Cabang Cabang Biologi – Penjelasan, Pengertiannya

Posted on

Cabang Cabang Biologi – Penjelasan, Pengertiannya

Perkembangan ilmu biologi beriringan dengan banyaknya kajian biologi yang harus dibahas tuntas. Ilmu biologi yang mengkhususkan kajian-kajian tertentu menjadi penyebab munculnya cabang ilmu biologi.

Seperti yang sudah diketahui, bahwasanya ilmu biologi adalah ilmu yang digunakan untuk menganalisa dan mempelajari semua yang bersangkutan dengan makhluk hidup, baik itu dari fungsi, struktur, tumbuh kembang, evolusi, asal-usul, dan berkembang biak. Semua dikaji dalam ilmu biologi, bahkan dari makhluk hidup berukuran besar, hingga sangat kecil sekalipun. Bersama postingan ini, Anda akan diajak untuk mengetahui cabang-cabang biologi meliputi penjelasan dan definisinya.

Cabang-cabang ilmu biologi

Berikut disajikan untuk Anda, cabang-cabang dari ilmu biologi beserta dengan pengertiannya:

  1. Aerobiologi : Aerobiology merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai partikel organic yang bisa diangkut oleh udara.
  1. Agroforestri : Agroforestri merupakan cabang cabang dari biologi yang mempelajari mengenai bentuk pengelolaan sumber daya yang menggabungkan kegiatan pengelolaan hutan.
  1. Agronomi : Agronomi memiliki pengertian salah satu dari cabang ilmu biologi yang mempelajari lebih dalam mengenai tanaman yang dibudidayakan.
  1. Algologi : Algologo merupakan ilmu biologi yang mempelajari mengenai alga.
  1. Anatomi : Anatomi sendiri memiliki pengertian sebagai salah satu dari cabang cabang biologi yang khusus mempelajari mengenai bagian bagian tubuh makhluk hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan.
  1. Anatomi Perbandingan : Anatomi perbandingan memiliki arti sebagai ilmu biologi yang mempelajari mengenai persamaan dan juga perbedaan anatomi dari makhluk hidup.
  1. Andrologi : Andrologi memiliki pengertian sebagai cabang cabang biologi yang mempelajari mengenai macam macam hormone dan juga kelainan pada sistem reproduksi pria.
  1. Anestesiologi : Anestesiologi memiliki pengertian sebagai cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai penggunaan prosedur anestesi.
  1. Angiologi : Angiologi merupakan cabang ilmu biologi yang secara khusus mempelajari mengenai penyakit pada sistem peredaran darah.
  1. Antropodologi : Antropologi memiliki pengertian sebagai salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari secara lengkap mengenai hewan antropoda.
  1. Antropologi biologi : Pengertian dari antropologi biologi merupakan cabang biologi yang mempelajari secara khusus mengenai penelitian biologi dan juga budaya mengenai keanekaragaman manusia, perilaku, sejarah, evolusi manusia hingga perbandingan antominya.
  1. Apiologi : Apiologi merupakan pengertian dari ilmu biologi yang secara lengkap mempelajari mengenai lebah, mulai dari cara budidaya hingga ternak lebah.
  1. Arachnologi : Memiliki pengertian sebagai salah satu dari cabang biologi yang mempelajari secara khusus mengenai spesies laba-laba.
  1. Artrologi : Artopologi memiliki pengertian sebagai ilmu biologi yang mempelajari mengenai sendi atau penyakit yang ada di dalam sendi.
  1. Astrobiologi : Astribiologi adalah cabang biologi yang secara khusus mempelajari mengenai evolusi, distribusi dan masa kehidupan yang diperkirakan akan terjadi pada masa depan nanti.
  1. Batrakologi : Batrakologi memiliki arti sebagai cabang biologi yang mempelajari mengenai amphibi.
  1. Bakteriologi : Bakteriologi merupakan salah satu cabang biologi yang secara khusus mempelajari mengenai bakteri dan juga strukturnya.
  1. Biofarmaka : Biofarmaka memiliki pengetian ilmu biologi yang mempelajari mengenai budidaya tanaman obat.
  1. Biofisika : Biofisika adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai aplikasi aneka perangkat serta hukum fisika untuk menjelaskan fenomena hayati.
  1. Biogenering : Biogenering merupakan ilmu biologi yang mempelajari mengenai penelitian ilmiah yang menggunakan prinsip-prinsip biologi dan juga teknik rekayasa yang bisa menghasilkan produk yang memiliki banyak manfaat.
  1. Biogeografi : Biogeografi adalah cabang biologi yang mempelajari mengenai keanekaragaman hayati yang didasarkan oleh ruang dan waktu.
  1. Bioinformatika : Bioinformatika merupakan ilmu biologi yang secara khusus mempelajari mengenai penerapan teknik komputasional yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis mengenai informasi biologis.
  1. Biokimia : Biokimia adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai kimia makhluk hidup.
  1. Bioklimatologi : Bioklimatologi merupakan ilmu biologi yang mempelajari mengenai pengaruh adanya iklim di seluruh dunia pada makhluk hidup yang ada di dunia.
  1. Biologi air tawar : Biologi air tawar merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai kehidupan serta ekosistem habitat air tawar.
  1. Biologi evolusioner : Biologi evolusioner merupakan cabang biologi yang mempelajari secara khusus  mengenai asal usul spesies yang memiliki nenek moyang yang sama.
  1. Biologi integratif : Biologi integrative merupakan ilmu biologi yang mempelajari mengenai organisme secara menyeluruh dengan cara fokus antarmuka di antara biologi dan juga fisika, kimia, pencitraan, teknik dan juga informatika.
  1. Biologi kelautan : Biologi kelautan adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai kehidupan yang ada di laut dan juga interaksinya dengan lingkungan.
  1. Biologi konservasi : Biologi konservasi merupakan ilmu biologi yang mempelajari mengenai pelestarian, perlindungan dan juga restorasi lingkungan alam, vegetasi, ekosistem alami dan juga satwa liar.
  1. Biologi kuantum : Merupakan ilmu biologi yang mempelajari mengenai aplikasi mekanika kuantum terhadap objek biologi beserta dengan permasalahannya.
Baca Juga :  Gambar Daur Litik - Lengkap dengan Proses Reproduksi, Perbedaan dengan Lisogenik

 

Nah sampai di sini pembahasan kali ini berhubungan dengan cabang biologi, penjelasan, serta fungsinya sendiri-sendiri. Semoga dengan mengetahui postingan ini, dapat memberikan pengetahuan baru dan lebih rinci kepada Anda semua. Terimakasih partisipasinya, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Unggulan :