Cara Bernafas Tumbuhan

Posted on

Cara Bernafas Tumbuhan

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai  materi Cara Tumbuhan Bernafas beserta dengan penjelasan lengkapnya, khusus untuk sahabat biologi semuanya!

Tumbuhan melakukan fotosintesis disiang hari karena adanya cahaya matahari dan tumbuhan bernafas pada malam hari, seperti halnya hewan. Tumbuhan menghirup CO2 dan mengeluarkan O2 yang sangat diperlukan oleh hewan atau manusia. Dalam proses fotosintesis, tumbuhan menyerap energy dari matahari dan memproduksi makanan melalui karbondioksida yang terdapat pada atmosfer.

Respirasi atau pernafasan pada tumbuhan sangatlah berbeda dengan proses pernafasan yang dilakukan pada hewan atau manusia. Pernafasan pada tumbuhan sangatlah kompleks jika dibandingkan dengan hewan atau manusia. sebelum mengetahui lebih jauh tentang proses pernafasan pada tumbuhan , anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja alat pernafasan yang digunakan pada tumbuhan?

Berikut ini penjelasan mengenai alat pernapasan pada tumbuhan:

  1. Stomata

Stomata merupakan alat pernapasan pada tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen (O2) menjadi gas karbondioksida (CO2). Stomata memiliki celah celah kecil yang fungsinya untuk mengatur buka dan tutupnya pada suatu tumbuhan, Karena memiliki kandungan ion kalium dan air di dalamnya. Stomata akan membuka ketika terkena cahaya sinar matahari yang cukup dan menutup sendiri jika tidak ada cahaya matahari.

  1. Lentisel

Lentisel merupakansuatu lubang lubang yang biasanya terdapat pada batang akibat pengelupasan dari cambium gabus, parenkim gabus, dan lapisan gabus untuk menggantikan epidermis yang berfungsi sebagai pelindung batang pada tumbuhan tersebut. Lentisel terdapat pada tumbuhan dkotil, monokotil, dan tumbuhan berbiji terbuka.

  1. Rambut Akar

Alat pernafasan yang ketiga adalah rambut akar. Rambut akar berfungsi untuk menghisap air dan zat hara dari dalam tanah, kemudian disalurkan kepada tumbuhan lain. Rambut akar mengambil oksigen yang ada di pori-pori tanah.

  1. Alat pernafasan khusus pada tumbuhan

Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang memiliki alat pernafasan khusus Karena untuk menyesuaikan atau beradaptasi pada lingkungannya. Berikut ini alat pernafasan khusus pada tumbuhan :

Baca Juga :  Fungsi Usus Besar Penjelasan Dan Pemaparannya

  • Akar gantung yaitu akar yang tumbuh dari batang yang kemudian menjulur ke tanah. Akar gantung ini menjulur ke tanah untuk menyerap uap air dan gas udara. Contoh tumbuhan beringin dan anggrek.
  • Akar nafas, yaitu akarnya muncul ke permukaan tanah dan memperoleh oksiden dan juga dapat mengeluarkan karbondioksida. Contoh: tanaman bakai.
  • Rongga udara, yaitu tumbuhan yang memanfaatkan batangnya untuk memperoleh oksigen. Contohnya: enceng gondok dan kangkung.

Nah, setelah anda mengetahui alat pernafasan pada tumbuhan, sekarang kita akan menjelaskan proses pernafasan pada tumbuhan.

Proses pernafasan pada tumbuhan

Secara singkat, tahapan pernafasan pada tumbuhan dapat dijelaskan dibawah ini:

Penangkapan oksigen yang merupakan hasil fotosintesis dari udara . oksigen masuk ke dalam tumbuhan secara difusi melalui sitoplasma, rongga antarsel dan membran sel. Kemudian oksigen tersebut digunakan dalam proses pernapasan pada tumbuhan dengan melewati beberapa siklus, diantaranya siklus glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, dan transport elektron.

Karbondioksida yang dihasilkan kemudian berdifusi ke luar dan masuk kedalam antar sel untuk melakukan proses fotosintesi pada tumbuhan. Proses pernafasan pada tumbuhan menghasilkan energy dan karbondioksida yang diperoleh dari glukosa. Proses pemecahan glukosa yang menghasilkan karbondioksida dan energy melibatkan oksigen atau bisa juga tanpa melibatkan oksigen Karena tergantung pada tumbuhan tersebut.

Berdasarkan kebutuhan oksigen, maka proses respirasi pada tumbuhan ada 2, yaitu proses pernafasan aerob dan anaerob. Proses pernafasan aerob yaitu proses pernafasan yang memerlukan oksigen untuk pemecahan glukosa menjadi energy dan karbondioksida. Berikut ini reaksinya : C6H12O6 + 6O2 ->> 6H2O + 6CO2 + 36ATP dalam proses ini melibatkan beberapa proses diantaranya : Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Krebs, Transport Elektron. Dan yang kedua adalah proses pernafasan anaerob yaitu proses pemecahan glukosa menjadi energy dan karbondioksida yang tidak memerlukan bantuan oksigen. Berikut ini reaksinya: C6H12O6 ->> 2C2H5OH + 2CO2 + 2ATP. Yang dihasilkan dalam proses pernafasan anaerob adalah karbondioksida, alcohol dan energi.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Ginjal Fungsi Dan Penjelasannya

 

Nah, jadi sekarang sahabat biologi sudah tahukan, bagaimana tumbuhan bernafas dan penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpapada pembahasan berikutnya, selamat belajar!

Artikel Lainnya :

Bagian Bagian Daun – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya

Metabolisme Protein – Pengertian Dan Proses Terjadinya Pada Tubuh

Alat Pernapasan Manusia – Penjelasan Dan Fungsinya