Bunga – Fungsi Tangkai Bunga, dan Fungsi Benang Sari, dan 10 Fungsi lainnya Dilengkapi Gambar

Posted on

Bunga

Ekosistem.co.id – Bunga – Fungsi tangkai bunga, dan fungsi benang sari, dan 10 fungsi lainnya dilengkapi gambar akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Karena semua bagian bunga tersebut memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting.

Bunga atau kembang adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, “tumbuhan berbiji tertutup”).  Pada pembahasan kali ini kita akan kupas tuntas pengertian bunga, fungsi bunga, disertai gambarnya. Yuk kita fokus ke titik pembahasannya:

 

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Bunga merupakan salah satu organ reproduksi yang dimiliki oleh tumbuhan, bunga terdiri dari dua jenis yakni bunga tunggal. Dan bunga majemuk yang juga bisa disebut dengan inflorescence.

Untuk beberapa spesies bunga, bunga majemuk sering sekali dianggap bunga tunggal karena bentuknya yang menyerupai bunga tunggal. Seperti bunga anthurium dan bunga matahari.

Sementara itu bunga majemuk sendiri tersusun atas floret.

Jika dilihat secara botani bunga termasuk sebagai bagian dari tanaman dengan tugas unuk menghasilkan biji. Proses penyerbukan dan pembuahan dilakukan di bunga akan membuat bunga berkembang menjadi bentuk buah.

Untuk tumbuhan berbunga, bunga merupakan struktur yang dapat membawa mau pun melindungi biji.

 

Lihat gambar di bawah ini untuk melihat bagian-bagian bunga :

 

 

Berikut ini adalah bagian-bagian bunga beserta dengan fungsi yang dimilikinya :

1.) Fungsi Bunga

Fungsi utama bunga jika dilihat secara biologi adalah bertugas sebagai organ seksual dari tumbuhan. Bunga menjadi tempat gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk bertemu dan menghasilkan biji.

Baca Juga :  Akar - Pengertian, Ciri ciri, Jenis,Fungsi, Bagian, dan Sifatnya

Ciri khas dari bunga adalah warnanya yang cerah, indah dan beragam ini rupanya memiliki fungsi. Yakni untuk memikat hewan yang ada di sekitarnya seperti serangga dan kupu kupu untuk membantu proses penyerbukan.

Selain itu bunga juga mampu menghasilkan aroma khas, wangi dan unik serta menghasilkan panas dengan tujuan yang sama. Yakni sebagai pemikat. Bunga baru disadari sebagai organ seksual tumbuhan pada abad ke 17 di Eropa

 

2.) Fungsi Benang sari

Benang sari juga merupakan organ reproduksi pada bunga dan berjenis kelamin jantan. Benang sari ini terdiri ari tangkai sari, ujung tangkai sari, kepala sari dan bunga. Secara umum bunga akan memiliki empat tangkai kotak sari yang dinamakan dengan mikrosporangia.

Serbuk sari akan dilepaskan dari anter yang kemudian akan jatuh dan dibawah oleh agen eksternal angin, air mau pun hewan seperti serangga dan kupu-kupu. Kemudian akan jatuh ke putik bunga yang sama atau bisa juga ke bunga lain.

Lalu akan terjadi proses penyerbukan.

 

3.) Fungsi Tangkai Bunga

Tangkai bunga termasuk bagian bunga yang letaknya ada di bawah bunga, tangkai bunga memiliki nama latin Pedicellus. Fungsi utama dari tangkai bunga sendiri sebenarnya adalah untuk menjadi pemopang bunga.

Serta bertugas untuk menjadi penghubung bunga dengan ranting.

Itulah sebabnya posisi tangkai bunga ada di bagian bawah bunga dan berada di bagian terakhir di antara bagian-bagian bunga yang lain.

Tangkai bunga biasanya dipetik atau dipotong ketika kita hendak mengambil bunga agar bunga tidak menjadi rusak dan masih indah.

