat merusak telinga seperti bekerja di pabrik yang bising atau bermain musik sebagai anak band.

Sehingga wajib untuk rutin memeriksakan kondisi telinga pada dokter THT ya. Terutama jika terdapat keluhan yang dirasakan seperti telinga mudah berdengung.

Lebih baik menjaga daripada mengobati karena telinga sendiri merupakan organ tubuh yang cukup sensitif dan sangat perlu untuk dijaga kesehatannya. Maka dari itu jangan menunggu telinga anda bermasalah untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.

Apalagi jika anda merasakan ada yang tidak benar dengan telinga anda, pastikan untuk segera pergi ke dokter THT guna memeriksakan kondisi telinga anda sebelum terlambat.

 

Ciri-Ciri Telinga Sehat

Telinga yang sehat adalah telinga yang bersih dan tidak mengalami gangguan sama sekali, seperti memiliki pendengaran yang masih bagus dan terjaga kebersihannya.

Baca Juga :  Sistem Gerak Pada Manusia – Fungsi Rangka, Sendi, Otot, dan Tulang

Karena kebersihan telinga memiliki peranan yang penting untuk tetap menjaga agar telinga tetap sehat. Jadi jika telinga anda bersih maka pendengaran anda pun tak terganggu, ini lah yang menjadi ciri-ciri dari telinga yang sehat.

 

Jadi sangat penting ya, menjaga kebersihan dan kesehatan dari telinga kita agar tidak mengalami berbagai gejala yang merusak organ satu ini.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara merawat telinga dengan baik dan benar dari segi kesehata. Agar kita tidak lagi melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat merusak kesehatan telinga.

 

Artikel Lainnya :

  1. Cara Merawat Telinga – Ciri Ciri Telinga Yang Baik Dan Sehat
  2. Fungsi Usus Besar Penjelasan Dan Pemaparannya
  3. Trombosit – Batas normal, Batas rendah, dan batas berbahaya