 

4.) Fungsi Dasar Bunga

Dasar bunga juga berada di bagian bawah, tepatnya berada di bagian ujung bunga dan di atas tangkai bunga. Receptacle adalah nama latin dari dasar bunga.

Baca Juga :  Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi

Dasar bunga ini berfungsi menjadi tempat untuk meletakkan mahkota bunga dan bertumpunya bagian-bagian bunga yang lain.

 

5.) Fungsi Kelopak Bunga

Kelopak bunga adalah bagian paling luar dari bunga dan tugasnya adalah sebagai selimut dari mahkota bunga yang masih belum mengembang alias masih kuncup. Kelopak bunga juga berfungsi untuk melindungi bunga yang belum mekar hingga bunga menjadi mengembang dan mekar dengan indah.

Kelopak bunga memiliki warna dan bentuk nyaris mirip dengan daun yakni berwarna kehijauan.

Kelopak bunga akan mulai membuka pada saat bunga mulai mekar dan mempersilahkan bunga untuk mekar dengan sangat indah. Itulah mengapa kelopak bunga juga merupakan bagian terpenting dari sebuah bunga.

Uniknya lagi ketika bunga sudah mekar sempurna maka kelopak bunga akan berubah menjadi seperti dasar bunga dan berwarna hijau seperti daun.

 

6.) Fungsi Mahkota Bunga

Mahkota bunga adalah bagian bunga yang sangat indah dan paling berwarna-warni dari semua bagian bunga. Sehingga mahkota bunga biasa disebut juga dengan perhiasan bunga.

Sebab keindahannya tidak hanya menarik hewan dan serangga yang membantu proses penyerbukan, namun kita sebagai manusia juga sangat tertarik dengannya.

Nama latin mahkota bunga adalah corolla dan mahkota bunga ini berfungsi untuk menarik serangga dan hewan lainnya untuk datang. Lalu mengambil serbuk sari dari benang sari dan membawanya ke bunga lain untuk melakukan proses pembuahan.

 

7.) Fungsi Daun Pelindung (Brachtea)

Daun pelindung atau brachtea merupakan bagian yang masih satu kesatuan dengan kelopak bunga namun bagian ini bukanlah kelopak bunga. Melainkan bagian berbeda dengan fungsi sebagai tempat bunga untuk tumbuh dan berkembang.

Brachtea memang merupakan daun terakhir yang menjadi tempat bunga untuk tumbuh.

Baca Juga :  Organ Tumbuhan Daun - Pengertian, Fungsi, dan Struktur

 

8.) Fungsi Kepala Putik (Stigma)

Stigma atau kepala putik ini berfungsi menjadi tempat untuk melekat dan masuknya polem yang diambil dari kepala sari. Lalu ditransfer ke bagian ovarium atau inti telur lewat tabung serbuk sari.

 

9.) Fungsi Tangkai Putik (Stilus)

Sitlus adalah nama lain dari tangkai putik yang memiliki tugas untuk menjadi penyangga kepala putik. Agar kepala putik tetap berada pada posisi yang benar.

Di dalam tangkai putik terdapat rongga mau pun saluran tabung serbuk sari yang menjadi tempat polen lewat. Polen yang dibawa dari benang sari akan diteruskan hingga ke inti generatif atau ovarium dan memulai proses pembuahan.

 

10.) Fungsi Bakal Buah (Ovarium)

Ovarium atau bakal buah bertugas sebagai tempat untuk proses pembuahan, proses ini terjadi ketika gamet jantan dan gamet betina saling melebur menjadi satu. Dari proses inilah bakal buah akan muncul.

 

11.) Fungsi Bakal Biji (Ovulum)

Ovulum atau bisa disebut juga dengan bakal biji ini merupakan tempat proses pembentukan biji dilakukan hingga menghasilkan biji yang matang. Bisa dibilang ovulum berperan penting dalam proses regenerasi untuk terus menjaga spesiesnya agar tidak punah.

 

Demikian penjelasan secara mendetail tentang Bunga – Fungsi tangkai bunga, dan fungsi benang sari, dan 10 fungsi lainnya dilengkapi gambar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

 

Artikel Lainnya :